Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Masalah Pada Gusi Berkaitan Dengan penyakit Jantung


Minggu, 22 September 2013


Duakotopas.com – Penyakit gusi dan penyakit jantung tampaknya adalah dua masalah kesehatan yang berbeda. Namun apakah benar kedua penyakit ini saling berhubungan? Setidaknya begitulah yang ditemukan oleh penelitian.

Meski penelitian masih terus berlangsung dan kesimpulan yang diambil masih belum bulat, namun telah banyak penelitian yang menunjukkan adanya kaitan antara kesehatan mulut (gigi dan gusi) dengan kesehatan jantung.

Pada penelitian sebelumnya, pasien yang mengalami masalah jantung diketahui memiliki masalah mulut dan gusi yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak terkena masalah jantung. Masalah pada jantung bisa terjadi ketika ada penyempitan pembuluh darah atau penyumbatan pada pembuluh darah, seperti dilansir oleh Times of India (19/09).

Diketahui bahwa bakteri dari mulut bisa masuk ke aliran darah melalui gusi atau gigi yang berlubang. Bakteri ini bisa menyebabkan pembekuan darah pada dinding pembuluh darah atau jantung.

 Hipotesis ini menjelaskan bahwa bakteri tersebut kemudian menyebabkan penyumbatan dan masalah pada jantung.

Selain masalah jantung, terdapat juga beberapa masalah kesehatan lain yang dipercaya berkaitan dengan kesehatan gusi, antara lain diabetes, berat badan rendah saat melahirkan, luka pada lambung, infeksi paru-paru, dan disfungsi ereksi. Meski begitu, kaitan antara penyakit-penyakit tersebut dengan penyakit gusi juga masih menjadi bahan penelitian dan perdebatan hingga saat ini.

Walaupun hasil penelitian masih belum sepenuhnya jelas dan masih menjadi perdebatan, namun tak ada salahnya memelihara kebersihan dan kesehatan mulut (gigi dan gusi) untuk mencegah adanya penyakit lain yang menyerang tubuh kita.


Merdeka.com


Postkan Komentar:

Latest Update