Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Banjir Bandang Pasaman, Hancurkan 9 Jembatan


Senin, 09 Desember 2013

Banjir Bandang Pasaman, Hancurkan 9 Jembatan -
duakotopas.com (Pasaman) – Banjir bandang menimpa Nagari Malampah, Pasaman. Sembilan jembatan roboh, dua warga dan enam unit sepeda motor hanyut, 9 unit rumah/ruko rusak. Gubernur minta warga pada 15 daerah meningkatkan kewasdaaan terhadap bahaya banjir dan longsor.

Dua orang warga kampung Durian Hijau hanyut terseret air saat banjir bandang menghondoh Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman, pada Sabtu (6/12) sore. Sembilan unit jembatan rusak atau roboh, termasuk dua di antaranya putus total.

Kepala BPBD Pasaman M. Nasir kepada Haluan menyebutkan, hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Pasaman sejak Jumat (5/12), menyebabkan banjir bandang di Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari.

Banjir terjadi sekitar pukul 16.15 WIB, akibat meluapnya anak sungai Batang Kilangan dan Sapan yang bermuara ke

Batang Timah. Air sungai yang deras membawa material menyebabkan beberapa titik jalan putus. Genangan air dan lumpur yang terjadi dengan ketinggian lebih dari satu meter.

Peristiwa naas itu menyebabkan dua warga hanyut dan sampai saat ini keberadaannya masih dicari tim evakuasi. “Kita akan terus melakukan pencarian terhadap korban yang dilaporkan hanyut ini melalui tim SAR BPBD bersama masyarakat,” kata kepala BPBD Pasaman M. Nasir, Minggu kemarin

Menurut dia, pencarian juga akan dilakukan dengan bantuan Pusdalops Penanggulangan Bencana Sumbar dan SAR dari beberapa daerah seperti Pasaman Barat, Agam, Padang dan lainnya.

Berdasarkan informasi dari warga setempat, dua warga yang diketahui Ijeh (23) dan Isa (15) yang menjadi korban hanyut itu tatkala mereka berada diatas motor berboncengan yang hendak melalui jembatan batang sapa yang putus tergerus air.

Warga sempat melarang keduanya untuk melewati jembatan tersebut, namun karena terburu akhirnya mereka tetap menyeberangi jembatan walaupun kala itu arus air belum sampai menggenangi badan jembatan.

“Malang menimpa keduanya, saat baru saja melewati hingga sekitar 2 meter tiba-tiba jembatan roboh dan mereka terseret arus deras air,” kata seorang warga yang tidak mau menyebut namanya.

Sementara itu, untuk data sementara banjir bandang tersebut BPBD setempat mencatat sebanyak sembilan unit jembatan rusak, termasuk dua diantaranya putus total.

Tak hanya itu, banjir bandang juga sempat menghanyutkan sebanyak 6 unit sepeda motor milik warga serta 9 unit rumah/ruko milik masyarakat menjadi rusak.

Banjir bandang yang menimpa warga Malampah sore itu sempat terjadi dua kali. Pada kali kedua yang paling besar.

Bahkan di Pasar Malampah sendiri saat kejadian ketinggian air berlumpur itu mencapai 2 meter.

“Kita belum bisa memastikan berapa banyak kerugian akibat musibah ini karena saat ini masih melakukan pendataan,” tambah Nasir.

Mulai November hingga Januari 2014 mendatang, melalui surat edarannya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, Sumatera Barat berada dalam kondisi siaga banjir dan longsor. Untuk itu, diharapkan masyarakat dapat berhati-hati terutama yang berada di bantaran sungai dan di kaki bukit.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat, Yazid Fadhli, mengatakan, seiring dengan edaran gubernur tersebut, ada 15 kabupaten dan kota yang tingkat kerawanannya cukup tinggi.

Sementara empat daerah lainnya, kewaspadaan tetap harus ditingkatkan, namun tidak separah 15 kabupaten dan kota lainnya. Lima daerah yang tingkat kerawananya tidak begitu tinggi adalah Kota Bukittinggi, Kota Solok, Kota Payakumbuh, dan Kota Pariaman.

“Surat edaran gubernur kita keluarkan berdasarkan perkiraan cuaca dari BMKG, yang mengatakan beberapa bulan ke depan, cuaca buruk masih menghantui Sumbar,” kata Yazid.

Dengan sejumlah bencana longsor dan banjir yang terjadi saat ini di Sumbar, seperti di Malampah, Kabupaten Pasaman, Rindu Anai di Kabupaten Tanah Datar, dan di Simaka, maka sejumah personil BPBD pun sudah mengkondusifkan situasi di lapangan. [ton]

Berita Pasaman - inilah.com

Postkan Komentar:

Latest Update