Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Proyek Gedung Sekolah Ala CV. Wahana Utama Tidak Sesuai Spek


Rabu, 02 Oktober 2013

Gedung SMA 1 Pasaman Barat


duakotopas.com (Simpang Ampek) – Proyek Pembangunan Unit Gedung Baru SMA N 1 Pasaman (Lanjutan) yang dikerjakan oleh CV. Wahana Utama terindikasi menyalahi spek dan terancam gagal. Ironisnya, pekerjaan dengan No. Kontrak:425/115/SPK-PENG/DINDIK-PB/2013 itu terkesan direstui oleh pihak perencana maupun PPTK. Hal ini terungkap disaat sejumlah media melakukan investigasi lapangan terhadap proyek tersebut.
 
Sebagaimana hasil pengamatan  dilapangan, Rabu (25/9) tampak pekerjaan bangunan baru SMA N 1 Pasaman itu menyalahi spek. Salah satu contoh pada item pekerjaan tiang balok berukuran 20 X 25, menggunakan besi rangka pada coran yang sengaja dicampur dengan ukuran berbeda dari spek. Akibatnya kondisi bangunan tersebut tidak akan mampu bertahan lama. 

Apalagi Kab. Pasaman Barat merupakan salah satu daerah yang rawan gempa. Selain itu pihak CV. Wahana Utama dalam pekerjaan yang bernilai Rp 1.192.926.000,-, ini juga terindikasi melakukan mark-up volume.

 Hal ini dikarenakan nilai termen yang telah diajukan dan dicairkan dananya hingga saat ini sebanyak 60 %. Sedangkan dalam kenyataan dilapangan, volume pekerjaan CV. Wahana Utama itu masih kurang dari 50 %. Hal ini berdasarkan penilaian item pekerjaan tiang balok, pasang batu serta pelasteran yang belum tuntas dikerjakan.

 Selain itu,  biasanya bobot pemasangan atap pada bangunan, nilai volumenya adalah 40 %. Sehingga apabila pekerjaan diluar atap belum rampung seluruhnya, maka volume pekerjaan tersebut belum bisa dianggap 60%. 

Item pekerjaan lain yang diduga menyalahi speck adalah galian saluran. Dimana kedalaman galian yang diukur oleh BAKINNews, tidak mencapai 30 Cm. Padahal sesuai dengan spek seharusnya, kedalaman galian saluran tersebut adalah 40 Cm. Hal inilah yang menguatkan dugaan adanya praktek kongkalikong antara CV. 

Wahana Utama dengan pihak PPTK, Pengawas maupun Perencana. Sebab pekerjaan yang terkesan menyalahi speck serta belum memenuhi target tersebut, telah direstui serta dicairkan termen pembayarannya sebesar 60%.

Dalam konfirmasinya kepada BAKINNews, Rabu (25/9) Reflisman selaku PPTK pada proyek tersebut mengatakan, bahwa pihaknya tetap berupaya semaksimal mungkin demi keberhasilan proyek lanjutan Pembangunan Gedung Baru SMA N 1 Pasaman tersebut.

 “Sejauh ini kami tetap bekerjasama dengan pihak Perencana maupun Pengawas dalam meninjau dan mengawasi pekerjaan itu,” jelasnya. Reflisman juga membenarkan bahwa nilai termen yang telah diajukan oleh CV. Wahana Utama sebesar 60%. “Sesuai dengan penilaian pihak Pengawas dan Perencana, maka termen 60% tersebut telah kita setujui,” tambahnya.

Sedangkan mengenai sesuai atau tidaknya pekerjaan tersebut, Reflisman menganjurkan untuk berkoordinasi dengan pihak perencanaan. “Silahkan konfirmasi saja langsung dengan Pak Sahid selaku pihak perencananya. Tapi yang jelas kalau pekerjaannya tidak selesai sesuai target, maka kami akan melakukan pemutusan kontrak dengan CV. Wahana Utama “ ucap Reflisman diakhir pembicaraannya. 

Namun sayangnya Sahid selaku pihak Perencana pada proyek tersebut, terkesan mengelak untuk memberikan komentar serta penjelasan secara terperinci tentang Proyek Pembangunan Unit Gedung Baru SMA N 1 Pasaman tersebut. “Bukan Saya perencananya, langsung sajalah sama Pak Kabid,” ucap Sahid.

Pernyataan oper bola inilah yang semakin menguatkan adanya indikasi kecurangan pada proyek Pembangunan Gedung SMA 1 Pasaman itu. Apalagi limit waktu pelaksanaan selama 120 hari yang tertera pada kontrak CV. 

Wahana Utama, terhitung sejak 26 Juli 2013 tersebut hanya tersisa kurang dari satu bulan lagi. Sehingga proyek asal asalan ala CV. Wahana Utama yang kesannya direstui itu terancam gagal dan putus kontrak.




Bakinnews.com
Postkan Komentar:

Latest Update