Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

SMK Pasbar Sulap Rongsokan Jadi Robot Jagung Bakar


Sabtu, 28 September 2013

SMK Pasbar Sulap Rongsokan Jadi Robot Jagung Bakar
duakotopas.com (Pasbar) – Sesuai dengan naman eventnya, yakni Teknologi Tepat Guna (TTG), terdapat begitu banyak alat-alat berbasis teknologi yang dipamerkan. Selain menghadirkan alat-alat yang canggih, dalam TTG ini juga menghadirkan alat-alat tradisional alam yang merupakan hasil ciptaan teknologi pada masa dahulu.

Dari keadaan tenda TTG penuh dengan hilir-mudik para pengunjung, tampak beberapa sekumpulan pengunjung yang mengerumuni salah satu stand, stand tersebut adalah milik dari Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Dari raut wajah para pengunjung, terlihat ekspresi raut senyum dengan rasa kagum, ataupun ekspresi heran yang seakan tidak percaya. Ternyata yang mampu memancing ekspresi dari gerumulan tersebut, adalah salah satu alat yang dipamerkan di stand itu. Alat itu merupakan robot yang dapat digunakan untuk membuat jagung bakar.

Yang menarik perhatian dari alat ini adalah cara kerjanya yang memang automatis, sehingga terasa agak aneh bagi yang menyaksikan jika dibandingkan dengan kehidupan biasanya.

Dimana alat ini, mampu untuk membuat jagung bakar tanpa merepotkan orang yang ingin memasak. Karena sejak jagung yang akan dibuat menjadi jagung bakar diletakkan di pengapit, maka pembuatnya hanya tinggal menunggu jagung itu agar tidak hangus.

Penggunanya tidak perlu merasa cemas tentang pengipasan dan meratanya masakan. Karena, jika selama ini membuat jagung bakar diperlukan kipasan dan membolak-balik jagung agar jagung mendapatkan kematangan yang sama, dengan alat ini tidak dibutuhkan. Karena alat tersebut mampu membolak balik jagung, dan mengipas dengan kipasan tangan karena telah diberikan sentuhan teknologi.

Dari segi bentuk, alat yang diberi nama Mesin Kipas Pemanggang Automatic ini juga terbilang sederhana. Bentuknya sama dengan pemanggang biasa. Hanya saja terdapat beberapa kecanggihan yang terdapat pada alat tersebut. Seperti tiga buah klahar yang disatukan dengan rantai, dan di setiap sumbu klahar itulah diletakkan jagung yang akan di bakae.

Sehingga disaat rantai berjalan, maka jagung dengan sendririnya akan berputar menurut putaran sumbu, sehingga dapat mencegah terjadinya makanan yang matang sebelah. Selain itu, juga di bagian atas terdapat kipas angin tangan yang terus mengipas, bagaikan menggantikan tugas yang dilakukan tangan dengan cara biasa. Alat teknologi yang diciptakan oleh SMKN 1 Kinali pasbar ini, dapat berjalan dan beroperasi dengan menggunakan arus listrik ataupun aki.

Dari segi bahan, alat ini juga tidak menggunakan bahan-bahan yang sulit dicari, dan mahal dibeli. Karena pembuatannya lebih mengandalkan barang-barang bekas seperti besi bekas sebagai kerangka, dan witer mobil sebagai alat kipas.

Sehingga tidak salah jika guru SMKN 1 Kinali Yoli Satia, mengatakan bahwa dalam pembuatan tersebut pihak sekolah hanya mengeluarkan dana sekittar Rp.500 ribu saja. Sehingga dengan murahnya modal tersebut, penjualannya juga tidak akan terlalu mahal.

Yoli Satria mengatakan, bahwa jika nantinya pembuatan alat ini dapat diteruskan, maka ia berencana hanya akan menjual alat tersebut sekitar Rp.800 ribu saja. Menurutnya, selain memasak jagung bakar, robot yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai alat pembuat ayam bakar,  ikan bakar, sate, dan lain-lain.

Yoli Satia mengatakan, pemikiran dasar pembuatan alat tersebut adalah saat memperhatikan keadaan pinggir laut Kota Padanng. Dimana ia menyadari betapa pentingya alat tersebut yang dapat mengacu kepada pariwisata, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMK).

Karena dengan menggunaka alat itu, dapat menjadi suatu pengehematan tenaga, waktu dan stamina yang dipakai untuk bekerja. Sehingga pekerjaan lain juga dapat dijadikan sekaligus.(*)


Padangtoday.com

Postkan Komentar:

Latest Update