Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Panen Ikan Bersama Di Lubuk Larangan Kecamatan Dua Koto


Selasa, 13 Agustus 2013

Sumber Img : facebook.com/aspon.y.nasution
Duakotopas.com (Dua Koto) – Ratusan masyarakat Jorong Sepakat Nagari Simpang Tonang dan warga di Kecamatan Dua koto, Sabtu (10/8), melaksanakan panen ikan bersama di lubuk larangan yang berada di aliran Sungai Mangkumang Parupuk Jorong Sepakat, Nagari Simpang Tonang, Kecamatan Dua Koto Pasaman.

Panen ikan bersama yang sudah setahun tidak boleh ditangkap itu, dikuti oleh anak-anak sampai orang tua, turun bersama di aliran sungai memanen ikan, dengan membawa alat penangkap ikan mulai dari jala, jaring, dan alat lainnya.

Panen ikan bersama di lubuk larangan ini, sudah dijadikan iven tahunan oleh masyarakat Jorong Sepakat Nagari Simpang Tonang. Panen ikan tahun ini merupakan Panen yang kesekian kalinya dilaksanakan.

Bagi warga  yang ingin ikut panen, dikenai biaya Rp5.000 per orangnya,Tergantung dari alat yang mereka pakai untuk menangkap ikan larangan tersebut.

Hasil uang dari masyarakat yang dikumpulkan, nantinya disumbangkan untuk bantuan pembangunan Surau, mesjid dan untuk pemeliharaan larangan masyarakat tersebut.

Untuk pengadaan ikan pasca panen  bersama di Lubuk Larangan, masyarakat menggunakan dana swadaya dan bantuan bibit dari Masyarakat dan pemerintah daerah.

Di mana pada tahun-tahun seebelumnya, panen ikan bersama dilaksanakan sesudah melaksanakan lebaran hari raya idul fitri antara 2 atau 3 hari setelah lebaran.

Agar ikan tidak ditangkap dan diambil sembarangan oleh masyarakat selama setahun, bagi masyarakat yang ketahuan dan tertangkap tangan, dikenakan Sanksi.

Kita harapkan tradisi panen ikan bersama di lubuk larangan ini, dipromosikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Pasaman. Sebab iven tahun ini, mampu manarik daya tarik masyarakat luar daerah dalam memajukan bidang pariwisata di daerah kecamatan Dua koto Khususnya dan Kabupaten Pasaman pada umumnya.\

Pada hari yang bersamaan juga dilaksanakan pengambilan ikan larangan di Barilas Jae Nagari Simpang Tonang Kecamatan Dua Koto Pasaman, iven tersebut sangat ramai diikuti oleh masyarakat sekitar maupun dari luar.

Pada saat pasca lebaran ini sangat banyak tempat dijadikan sebagai pengambilan ikan larangan, tidak hanya di Mangkumang Parupuk dan Barilas Jae bahkan tempat lain seperti Sungai Jongkong, Sungai Cubadak, Simpang Tonang dan tempat-tempat lain yang ada di kecamatan Dua Koto yang telah dijadikan tempat Ikan Larangan akan di buka pasca Lebaran ini.






Postkan Komentar:

Latest Update