Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Bantuan Terus Mengalir Pasca Bencana Longsor di Jorong Bangkok Pasaman


Kamis, 05 September 2013

Bantuan Terus Mengalir Pasca Bencana Longsor di Jorong Bangkok Pasaman
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Pemerintah Kabupaten Pasaman memberikan bantuan sejumlah paket logistik, sembako dan uang santunan guna meringankan penderitaan korban bencana longsor di Jorong Bangkok, Nagari Silayang, Kecamatan Mapat­tunggul Selatan yang terjadi pada Sabtu (31/8) lalu.

Sekdakab Pasaman, Syamsurizal Rabu (4/9) mengatakan sejumlah bantuan paket sembako tersebut telah disalurkan ke lokasi sehari setelah kejadian longsor itu terjadi. Diantara paket sembako yang disalurkan itu yakni berupa beras, selimut dan kebutuhan pokok sehari-hari.

“Senin (2/9) kemarin, Pemkab melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja telah menyalurkan bantuan itu ke lokasi bencana,” kata Syamsurizal.

Mudah-mudahan bantuan terse­but dapat dimanfaatkan dengan baik bagi para korban bencana. Dan Pem­kab Pasaman merasa ikut prihatin terhadap bencana yang menimpa warga di Jorong Bangkok tersebut. Semoga para korban diberi ketabahan dan cepat bangkit untuk melak­sanakan rutinitas sehari-hari.

Ditambahkan Syamsurizal, selain mem­­be­rikan bantuan sembako, Pe­me­rintah Kabupaten Pasaman dan Baznas Pasa­man juga memberikan santunan berupa uang tunai kepada 3 warga yang rumahnya terkena dampak bencana longsor.

Baznas Pasaman memberikan bantuan sebesar Rp5,5 juta. Dengan rincian untuk rumah rusak berat sebesar Rp2,5 juta, rumah rusak ringan Rp1 juta dan Rp500 ribu untuk sebuah pondok yang hancur.

Sementara bantuan yang ber­sumber dari dana APBD, saat ini sedang dalam proses pencairan di Dinas Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPKAD). Mudah-mudahan, proses pencairan bisa selesai dalam minggu ini, sehingga bisa disalurkan dengan segera kepada para korban.
Pemkab Pasaman, sebut Syam­surizal berupaya cepat tanggap terha­dap musibah yang terjadi di daerah ini. Setiap terjadi bencana, tim BPBD bersama instansi terkait langsung terjun ke lokasi bencana guna mem­bantu masyarakat dan menginden­tifikasi dampak yang ditimbulkan dari bencana tersebut. Bantuan berupa sembako, logistik dan ba­rang-barang yang dibutuhkan warga juga disalur­kan dengan cepat. Jika ada infra­struktur yang rusak seperti jembatan, harus segera diupayakan dengan membuat jembatan darurat agar akses masyarakat tidak ter­ganggu.

“Itu semua dilakukan agar para korban bencana dapat tertanggulangi dengan baik,” beber Syamsurizal.

Diberitakan sebelumnya, setidak­nya, 3 unit rumah semi permanen milik di Jorong Bangkok, Nagari Silayang Kecamatan Mapattunggul Selatan dan 1 unit jembatan rusak berat dalam musibah longsor yang terjadi pada Sabtu (31/8) lalu. Be­runtung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.
Sahabat Taslim Gunakan Ojek

Selain Pemkab, bantuan juga mengalir dari Reaksi Cepat Sahabat Taslim (RCST). “Tidak banjir saja sudah sulit akses ke sini, apalagi banjir Sabtu dinihari kemarin makin mem­persulit kami karena dua jembatan rusak dibuatnya,” ujar Syamsul warga Bangkok kepada koordinator Reaksi Cepat Sahabat Taslim, Rice Malin Sati saat mengantarkan bantuan, kamarin.

Dua mobil yang membawa makanan mi instan ke lokasi bencana Galodo menurut Rice tidak bisa masuk.

“Mobil kita parkir di jalan utama, lalu barang makanan kita angkut dengan ojek ke lokasi bencana,” ujar Rice, Rabu (4/9).

Menurur Rice, kondisi warga masih memprihatinkan, karena ja­ringan infrastruktur, irigasi dan sumber air bersih dirusak oleh banjir Sabtu dinihari itu.

“Empat rumah rusak parah, dua jembatan putus dan sumber air bersih tidak bisa dimanfaatrkan,” ujarnya.

Menurut Syamsul, sehari usai Galodo terjadi pemerintah Pasaman sudah turun ke lokasi. “Dan pak Bupati sudah menetapkan tanggap darurat selama empat belas hari sejak Minggu kemarin,” ujarnya.

Sementara Itad, yang rumahnya hancur oleh Galado hanya bisa pasrah. “Terpaksa menumpang tinggal di rumah saudara sementara pak,” ujar Itad kepada rombongan yang hadir di lokasi bencana. (*)

padangekspres.co.id

Postkan Komentar:

Latest Update