Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Pesona Air Terjun Susu Nan Tongga Pasaman Barat


Minggu, 05 Februari 2012

Duakotopas (Simpang Ampek) –Keindahan obyek wisata air terjun Susu Nan Tongga di Gunung Talamau Pasaman Barat membuat setiap orang takjup dan kagum. Tetapi belum terkelola dan tertata dengan baik, jika dikelola, dipastikan akan memancing wisatawan berkunjung ke sana dan berdampak juga pada pemasukan bagi daerah maupun masyarakat sekitarnya

Pasaman Barat sebagai tanah mekar yang sejak dulu di kenal dengan perkebunan kelapa sawit, sebenarnya juga memiliki banyak obyek wisata yang indah dan mempersona yang kecantikannya masih terpendam, serta belum terpublikasi secara luas.

Lihat saja, seperti pesona panorama Pantai sasak , obyek wisata Pulau Panjang dan juga keindahan Gunung Talamau yang menyimpan sejuta air terjun yang asri. Namun belum semua obyek wisata alam itu, tertata dan terkelola dengan baik oleh pemerintah daerah

Satu di antara pesona keinda­han alam yang dapat dikembang­kan menjadi wisata berbasis alam, adalah air terjun Susu Nan Tongga yang terletak di kaki Gunung Talamau. Mendengar kata-kata tentang keindahan pesona air terjun itu, menggelitik rasa ingin tahu siapa saja yang ingin berwisata melihat kein­dahan pesona air terjun Susu Nan Tongga itu.

Untuk dapat merasakan kese­garan air terjun ini tidaklah begitu sulit. Lokasinya begitu mudah dijangkau, hanya beberapa kilometer saja dari Desa Lubuk Landur, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman. Untuk menuju lokasi itu pengunjung harus menempuh jarak sekitar tiga kilometer dengan dua jam perjalanan atau sekitar delapan kilometer dari pusat ibukota Pasbar Simpang Empat.

Anda bisa mengawali perja­lanan pada pagi hari dari Desa Lubuk Landur. Mengingat kalau siang hari sengatan panas mata­hari akan semakin terasa. Selang­kah demi langkah, kaki Anda dipastikan mampu untuk menuju lokasi keasrian air terjun yang selama ini banyak menyita perhatian para pecinta alam, terutama para pendaki gunung.

Air terjun Susu nan tongga merupakan salah satu air terjun yang terdapat di objek wisata alam nan Asri. Air terjun ini terlihat langsung dari kejauhan kota Simpang Empat. Air terjun setinggi 100 meter ini dipastikan mengundang decak kagum siapa saja yang melihatnya.

Latar belakang air terjun itu hutan belantara nan hijau. Kondisi itu semakin menambah keek­sotisan dan keindahan air terjun itu. Jika ingin merasakan cipratan air dan merasakan berenang di air terjun Susu Nan Tongga yang jernih dan bersih ini.

Pengunjung yang ingin menik­mati Panorama Air terjun ini terpaksa melintasi beberapa sungai kecil. Berwisata di obyek wisata itu, memang orang-orang pecinta alam yang suka ber­tualang. Di tambah dengan kondisi fisik yang prima.

Pada panorama ini para pegunjung tidak dipungut biaya masuk sebab belum tersentuh oleh Pemda setempat. Jika Anda merasa lelah ketika menuruni atau menanjaki jalan setapak warga membuat tempat istirahat se­adanya, Jelang menuju lokasi air terjun, anda juga dapat ber­istirahat di tengah-tengah lebatnya hutan Gunung Talamau.

Udara sejuk yang menerpa sambil menikmati keindahan panorama air terjun Susu Nan tongga. Selain berenang dan menikmati panorama keindahan alam sekitar, Anda dapat bermain air jernih serta mendengarakan kicau burung di sela-sela pepo­honan. Arus air yang cukup deras dan banyaknya bebatuan menam­bah keindahan dan semaraknya memicu adrenalin para pecinta alam di ruang terbuka untuk berkemah atau berkemah.

Ada yang unik di air terjun Susu Nan Tongga, menurut kepercayaan masyarakat sekitar, air yang berasal dari Telaga Gunung Talamau ini berkhasiat untuk membuat awet muda. Walaupun hal itu masih berupa mitos, namun yang pasti air yang berasal salah satu telaga terbesar yang terdapat di Puncak Gunung Talamau masih terjaga keasriannya dan bebas dari pencemaran limbah pabrik maupun terganggu ekosistemnya.

Kalau dikelola dengan baik keindahan air terjun susu nan tongga memang tak kalah dengan keindahan dari Air terjun-air terjun yang ada di Sumbar. Bahkan akan bisa menambah pemasukan daerah.[*Sumber*]
Postkan Komentar:

Latest Update