Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Para Dokter di Pasaman Sampaikan Aksi Keprihatinan


Rabu, 27 November 2013

Para Dokter di Pasaman Sampaikan Aksi Keprihatinan  -
duakotopas.com (Pasaman) – Tidak hanya di daerah lain di Indonesia, puluhan dokter yang bertugas di Kabupaten Pasaman, Rabu (27/11) hari ini juga menggelar aksi keprihatinan sebagai bentuk dukungan dan solidaritas atas nasib yang dialami tiga orang dokter di Manado.

Aksi ini merupakan bentuk solidaritas terhadap tiga orang dokter di Manado, yang divonis bersalah oleh Mahkamah Agung (MA) karena dinilai bersalah telah mengakibatkan nyawa orang lain meninggal dunia.

Ketiga dokter tersebut, yaitu dr. Dewa Ayu Sasary Prawani, dr Hendry Simanjuntak dan dr Hendy Siagian.
Sebelumnya, Mahkamah Agung (MA) berdasarkan putusan Nomor 365 K/Pid/ 2012 pada 18 September 2012, MA mengabulkan permohonan kasasi dari Jaksa penuntut umum pada Kejaksaan Negeri Manado dan membatalkan putusan Pengadilan Negeri Manado Nomor 90/PID.B/2011/PN.MDO tanggal 22 September 2011.

Salah seorang dokter dan pimpinan Puskesmas Pintu Padang, Dr Donna, melalui pesan BBM, kepada Padangmedia.com, mengatakan protes ini dilakukan terkait dengan penangkapan tiga dokter anggota IDI, yang menurut mereka dilakukan dengan cara-cara yang tidak manusiawi.

"Ini wujud keprihatinan kami akan nasib saudara kami. Aksi protes ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia pada hari ini Rabu, 27 November 2013. Peristiwa ini sekarang terjadi pada mereka, besok bisa saja menimpa kami," ucapnya.

Dikatakan, aksi protes dilaksanakan dengan bertafakur dan berdiam diri di kediaman masing-masing tanpa mengenyampingkan hak-hak pasien yang ingin berobat.

"Namun, kami para dokter diingatkan tetap menjaga kodek etik kedokteran, tetap memberikan pelayanan kepada pasien tidak mampu dan kasus gawat darurat," ujarnya.

 Ia beralasan, aksi ini dilakukan supaya profesi dokter dapat dihargai semua pihak sehingga semua nyaman dalam menjalankan tugas dan memberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Jadi, ini bukan hari libur, dan kita tidak melakukan aksi seperti yang dilakukan pada umumnya atau unjuk rasa. Ini adalah bentuk protes keprihatinan kami sebagai satu profesi," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Desrizal, SKm, M.Kes ketika dihubungi mengharapkan aksi solidaritas para IDI tersebut tidak sampai menggannggu pelayanan terhadap pasien di
 Puskesmas maupun Rumah Sakit tempat mereka bertugas.

"Saya sudah tahu aksi ini. Saya juga turut prihatin. Namun, saya juga berharap ditengah memberikan dukungan dan solidaritas, hak para pasien yang datang berobat dan sedang dirawat tidak terabaikan pula," tukas Desrizal.

Sementara itu, via pesan singkatnya, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pasaman, Dr Hidayah, menegaskan bahwa pelayanan kesehatan dari para dokter untuk masyarakat tetap berjalan seperti biasanya. Ia juga membantah terkait adanya aksi mogok kerja dari para dokter anggota IDI didaerah itu.

Ini isi petisi para dokter anggota IDI; "Hari ini izinkan kami, sehari saja menjadi manusia biasa, kami istirahat sejenak dari menjadi DOKTER, PERAWAT dan BIDAN agar hati kami tenang, keluarga kami tidak
kecewa melihat usaha kami menolong sesama dibalas dengan cacian, hujatan dan penjara. Besok, Rabu (27/11) biar para pak HAKIM yang menulis resep, biar pak JAKSA yg memeriksa, pak PENGACARA yg mengoperasi, pak POLISI yg meredam amarah pasien dan keluarga, pak LSM yg menjelaskan kepada keluarga kalau pertolongan yang diberikannya gagal, semoga anda semua mampu menjalani apa yg kami lakukan selama ini, #NaKes Juga Manusia,Kami bukanlah Tuhan, tapi Kami perantara Tuhan Untuk menolong Anda ketika sakit... :( Pray For 3 Dokter Di Manado)." (Wahyu)


Berita Pasaman - padangmedia.com


Postkan Komentar:

Latest Update