Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Tugu Tigo Tungku Sajarangan Bundaran Simpang Ampek Pasbar Berdiri Kokoh dan Memukau


Senin, 02 Desember 2013

Tugu Tigo Tungku Sajarangan Bundaran Simpang Ampek Pasbar Berdiri Kokoh dan Memukau -
duakotopas.com (Simpang Ampek) – Kontingen Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Sumbar di Pasaman Barat (Pasbar) dari kabupaten/kota se-Sumbar diperkirakan sudah hadir di Pasbar Rabu Tanggal 27 Nopember 2013. Bupati Pasbar H. Baharuddin, R, berharap agar masyarakatnya dapat menjadi penerima tamu yang baik dan terhormat.

Pasbar akan baralek gadang selama satu minggu, diperkirakan  ribuan tamu akan bersama masyarakatnya setiap harinya selama perhelatan religi itu. Ia sangat berharap seluruh tamu yang hadir di Pasbar tidak ada yang kecewa  dari segi apapun. Baik yang berkaitan dengan kebutuhan  peserta MTQ maupun terkait dengan kebutuhan pimpinan robongan.

Dikatakan. Para tamu dan masyarakat Pasbar harus dapat menikmati  seluruh rangkaian acara religi yang akan dilakukan di Pasbar. Baik yang bersifat hiburan, maupun  ketika para peserta menyuguhkan kebolehannya  saat pertandingan dilakukan.

Sementara itu di lapangan. Menjelang pembukaan MTQ tingkat Provinsi di Kabupaten Pasbar pada Jumat 29 November 2013 mendatang, pembangunan Tugu,  yang mengandung  potret Tigo  Tungku Sajarangan, pengganti tugu sebelumnya, yakni tugu buah sawit di Bundaran Simpag Ampek, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Pasbar, terlihat sudah berdiri kokoh dan megah.

Proyek pembanguan tugu tigo tungku sajarangan  dananya  berasal dari kerjasama  Bank Nagari Simpang Ampek dan Pemkab setempat.  Sedangkan yang mengerjakannya  CV. Adesha Pratama.

Lerjasama yang apik antara pihak bank, pemerintah dan rekanan menghasilakan perobahan tugu bundaran  Simpang Ampek. Hasilnya memang sangat cemeralang dan membuat bundaran setempat lebih terlihat maju dan berkembang.

Pekerjaan  CV. Adesha Pratama itu diakui  sangat  cepat dan mengutamakan kualitas serta kuantitas. Buktinya, pembangunan tugu itu ternyata diyakini siap saat MTQ tingkat Sumbar di Pasbar di lakukan.

Kini, kontribusi Bank Nagari, Pemkab Pasbar serta bekas tangan dingin rekanan CV. Adesha Pratama itu, telah berhasil merampas jutaan pasang mata seluruh pengguna jalan yang melintas di Jalan Nasional Ujunggadiang-Padang itu. Warga seakan tidak tahu bahwa bangunan tugu itu masih akan terus dilanjutkan.

Atribut yang dipasang pada tugu itu kabarnya juga,  menggambarkan berbagai potensi dan wajah asli Pasbar, dan yang tidak kalah pentingnya mengambarkan alam minang kabau serta Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah yang kental di jalankan kabupaten setempat.

Seperti yang disampaikna, Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Pertamanan (KBLHP) di pemerintahan Pasbar, Zuwendra. Perobahan pembangunan tugu di Bundaran Simpang Ampek itu, jelas tidak mengenyampingkan berbagai aikon kebanggaan Pasbar. Salah satunya kebun sawit, seperti  patung Tandan Buah Sawit (TBS) yang ada di bundaran itu sebelumnya .

Pembangunan Tugu Bundaran Simpang Ampek, yang menggambarkan Tigo Tungku Sajarangan jeas akan selesai sepenuhnya jelang pembukaan MTQ tingkat Sumbar nanti. Pada Tugu itu juga akan terlihat berbagai potensi pertanian  dan perkebunan Pasbar. Yang tidak kalah pentingnya di puncak tugu terdapat patung seorang lelaki dan perempuan berpakaian adat, persis pakaian  Bundo Kanduang dan Ninik Mamak, ujarnya.

Disampaikan, tambahan atribut pada Tugu Tigo Tungku Sajarangan itu diantaranya. Tiga Tiang Utama yang menandakan Tigo Tungku Sajaranngan, Tigo Tali Sapilih, dan ada juga patung ninik mamak dan bundo kanduang.

Potret Tugu Tigo Tungku Sajarangan itu  juga akan menggambarkan, pembangunan  Pasbar secara menyeluruh bikan hanya  menghandalkan pemerintah. Baik untuk pembangunan fisik, adat, agama, pendidikan dan sosial.

Peran ninik mamak, bundo kanduang, alim ulama, cadiak pandai serta perangkat adat lainnya, juga sangat dihargai dan diutamakan agar dapat bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Semua dipastikan  dapat menjadi penggerak dalam mencapai kemaslahatan ummat  dunia dan akhirat.

Selain itu, pada tugu tersebut juga bakal di pasang berbagai patung hasil tani dan perairan handalan di Pasbar. Diantaranya buah sawit, Kakao dan lainnya. Insyaalah, pada tugu baru di bundaran Ibukota Pasbar itu, akan memperlihatkan pada semua mata yang memandang, atas potensi alam, kehiduoan tatanan adat dan kentalnya adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah.

Sementara itu, salah seorang pengendara, Hendra Situmeang yang mengaku warga asal Sumatera Utara, saat melintasi bundaran mengatakan. Ia mengaku terkesima melihat kemeriahan Pasbar sekarang.

Iya saya tahu, kemeriahan ini untuk persiapan acara MTQ kan, luar biasa, kemeriahan terlihat di berbagai tempat di Pasbar, mulai dari ujung ke ujung perbatasan Pasbar. Kemeriahan yang memanjakan mata, kemeriahan itu terlihat semakin sempurna ketika sampai di bundaran ini, ujarnya. (humas/ams)


Berita Pasbar - pasamanbaratkab.go.id

Postkan Komentar:

Latest Update