Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Segarnya Es Tabu Panggang Padang


Minggu, 05 Februari 2012

Duakotopas (Padang) – Andilangodang - Tabu (bahasa minang = tebu) yang merupakan bahan baku gula dan vetsin sangat digemari banyak masyarakat Indonesia dimana sari dari batangnya sering langsung dinikmati menjadi minuman dengan cara diperas memakai mesin giling .

Minuman tersebut sering disebut Sari Tebu atau yang biasa dijual Ea Sari Tebu. Hampir setiap kota di nusantara ada yang menjual sari tebu yang tentunya rasanya manis. Sebelum era mesin giling batang tebu ini biasa dinikmati dengan cara menggigitnya dan menghisapnya, dan biasanya ini sering dilakukan saat kanak-kanak.


Tapi di Ranah Minang tepatnya kota Padang banyak dijual minuman sari tebu panggang atau yang sering disebut Es Tabu Panggang. Sari Tebu yang satu ini berbeda rasanya dengan sari tebu murni dan menurut beberapa penjual minuman ini punya khasiatnya seperti obat jantung, nyeri otot, sakit tenggorokan. Perbedaannya dengan sari tebu murni dimana batang tebu yang mau diperas dibakar atau dipanggang dulu sebelum diperas dan juga rasanyapun tidak terlalu manis.

Cara pembuatan es tabu panggang memerlukan waktu lama , pertama batang tebu dibakar dahulu sampai warna kulit tebu coklat kemudian kulit tebu di kerok, kedua di cuci dengan air sampai bersih, kemudian tebu di giling dan sarinya di ambil dan di tambah dengan sedikit es batu, rasanya manis dan segar. Tapi untuk menikmati es tabu panggang yang dijual diberbagai lokasi di kota Padang ini kita tidak perlu waktu lama karena para penjual tersebut sdh menyediakan tebu yang sdh dikupas kulitnya sehingga tinggal diperas.


Tebu yang digunakan untuk es tabu panggang ini merupakan tebu yang didapat langsung dari puncak Lawang Danau Maninjau atau biasa disebut Saka Lawang. Rasa Manis saka Lawang ini memiliki ciri khas sendiri dimana rasa manisnya sangat natural. Es Sari Tebu di daerah lain sering ditambahkan pemanis supaya rasa tebunya manis, namun saka Lawang ini memang sudah terkenal rasa manisnya.

Dan bagi para penjual es tabu panggang ini sudah ada pihak yang khusus menyiapkan tebu dari Lawang ini yang sudah dibakar dan dikupas dan diantar kepada mereka. Penjual Es Tabu Panggang di kota Padang ini biasanya menggunakan mobil pick up dimana dibuat kios kecil diatas bak mobi tersebut. Mesin giling tabu panggang ini sudah lebih maju dari mesin giling lama dimana sari tebu yang diperas langsung tersaring di mesin tsb dan keluar dari pipa yang ada stop krannya seperti mesin juicer terkini.

Untuk menikmati segelas es tabu panggang ini tidak perlu mengeluarkan kocek yang mahal, hanya dengan Rp 4000 saja anda akan menikmati manisnya sari tebu panggang yang dikemas dalam gelas plastik yang ditutup dengan plastik yang berlogo nama penjual Es Tabu panggang tersebut. Bagi para penjual sendiri bisnis ini cukup menguntungkan, di hari biasa mereka bisa menghabiskan 20-30 batang tebu yang panjangnya 1-2 meter.

Segarnya es tebu panggang ini paling enak dinikmati di pantai Padang dimana minuman ini banyak di jual di sepanjang pantai yang menghadap samudra Indonesia ini. Tetapi bisnis ini tidak hanya ramai di pantai saja namun hampir disetiap jalan besar banyak yang menjual dengan mobil pick upnya dan pembelinya juga ramai. Ini menunjukkan masyarakat minang sangat suka minum air tebu dari puncak Lawang Danau Maninjau ini.

Sumber : beritadaerah.com




Postkan Komentar:

Latest Update