Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Ngalau Indah: Objek Wisata Nan Menawan


Minggu, 06 Oktober 2013

Ngalau Indah
Duakotopas.com ( Payakumbuh) – Bagi para atlet, ofisial, serta pengunjung Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, alangkah ruginya bila tidak menyempatkan diri berkunjung ke objek wisata Ngalau Indah.

Ngalau Indah merupakan objek wisata menawan, untuk dikunjungi. Ngalau dimaksud berupa sebuah gua. Di masa perjuangan melawan Belanda dulu, gua tersebut dijadikan para pejuang kita sebagai  tempat persembunyian di siang hari. Malam hari, dari sana mereka bergerak melakukan perang gerilia.

Sebagaimana layaknya sebuah gua, di dalamnya terdapat batu stalagmit ,dan stalaktit. Bebatuan itu terbentuk dari proses endapan batu kapur yang berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Kedua jenis bebatuan itu memiliki berbagai macam bentuk, dengan ornamen yang menakjubkan. 

Ada yang berbentuk ruang kamar tidur, kursi, kelambu, dan lainnya. Para pengunjung yang merasa lelah atau lebih lama ingin menikmati keindahan Ngalau Indah bisa berhenti dan duduk santai di atas batu. 

Di depan pintu masuk gua, pengunjung disambut sebuah ukiran dari batu yang menyerupai gajah. Di bagian lain terdapat batu putih, jika terkena sinar akan memantulkan cahaya kemilau nan menawan.

Di sekitar gua terdapat perbukitan. Dari perbukitan itu pelancong bisa menikmati pemandangan ke Kota Payakumbuh,yang terhampar di bawahnya.

Ngalau Indah merupakan objek wisata andalan Kota Payakumbuh. Pengembangannya terus dilakukan, seperti pembangunan sarana/prasarana pendukung, pembangunan pertokoan untuk pedagang cendera mata, dan fasilitas lainnya di sekitar gua. Kondisi itu menyebabkan Ngalau Indah semakin menarik sebagai tempat berwisata.

Lokasinya gampang ditemui. Karena terletak di pinggir jalan raya Bukittinggi – Payakumbuh. Kondisi tersebut memungkinkan memungkinkan pengunjung dari berbagai kota di Sumbar dan Riau selalu ramai berkunjung ke Ngalau Indah setiap hari Minggu dan libur. Namun pengunjung paling ramai adalah saat libur sekolah.

Begitu memasuki gua, kesejukan dan udara lembab akan menyambut wisatawan.  Bagi pengunjung yang baru saja menapaki jalan dan dibakar terik mentari, kesejukan di dalam gua dapat mengobati kelelahan. Suara cicit kelelawar juga akan ikut menyambut dengan keramahannya yang khas.

Sebagai oleh-oleh, banyak jajanan produksi anak nagari di Kota Payakumbuh, yang ditawarkan pada kedai-kedai di pinggir jalan masuk objek wisata tersebut. Ada botiah, kalamai, dan aneka makanan ringan lainnya dengan harga terjangkau.

Ngalau Indah sudah sangat terkenal sejak dulu. Pengunjungnya bukan saja wisata lokal, domestik, dan nusantara,tetapi juga wisatawan mancanegara. Kebanyakan dari Belanda dan Jerman,di samping wisatawan dari negeri jiran,Malaysia dan Singapura. (Miazuddin St. Marajo)


komapost.com

Postkan Komentar:

Latest Update