Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Ronggeang (Ronggeng) Opas-opas Belanda Dari Jawa Ke Aie Dingin


Sabtu, 14 Desember 2013

Ronggeang (Ronggeng) Opas-opas Belanda Dari Jawa Ke Aie Dingin -
duakotopas.com  – Kesenian tradisi Ronggeang merupakan kesenian musik tradisi yang berasal dari kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat. Menurut wawancara dengan pelaku sejarahnya, Seni musik Ronggeang berawal sekitar tahun 1942, ketika masih dalam penjajahan Belanda, opas-opas Belanda yang berasal dari Jawa dikirim ke “Aia Dingin” (Kawasan Ophir perkebunan kelapa sawit yang ada di Kabupaten Pasaman Barat).

Opas-opas tersebut ditugaskan untuk mejaga perkebunan. Dikarenakan di perkebunan sangat sepi dan tidak ada hiburan, maka mereka menghibur diri dengan memukul-mukul kaleng (belek) sambil bernyanyi, terkadang melibatkan masyarakat pribumi.

Lama kelamaan, tradisi menghibur diri tersebut menyebar dan dengan perkembangannya musik Ronggeang Pasaman, menggunakan Biola, Gendang Dua, botol, dan tamburin.

Perihal nama kesenian ini sendiri memang diadopsi dari kesenian Ronggeng Jawa Barat, hal ini karena kesenian ini dilakukan oleh Opas-opas Belanda yang berasal dari tanah Jawa.

Sejalan dengan perkembangannya, kesenian ronggeang menjadi hiburan rakyat dan digemari oleh masyarakat Pasaman ( saat itu belum ada pemekaran Pasaman menjadi Pasaman Barat).

Didalam pelaksaan kesenian ini juga memiliki keunikan, salah satu keunikannya adalah salah seorang penyanyi maupun penarinya adalah laki-laki yang berpakaian perempuan.

 Hal ini bukannya tidak beralasan, menurut mereka, kesenian ini tidak boleh dilakukan oleh perempuan, apalagi dalam hal menari, sebab tarian ronggeang terkadang dilakukan berpasangan dan menurut adat hal tersebut tidak diperbolehkan.

Musik ini sendiri sering digunakan untuk mengisi acara perhelatan, permainan rakyat seperti debus dan permainan-permainan rakyat yang menggunakan tenaga mistis. Lagu-lagu yang dinyanyikan pada musik ronggeang diadopsi dari lagu-lagu minaang, melayu.

Namun uniknya, didalam irama ronggeang, meskipun menyanyikan lagu-lagu minang dan melayu, irama-irama penghujung di musik ronggeng mencoba meniru cengkok lagu jawa (campur sari) namun tidak seluruhnya ditiru, sehingga musik ronggeang ini memiliki warnanya sendiri.

Judul Lagu Ronggeang Versi Grup Ranah Saiyo
  Judul lagu versi Grup Ranah saiyo saya munculkan karena Grup Ranah saiyo memiliki jumlah lagu terbanyak dibandingkan grup-grup ronggeang yang ada di pasaman barat maupun pasaman timur. Lagu-lagu tersebut adalah : – Anak Dagang – Pulau Pisang – Tali Tigo – Durian Tinggi – Mainang Siboga – Gelora – Parinyo Padang – Karisiak Pasaman – Karisiak Simpang – Sialang mati – Parinyo Nata – Tari Payuang – Pancak Pasaman – Batang Kundur – Tanah Longsor – Itam Manis – Carai Kasiah – Durian Kadam – Tari Piriang – Rosmali – Sopia Mangali – Mandi Babaju – Jalak Lenteang – Sikambang – Dendang Ilia Aia – Mainan Pulau kampai – Salendang Mayang – Tanang Mudiak – cap kopon – Aia bangih – Angin malam – Bukik Tarapuang – Talalai – Tanjuang barujan. 
 
Disini yang bisa tercatat hanya 34 judul lagu, menurut pengakuan narasumber sebernarnya ada 46 lagu, tapi beliau lupa. Hal ini disebabkan belum adanya pencatatan secara tertulis lirik-lirik lagunya maupun judulnya, lagu-lagu hanya muncul disaat latihan maupun acara-acara, itupun hanya muncul dan berkembang secara lisan. Kedepannya mungkin akan dilakukan pencatatan agar bisa terus dijaga dan dilestarikan.
 
Ronggeang munculah kelompok-kelompok atau grup-grup yang terus melestarikan kesenian tradisi ini. Saat ini Ronggeang juga dinyannyikan dengan bahasa mandailing, salah satu etnis mayoritas juga di kabupaten Pasaman Barat. 
 
Namun menurut pengamatan saya ada satu grup yang sudah memilki jumlah lagu ronggeang terbanyak yang ada di kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman Timur. Grup ronggeng tersebut adalah Grup Ronggeng Ranah Saiyo, merupakan salah satu Grup Ronggeang yang sudah 13 ( tiga belas ) tahun bertahan menjaga eksistensi mereka. 
 
Kebanyakan dari grup-grup ronggeang yang dibentuk oleh masyarakat tidak bertahan lama atau tidak bertahan lama sesuai dengan formasi umum anggota ronggeang sebanyak 10 (sepuluh) orang. Begitu juga dengan aturan tidak menggunakan personil perempuan, rata-rata ronggeang saat ini tidak lagi menggunakan laki-laki yang berpakaian perempuan. 
 
Akan tetapi sudah melibatkan perempuan sebagai penyanyi maupun penarinya. Saat ini yang masih menggunakan tradisi laki-laki berpakaian perempuan salah satunya grup Ranah saiyo.
Contoh musik dan lagu ronggeang.

Kesenian Ronggeng Pasaman dan Pasaman barat - Sumber : kebudayaan.kemdikbud.go.id

Postkan Komentar:

Latest Update