Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Menaklukkan Puncak Gunung Talamau.


Minggu, 05 Februari 2012

Duakotopas (Pasbar) – Wisata petualangan dengan mendaki gunung tentulah sangat menantang dan melelahkan. Oleh karenanya perlu mental yang kuat bagi petualang untuk dapat menaklukkan sebuah gunung, seperti Gunung Talamau yang terdapat di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatra Barat.Kabupaten Pasaman Barat merupakan Kabupaten baru, dibanding Kabupaten lainnya yang lebih dulu berkembang. Meski demikian, potensi alam kawasan ini tidak kalah indahnya dengan Kabupaten lainnya.
Gunung Talamau terletak di Jorong Pinagar, Nagari Aur Kuning Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasbar. Bagi Anda penimat wisata petualangan yang berminat menaklukkan Gunung Talamau,dapat mengawali perjalanan dari pusat Kota Kabupaten Pasbar, yakni Bundaran Simpang Empat Kecamatan Pasaman.
Dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, sekitar perjalanan selama satu jam, Anda akan sampai di Simpang Pintu Air irigasi di Pinagar. Dari lokasi yang berada persis di kaki gunung tersebut, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki dengan rute pendakian yang cukup menantang.
Setelah berjalan kaki selam satu jam, Anda akan sampai di selter pertama yakni Bukit Harimau Campo. Sebelum melakukan perjalanan menuju puncak, disarankan para pendaki mendirikan tenda di tempat ini, dan baru melanjutkan perjalanan esok hari.

Untuk sekedar melepas lelah, Anda akan disuguhi pemandangan indah, dimana mata dapat memandang lepas Kota Simpang Empat, dan indahnya matahari sore yang tenggelam di Pantai Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisia.

Selain itu juga terdapat air terjun Lenggogeni. Air terjun tersebut dipercaya mempunyai legenda menarik, dimanja konon air terjun Lenggogeni merupakan tempat pemandian para putri raja pada zaman dahulu.
Setelah menikmati pemandangan dan dilanjutkan dengan tidur yang nyenyak, pagi hari Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju selter kedua yang biasa disebut para pendaki Rindu Alam.
Untuk menuju lokasi ini para pendaki harus ekstra hati-hati sebab untuk menuju Rindu Alam harus  melewati beberapa anak sungai dengan bebatuan yang licin.

Dari Rindu Alam menuju selter ketiga atau Bumi Sarasah perjalanan dapat dilanjutkan menuju Bumi Sarasah. Selanjutnya pendakian paling menantang menuju Paninjauan yang merupakan selter keempat menghabiskan waktu 4 jam.

Perjalanan menuju Padang Siranjano yang merupakan selter kelima, Anda akan diuji dengan jalan bebatuan yang terjal, sehingga perlu hati-hati agar tidak tergelincir.

Ketika mencapai kawasan ini rasa lelah yang Anda rasakan akan segera terobati ketika menikmati 13 telaga yang ada. Diantaranya, Talago Biru, Talago Rajo Bagindo, Talago Puti, Talago Lumuik dan talago lainnya.
Puas menikmati kawasan telaga, perjalanan menuju puncak Gunung Talamau yang biasa disebut Puncak Rajawali, dapat ditempuh sekitar tujuh jam perjalanan.

Di puncak dengan ketinggian 2900 dari permukaan laut ini semua kelelahan terbayar lunas. Indahnya alam dan pemandangan yang tersuguhkan menjadi obat atas waktu dan rasa lelah Anda. Jika untuk mencapai puncak butuh waktu seharian dan bahkan dua hari, utuk menuruni gunung ini hanya membutuhkan waktu enam jam. Berminatkan Anda?(hms).[*Sumber*]
 
Postkan Komentar:

Latest Update