Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Indahnya Gunung Talamau, Gunung Tertinggi di Provinsi Sumatera Barat


Jumat, 23 Agustus 2013


Gunung Talamau
Duakotopas.com (Pasbar) – Gunung Talamau merupakan gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Barat dengan ketinggian 2.982m di atas permukaan laut. Terletak di Desa Pinagar, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera. Karakteristik gunung ini termasuk salah satu dari gunung api, tetapi Gunung Talamau sendiri merupakan gunung yang statusnya tidak aktiv. Menyimpan segudang pesona yang sayang jika harus anda lewatkan.

Berdasarkan hasil penelitian Goeteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, bahwa gunung ini berasal dari berbagai jenis batuan yaitu batu vulkanik produk Galau Talamau yang dari Major Elemen. Gunung Talamau ditumbuhi oleh beberapa jenis tumbuhan hutan yang terdiri dari family Dipterocarpaceae dan hutan family Lauraceae. Di samping itu, bunga edelwis yang tumbuh bermekaran melengkapi jenis-jenis tumbuhan.

Di dalam hutan terdapat berbagai macam aneka satwa seperti binatang dan burung. Satwa burung yang ada di sini seperti : rangkong, sempidan Sumatera, burung alap-alap dan ayam hutan merah. Sedangkan satwa binatang yang sering terlihat di gunung ini adalah babi jenggot, musang leher kuning, owa, lutung dahi putih, bajing tiga warna, tupai gunung, beruang madu, musang belang, kucing batu, rusa dan macan dahan.
Gunung Talamau

Selain keanekaragaman floran dan faunanya, di dalam hutan ini juga terdapat air terjun yang cukup besar dan oleh masyarakat setempat diberi nama Air Terjun Puti Lenggo Geni, dan keberadaan air terjun ini hanyalah untuk menambah keindahan panorama Gunung Talamau ini sendiri.

Di tengah rimbunnya hutan, tidak jauh dari puncak gunung terdapat 13 telaga. Ke 13 telaga tersebut adalah : Talago Puti Sangka Bulan, Talago Tapian Sutan Bagindo, Talago Tapian Puti Mambang Surau, Talago Siuntuang Sudah, Talago Puti Bungsu, Talago Rajo Dewa, Talago Satwa, Talago Lumuik, Talago Biru, Talago Mandeh Rubiah, Talago Imbang Langik, Talago Cindua Mato, Talago Buluah Parindu.

Banyak beberapa akses untuk bisa mencapai gunung ini, bisa melalui dua arah yaitu dari Rao atau pun dari Kota Padang. Perjalanan tergantung lokasi awal anda. Untuk pendakian gunung sendiri dikenakan biaya per orang nya. Di sini pula tersedia seorang guide yang akan memandu perjalanan anda di samping itu terdapat pula lima pos untuk tempat beristirahat di tengah pendakian.

Jika anda ingin bermalam, di luar kawasan ini terdapat beberapa penginapan yang disediakan penduduk setempat. Atau jika anda ingin bermalam di hotel dapat di hotel yang ada di Kota Padang seperti :

1001wisata.com

Postkan Komentar:

Latest Update