Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Pemprov DKI Belajar Adiwiyata ke Pasaman


Jumat, 20 September 2013

Pemprov DKI Belajar Adiwiyata ke Pasaman
duakotopas.com (Pasaman) – Keberhasilan SDN 05 Pauh Lubuksikaping Kabu­paten Pasaman menyabet Piala Adiwiyata Nasional tahun 2013 mendapat apresiasi dari Pemprov DKI Jakarta. Hal itu ditandai de­ngan adanya kunjungan kerja Pem­prov DKI Jakarta ke Kabupaten Pasaman pada akhir pekan lalu.

Kunjungan tim yang diketuai oleh drg. Feurah Dihan Bahar dari Biro Kesejahteraan Sosial ini berang­gotakan sebanyak 50 orang yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Badan Ling­kungan Hidup, Kemenag, PKK, Dinas Pertanian dan Dinas Ke­bersihan.

Kedatangan mereka disambut Wabup Pasaman, Daniel, Sek­dakab, Syamsurizal serta sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pem­kab Pasaman bertempat di rumah dinas bupati setempat.

Daniel dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan merasa bangga karena Pemkab Pasaman mendapat kehormatan sebagai daerah kunjungan studi banding Pemprov DKI Jakarta terkait keberhasilan SDN 05 Pauh menyabet Piala Adiwiyata Mandiri 2013 dari pemerintah pusat. Me­lalui kunjungan tersebut diha­rap­kan dapat memberi manfaat bagi kemajuan daerah masing-masing kedepannya.

Berbicara tentang SDN 05 Pauh, telah banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh sekolah tersebut. Sebelumnya, sekolah ini sudah pernah meraih juara I Nasional dalam lomba UKS.

Keberhasilan menyabet Piala Adiwiyata Mandiri ini karena kepe­dulian sekolah mengembangkan lingkungan sekolah yang hijau serta kepedulian sekolah tersebut terha­dap pengelolaan sampah, baik itu sampah organik maupun anor­ganik.

Komitmen itu dibuktikan de­ngan pendirian bank sampah dan tempat pengomposan pada tahun 2012 lalu. Lembaga ini merupakan tempat untuk menabung sampah dan bisa ditukar dalam bentuk rupiah yang disimpan dalam reke­ning. Ini merupakan bank sampah pertama yang dikelola secara professional dan managerial di Ka­bupaten Pasaman.

Adapun jenis sampah yang dapat ditabung di bank sampah SDN 05 Pauh ini diantaranya ada­lah sampah plastik, sampah kertas, dan sampah botol. Dimana ketiga jenis sampah ini merupakan sam­pah an organik yang sangat sulit untuk diuraikan oleh mikro or­ganisme.

“Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan berdirinya bank sampah itu. Dari segi lingkungan dapat membantu Pemkab Pasaman menurunkan volume sampah yang dibawa setiap hari ke TPA, juga dapat merubah paradigma warga sekolah tentang sampah, yang dulunya sampah sekarang menjadi berkah,” katanya.

Selain dari segi lingkungan juga dapat diperoleh dari aspek pendi­dikan, aspek pemberdayaan serta aspek ekonomi kerakyatan. Sebab sampah yang dikelola nantinya akan bisa dijadikan seperti hiasan rumah, pot bunga, bingkai foto, tas, tempat kado, dan aksesoris ataupun perabotan.

“Bank sampah dan tempat pe­ngom­posan inilah yang menjadi nilai plus bagi SDN 05 Pauh me­nyabet Piala Adiwiyata Mandiri tahun 2013,” jelas wabup.

Disamping itu, wabup juga bercerita banyak tentang pariwisata kabupaten Pasaman yang tak kalah jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Sebut saja, kawasan cagar alam Rimbo Panti yang terkenal dengan sumber pemandian air panasnya dan juga terdapat ribuan spesies kupu-kupu. Kemudian, Tugu Khatulistiwa di Bonjol yang merupakan satu-satunya daerah yang dilalui garis khatulistiwa di Sumbar dan masih banyak lagi keindahan alam yang dimiliki Pa­saman.

Sementara itu, drg. Feurah Dihan Bahar menyampaikan ada­pun mak­sud dan tujuan kunjungan kerja ini adalah sebagai sarana untuk saling bertukar pikiran ten­tang ide dan gagasan sekaligus pem­belajaran untuk bisa juga dite­rap­k­an di ling­kungan Pemprov DKI Jakarta.

“Kami menyampaikan terima kasih atas penyambutan yang luar biasa ini. Semoga dengan ada kun­jungan ini dapat bermanfaat bagi kemajuan daerah masing-masing dan sekaligus mempererat hu­bungan dan silaturahmi antar ke­dua daerah,” kata Feurah saat mengakhiri sambutannya.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata antara kedua pihak yang di lakukan oleh Wabup Pasaman, Daniel de­ngan Biro Kesejahteraan Sosial. Se­telah itu, tim Pemprov DKI Jakarta mengunjungi SDN 05 Pauh. (eri)

padangekspres.co.id

Postkan Komentar:

Latest Update