Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Khasiat Dan Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan


Minggu, 22 Desember 2013

Khasiat Dan Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan -
duakotopas.com  – Bagi anda yang suka makan lalapan pasti tidak asing lagi dengan kemangi, ya daun kemangi memang kerap kali digunakan untuk penyedap masakan karena aromanya yang khas. namun apa saja manfaat daun kemangi?, saya akan menjelaskan apa saja manfaat daun kemangi bagi kesehatan serta kandungan yang terdapat didalamnya.


Dau kemangi ini banyak sekali di jumpai di Indonesia, dengan mudah anda dapat membelinya di pasar pasar tradisional. Pembudidayaan tanaman kemangi ini juga tergolong mudah karena tanaman kemangi dapat tumbuh di sembarang tempat dan bisa bertahan dicuaca dingin maupun panas. namun ada perbedaan yang cukup mencolok, kemangi yang ditanam didaerah dingin cenderung daunnya lebih lebar dan lebih hijau sedangkan kemangi yang ditanam didaerah panas akan memiliki daun yang kecil dan berwarna hijau pucat.

Kandungan gizi pada daun kemangi juga cukup banyak. Diantaranya,daun kemangi mengandung betakaroten (provitamin A) dan vitamin C. Betakaroten dalam daun kemangi ini berperan mendukung fungsi penglihatan, meningkatkan respon antibodi, sintesis protein untuk mendukung proses pertumbuhan, dan sebagai antioksidan.

Sedangkan Vitamin C pada daun kemangi berguna untuk pembentukan kolagen untuk penyembuhan luka dan memelihara elastisitas kulit, membantu penyerapan kalsium dan besi, antioksidan, mencegah pembentukan nitrosamin yang bersifat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

Berikut adalah kandungan gizi dari Daun Kemangi.

Kandungan Gizi Per 10gram Daun Kemangi

Zat Gizi     Kadar
Protein     4.0 (g)
Energi     46 (kkal)
Karbohidrat     8.9 (g)
Lemak     0.5 (g)
Fosfor     75 (mg)
Kalsium     45 (mg)
Besi     2 (mg)
Air     85 (g)
Vitamin A     750 (RE)
Vitamin B     0.08 (mg)
Vitamin C     50 (mg)

Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi :

    1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Manfaat daun kemangi dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ini karena daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

    2. Melawan Radikal Bebas

    Manfaat daun kemangi sangat baik untuk melawan radikal bebas, ini karena daun kemangi memiliki antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Antioksidan yang berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri,virus dan jamur.

    3. Meredakan Perut Kembung

    Caranya, rebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung.

    4. Mencegah Kemandulan
    khasiat daun kemangi dapat membantu untuk mencegah kem4ndulan. Ini karena daun kemangi mengandung zat arginin yang dapat memprkuat daya hidup sperm4 sehingga dapat mencegah kem4ndulan. Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas 3reks! dan mencegah ej4kul4si dini.

    5. Melancarkan Aliran Darah

    Khasiat daun kemangi dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh kita. Ini dilihat dari daun kemangi yang memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.

    6. Mengatasi Panu
    Caranya cukup mudah. Ambil segenggam daun kemangi dan cuci bersih, setelah itu haluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.

    7. Menghilangkan Rasa Mual dan Flu
    Caranya cukup mudah, pertama keringkan daun kemangi dan kemudian seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalah sehari dan badan Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.

    8. Mengobati Sariawan
    Caranya cukup ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua hingga tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan langsung minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari.

    9. Menghilangkan Bau Mulut
    Caranya, ambil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan kemudian seduh dengan air yang panas. Air seduhan tersebut bisa Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas.

    10. Membantu Pertumbuhan Tulang
    Khasiat daun kemangai dapat membantu pertumbuhan tulang kita. Ini karena daun kemangi memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi memberikan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang funsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.

Demikianlah manfaat daun kemangi serta khasiatnya bagi kesehatan, bagi anda yang mengalami masalah kesehatan seperti diata bisa memanfaatkan daun kemangi untuk mengobatinya. semoga bermanfaat, Salam.

Tips Kesehatan

Postkan Komentar:

Latest Update