Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Kelezatan Nasi Ampera Lubuak Talang Suka Menanti di Tapalan, Pasaman Barat.


Minggu, 06 Oktober 2013

Rumah Makan Tapalan pasbar
Duakotopas.com (Simpang Ampek) – Rumah makan Padang dengan label Ampera biasanya terkenal murah dengan rasa yang tak terlalu istimewa. Tapi jangan lewatkan nasi Ampera yang satu ini. Nama rumah makannya Rumah Makan Ampera Lubuak Talang Suka Menanti di Tapalan, Kabupaten Pasaman Barat.

Letaknya tidak jauh dari Simpang Empat, ibu kota Kabupaten Pasaman Barat. Rumah makan ini berada di jalan raya yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Sumatera Utara. Jadi, kalau dari Padang mau ke Medan, jangan lupa makan di tempat ini.

Pada jam makan siang, rumah makan ini terlihat ramai. Cukup luas, ada tempat untuk lesehan dan ada kursi dan meja. Makanan dihidangkan pelayannya ke meja. Amun, jenis masakan yang dihidangkan lain dari masakan Padang umumnya.

Masakan andalan rumah makan Ampera ini adalah gulai asam limbek. Gulai ini terbuat dari ikan lele asap yang digulai dengan bumbu minimalis: hanya sedikit santan kental, cabe giling. Namun ada bumbu yang istimewa: asam durian. Asam durian ini dibuat dari daging durian yang diperam hingga rasanya asam.

Rasa daging asap ikan lele ini terasa pas dengan pedasnya cabe dan asam durian yang memberikan sedikit aroma durian dan rasa manis. Bisa dikatakan ini masakan spesifik di Pasaman, karena lele asapnya dibuat di Pasaman dan durian juga melimpah di Iadang penduduk.

“Resep asam limbek ini memang turun temurun diajarkan pada kami di sini,” kata Upik, sang juru masak di rumah makan ini, Rabu, 13 Juni lalu.

Namun, menurut Upik, bukan hanya gulai asam limbek yang banyak diminati. Pengunjung juga menyukai gulai hijau ikan danau yang dibuatnya. Gulai ini terbuat dari ikan mas dari Danau Maninjau. Ikan itu digulai dengan bumbu jahe, lengkuas, kunyit dan santan kental. Namun yang istimewa, cabenya tidak cabe merah, tetapi menggunakan cabe hijau dan sedikit cabe rawit hijau. Jadi kuah gulainya juga berwarna hijau.

Rasa ikan gulai hijau ini memang istimewa karena dicampur dengan bunga sambung atau kecombrang yang berwarna merah muda. Bunga sambung memberi rasa asam dan baunya memberi aroma khas pada gulai ikan ini.

Satu lagi menu istimewa yang ditawarkan tempat ini adalah dendeng lado hijau. Dendengnya empuk, dan di atasnya disiram irisan mentah cabe hijau, tomat hijau dan bawang merah serta minyak kelapa. Anehnya, walaupun cabe hijaunnya mentah, tapi tidak terasa pedasnya.

Daging dendengnya empuk karena sebelum dibakar sudah diungkep dulu dengan bumbu. Selain ketiga masakan andalan ini, masih ada menu lainnya seperti rendang, gulai ayam, gulai telur, dan goreng ayam.
Walau rasanya istimewa, harganya ternyata masih murah. Seporsi makan hanya Rp 8 ribu, sedangkan sepotong sambal hanya Rp5 ribu.

“Masakan di sini juga masih tradisional. Kami menggunakan tungku dengan kayu bakar, enggak pakai penanak nasi listrik. Jadi semua dijerang di atas tungku,” kata Bakar, 49 tahun, pemilik Rumah Makan Ampera Lubuak Kaluang.

Jadi, kalaupun ada yang merindukan kerak nasi, silakan mampir juga ke rumah makan ini. Sebab, nasi di sini dimasak memakai periuk di atas tungku.

tempo.co

Postkan Komentar:

Latest Update