Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Tingkatkan Kewaspadaan Bencana Pasaman Gelar Simulasi


Rabu, 27 November 2013

Tingkatkan Kewaspadaan Bencana Pasaman Gelar Simulasi -
duakotopas.com (Pasaman) – Sumatera Ba­rat memang daerah rewan ben­cana alam, baik banjir, tanah longsor, gempa dan ancaman tsunami. Untuk itu, perlu terus diasah dan dtingkatkan kewas­padaan terhadap bencana itu. Setidaknya, kemarin dua daerah untuk mengasah kewaspadaan itu, telah melakukan gelare simu­lasi kewaspadaan bencana. Dua daerah itu, Pesisir Selatan dan Pasaman.

Kemarin, Bupati Pessel Nas­rul Abit lakukan pada apel siaga simulasi bencana gempa dan tsunami yang diikuti ratusan ang­gota  Kelompok Siaga Bencana (KSB), TNI, Satpol PP, petugas kesehatan dan pelajar, Senin (25/11) bertempat di GOR H Ilyas Yakup Painan. Sedangkan di Pasaman, juga dilakukan pela­tihan pembinaan kelompok ma­sya­rakat siaga bencana di tiga kecamatan, yakni Rao, Rao Sela­tan dan Mapattuggul. Pelatihan tersebut digelar di aula Kantor Camat Rao. Hadir pada kesem­patan itu, staf ahli bupati Pasa­man, Hendri, Kepala BPBD Pasa­man, M Nasir, unsur muspika dan masyarakat.

“Pessel  merupakan salah satu daerah yang rawan bencana, karena secara geografis terdiri dari sungai-sungai besar, per­bukitan dan laut. Dari posisi geografis itu, bentuk bencana alam yang selalu mengintai se­per­ti banjir, tanah longsor, gem­pa, tsunami, gelombang pasang dan sebagainya,” ujar Bupati Pessel Nasrul Abid.

Sedangkan Kepala Pelaksana BPBD, Doni Gusrizal meng­ungkapkan, penanganan saat terjadi bencana juga sangat pen­ting dilakukan, seperti halnya mengungsikan korban bencana, me­nyiapkan tempat penam­pung­an sementara (evakuasi) serta melaporkan kejadian bencana demi penyelamatan warga dari bencana.

Untuk melakukan hal ter­sebut perlu adanya informasi awal dari warga tentang kejadian atau bencana, tidak saja bencana besar, tetapi juga bencana ber­skala kecil. Dengan adanya infor­masi tersebut, pemerintah dae­rah melalui dinas terkait dapat menentukan langkah apa yang akan diambil.

Disebutkan, saat ini ada seba­nyak 4.400 anggota KSBN terse­bar di 182 nagari. Sebagian kecil diantara anggota KSBN itu sesuai dengan anggaran yang tersedia sudah dilatih sesuai dengan tugas dan fungsinya di lapangan. “Tu­juan apel siaga, simulasi gempa dan tsunami adalah untuk me­nge­tahui kesiapan anggota KSB serta personil lainnya dalam menghadapi resiko bencana,” tukasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh BPBD Pessel juga dihadiri oleh, Wakil Ketua DPRD, Erman Baktiar, Kepala Pelaksana BPBD, Doni Gusrizal, Kepala Dinas Kesehatan, Syahrizal Antoni, Direktur RSUD dr.M.Zen Painan, Satria Wibawa dan para unda­ngan lainnya.Bekerjasama de­ngan Palang Merah Indonesia  Cabang Pesisir Selatan  dan PIC For Islamic Relief Worldwide Indonesia.

Sementara, di Pasaman Staf ahli bupati, Hendri dalam sam­bu­tannya mengatakan, sosia­lisasi dan pelatihan bencana ini sangat penting dilaksanakan sebagai upaya untuk menambah wawasan, pengetahuan dan me­ningkatkan kemampuan ma­syarakat dalam mengantisipasi setiap musibah bencana.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, wawasan dan ke­te­ram­pilan masyarakat dalam meng­hadapi ancaman bahaya bencana,” kata Hendri.

Sementara itu, Kepala BPBD Pasaman, M. Nasir mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepa­da masyarakat tentang bencana. Sekaligus meningkatkan penge­tahuan tentang upaya pen­ce­gahan dan kesiapsiagaan ter­hadap bahaya bencana dan cara penanggulangannnya secara ce­pat dan tepat.(*)


Berita Pasaman - padangekspres.co.id


Postkan Komentar:

Latest Update