Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Melirik Si Pandai Besi (Apar Besi ) Nagari Cubadak Dua Koto Pasaman


Kamis, 10 Oktober 2013

Melirik Si Pandai Besi (Apar Besi ) Nagari Cubadak Dua Koto Pasaman
duakotopas.com (Dua Koto Pasaman) – Pengrajin parang atau golok tradisional sekarang ini sudah sangat jarang, sedangkan di wilayah Kecamatan Dua Koto Pasaman Timur masih banyak pengrajin parang atau golok yang disebut sebagai Pandai Besi (Apar Besi).


Diwilayah Dua Koto tersebut terdapat beberapa kampung pengrajin parang (pandai besi) diantaranya : Kampung Kepala Bandar, Teluk Embun, Gorabak, Simpang Panti dan Kampung Muaramanggong.


Seperti pengrajin di Kampung Kepala Bandar Nagari Cubadak Kecamatan Dua Koto Pasaman Timur, Pandai Besi (Apar Besi) tidak diketahui sejak kapan keberadaannya yang jelas Apar besi diwilayah ini telah berada sejak Nenek moyang mereka yang telah berada dan berjalan hingga turun temurun sampai saat ini masih berjalan dan eksis.


Pak Saruji Ismail, Natri, Arif,  Ifrahim dan Idris adalah diantara para pengrajin dari Kampung Kepala Bandar yang aktif dalam memandai besi untuk memenuhi pesanan dari para Boss untuk setiap pesanannya.


Pak Saruji bersama 2 (dua) temannya mampu menghasilkan 30 (tiga puluh) buah parang dalam sehari yang dikerjakan mulai pukul 07.30 s/d 17.00 WIB, sedangkan Pak Ifrahim dan adiknya Pak Idris dalam sehari mampu menghasilkan 18 (delapan belas) buah parang. Hari kerja mereka dalam seminggu adalah hari Rabu sampai dengan Minggu, sedangkan hari Senin dan Selasa mereka libur.

PROSES PEMBUATAN


1. Bahan


Dalam proses pembuatan parang, dibutuhkan bahan baku Per mobil bekas, besi bekas gergaji dan lahar bekas.

2. Pemotongan Bahan


Bahan Per bekas mobil dengan panjang 1,5 meter bisa dibuat menjadi 16 (enam belas) buah parang dengan ukuran 30 cm.

3. Pembakaran


Bahan yang telah dipotong menjadi 16 buah, dibakar dengan menggunakan arang dengan suhu mencapai 180 derajat celcius sampai kondisi bahan tersebut berwarna kemerah-merahan.

4. Penempaan


Bahan yang telah dibakar dengan menggunakan arang dan telah berubah warna menjadi kemerah-merahan diambil dan ditempa oleh 2 (dua) orang yang masing-masing menggunakan martil besi yang beratnya  3 kg dan 1 kg.

5. Pembentukan Bahan


Bahan yang ditempa dengan menggunakan martir besi tersebut dibentuk sesuai dengan pesanan yang diinginkan Pembeli atau Pemesan, dimana pembakaran dan penempaan dilakukan kurang lebih sebanyak 8 (delapan) kali tempaan dan pembakaran sampai menjadi bentuk yang diinginkan.

6. Labeling


Pemberian nama atau merek dilakukan setelah pembentukan parang selesai dibentuk kemudian dibakar untuk memudahkan pemberian labeling atau merek pada bagian parang.

7. Finishing


Proses penyelesaian, penyempurnaan dan perapihan dilakukan dengan beberapa tahapan :

        a.  Menggerinda dan mengikir

Menggerinda dan mengikir dilakukan untuk mempertajam permukaan parang dan merapihkan/menghaluskan besi-besi  hasil tempaan  yang tidak rapih.

  b.  Penyelupan dan penguatan bahan

Setelah menggerinda dan mengikir, agar  parang tajam juga bahannya menjadi kuat waktu digunakan, maka proses selanjutnya parang tersebut harus dicelupkan kedalam air celupan yang telah disediakan guna mengeraskan dan mempertajam.

  c.  Memasang tangkai

Proses terakhir adalah proses pemberian tangkai atau gagang parang dengan menggunakan kayu yang mudah untuk memasang parang tersebut supaya nyaman digunakan.

  d.  Sarung Parang

Sarung parang adalah tempat atau bungkus untuk melindungi bagian tajam parang dan sebagai tempat menyimpan parang agar parang tersebut tersimpan pada tempatnya dengan aman dan rapih.


















Sebagai pengrajin yang telah lama berkecimbung dalam pembuatan parang, pak Saruji menjamin akan hasil karyanya pasti tajam dan tidak mudah rompal/sompal karena dibuat dari bahan per mobil bekas serta proses pembuatan yang baik dan secara tradisional.

Untuk memasarkan hasil karya dari Pak Saruji dan kawan-kawan, saat ini Pak Saruji tidak repot-repot memasarkannya karena setiap minggunya ada Boss yang mengambil hasil kerajinannya. Namun Pak Saruji berkeinginan bahwa di Kampungnya ada KOPERASI yang mengkoordinir hasil kerajinannya sehingga diharapkan ada perubahan dan peningkatan harga yang berdampak pada meningkatnya pendapatan, ketersediaan bahan baku dan berkesinambungan terhadap pesanan.

peluangku

Postkan Komentar:

Latest Update