Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Pasbar dapat 33.898 Paket LPG


Sabtu, 09 November 2013

Pasbar dapat 33.898 Paket LPG -
duakotopas.com (Pasaman Barat) – Dinas Per­tambangan dan Energi Pasa­man Barat gelar sosialisasi konversi minyak tanah ke Liguified Petroleum Gas (LPG) 3 kilogram di gedung per­temuan Pemkab Pasbar, Rabu (6/11). Acara ini bertujuan agar masyarakat terutama pengguna LPG memahami cara pemakaian serta man­faatnya yang lebih efektif dari minyak tanah.

Tampak hadir Asisten I Ekonomi Setkab Pasbar, Fa­d­lus Sabi,  Kepala Dinas Per­tam­bangan dan Energi Pasbar, Faizir Jhohan, dari Pertamina Regional I Sumbar Irsal, para Camat dan peserta ibu-ibu PKK kecamatan.

 Menurut Asisten I, Fadlus Sabi mengatakan, program ini merupakan program pusat untuk mengurangi ketergan­tungan bahan bakar minyak (BBM), khususnya minyak tanah untuk dialihkan ke LPG. Karena melalui LPG akan rela­tif lebih aman dari penyalah gunaan, serta  mengurangi efisiensi anggaran pemerintah. Dan pengunaan LPG lebih efisien dan subsidinya relatif lebih kecil dari pada subsidi minyak tanah.

“LPG juga tergabung da­lam bentuk bahan bakar yang praktis bersih dan efisien untuk rumah tangga dan usa­ha mikro. Sehingga dikalangan masyarakat juga terhindar dari polusi udara yang berlebihan,” ujar Fadlus Sabi.

Kepala Dinas Pertam­ba­ngan dan Energi Pemkab Pas­bar,  Faizir Jhohan mengata­kan, untuk tahap pertama 2013 ini, hanya 4 kecamatan yang memperoleh program ini, yakni Kecamatan  Pasa­man, Kinali, Luhak Nanduo dan Kecamatan Talamau. Se­dang­kan kekurangannya di tahun 2014 mendatang semua warga diharapkan sudah men­dapatkan pogram LPG ini. Jumlah kuota saat ini seba­nyak 33.898 paket. 

Sasaran penerima paket perdana ini, yakni konsumen yang telah didata yang mem­punyai legalitas penduduk, mengunakan minyak tanah untuk memasak dalam ruang lingkup rumah tangga dan tidak mempunyai kompor gas. Kemudian, usaha mikro se­perti usaha produktif milik perseorangan yang mem­pu­nyai legalitas penduduk serta mengunakan minyak tanah dalam lingkup usaha mikro dan juga tidak mem­punyai kompor gas.

Sementara, Irsal dari Per­ta­mina Regional I Sumbar didampingi Jhon Khamberli dari ESDM Provinsi Sumbar, mengatakan, pembekalan yang disampaikan itu LPG, yakni gas yang dicairkan dengan cara diberikan tekanan dalam ta­bung bertekanan tinggi, dalam temperatur dan tekanan normal berbentuk gas.

Karena pengunaan LPG itu harus diperhatikan,  sehingga tidak menimbulkan kece­la­kaan dan tidak menimbulkan bencana. Misalnya, dalam bentuk penyimpanan hen­daknya mempunyai ventilasi setinggi lantai, sebab gas LPG lebih berat dari pada udara.

Kemudian, letak dari ta­bung gas harus berdiri dan terhindar dari cahaya langsung mata hari. Lalu, penyimpanan harus dipastikan kokoh dan tidak mungkin jatuh. Tabung LPG harus disimpan ditempat kering tidak dekat dengan nyala api atau nyala lampu minyak, api, korek api, bunga api lainny. “Atau benda yang bisa menimbulkan kebocoran ataupun bahaya lainnya,” je­lasnya.

Pessel  45.062 Paket

Sementara itu, Kabupaten Pesisir Selatan juga mema­tangkan persiapan konversi minyak tanah ke gas LPG dengan membagikan 45.062 paket LPG 3 kg kepada warga di 15 kecamatan.

Kasi Energi Baru dan Pem­baruan pada Dinas Kehutanan dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Pessel Mirza mengungkapkan, telah diben­tuk tim sosialisasi konversi minyak tanah ke gas elpiji menyusul pemberlakukan peng­gunaan LPG secara nasional.

Dan tim pendataan di la­pangan sedang dilakukan ber­sama dengan tim ferifikasi pertamina  bertugas mendata jumlah kepala keluarga calon penerima tabung gas dari Pertamina, dengan harapan kepada masyarakat, camat dan wali nagari untuk proaktif dalam membantu kelancaran pendataan tim ferifikasi pen­da­taan di lapangan.(*)


Berita Pasbar - padangekspres

Postkan Komentar:

Latest Update