Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Candi Koto Rao - Pasaman, Sumatera Barat


Sabtu, 04 Januari 2014

Candi Koto Rao - Pasaman, Sumatera Barat  -
duakotopas.com (Pasaman) –  Reruntuhan candi Koto Rao  dapat di ungkap berdasarkan analisa terhadap berita  Prasasti Kubu Sutan.

Dua kalimat terakhir menyebutkan “Pamuja di Pitamahadara di Sri Indrakila Purwata Puri” terjemahan  Boelhari, Indrakila diterjemahkan “Gunung Indrakila.” Dari terjemahan ini penulis memprediksi bahwa “Puri Sri Indrakila Purwata” terletak di atas bukit sekitar Rao. Pada kalimat ketiga “ Sobhita”  diterjemahkan “ indah berkilau-kilauan.” (1)  Karena lembah Rao terdiri dari rawa-rawa yang di kelilingi oleh bukit, tentulah akan indah berkilau-kilauan kalau memandang dari Puri yang terletak di atas bukit.

Dari analisa ini, muncul pertanyaan, dimanakah pemukiman kuno di atas bukit?
Sementara itu dewasa ini tidak ada pemukiman yang ada di atas bukit untuk mencari tau hal tersebut, dilakukanlah wawancara dengan pengulu-pengulu yang di anggab mengetahui. Dari wawancara ini dapat di ketahui bahwa bekas pemukiman diatas bukit itu terdiri dari:

    1.    Koto Bonio Tinggi di Sundata Lubuk Sikaping
    2.    Koto Lambak Tinggi di Lundar Panti
    3.    Koto Gobang di dekat Kuamang Panti
    4.    Koto Tinggi di Sontang
    5.    Koto Sikoduduk di dekat Padang Gelugur
    6.    Koto Tuo di Beringin
1. Prof. Boelhari.Terjemahan Prasasti Koto Rao. Arsip M.Arifin Adat. 19976
 
   7.   Koto Tambun Batu di Beringin
   8.   Koto Sicancang di Beringin
   9.   Koto Rao di Tanjuang Air Lubuk Layang
 10.  Koto Godang Parik Batu di Tampang Tarung-Tarung
 11.  Koto Losung Batu di Lubuk Layang
 12.  Koto Mogugah di Koto Rajo

Negeri-negeri ini ada mempunyai benda benda peninggalan sejarah, tetapi  negeri manakah yang mendukung analisa di atas ?

Pitamahadara yang di terjemahkan “Nenek Moyang” maka penulis memprediksi bahwa tempat yang mula-mula di diami berada di muara sungai. Hal ini sesuai dengan teori penyebaran penduduk (Migrasi) dari Asia. Muara Batang Sumpu dan muara Batang Asik, sangat mendukung akan hal ini, dan Koto Rao lah yang terletak disini. Maka kemungkinan sementara bahwa Koto Rao lah yang bernama Sri Indrakila Purwata Puri.

Penelusuran terfokus ke Koto Rao, di adakan lah observasi beberapa kali .Atas bantuan dan informasi dari masyarakat dan di bantu oleh Edi. Rajo Bujang, Sayuti, Deci, maka pada tanggal 12 April 2007 di temukanlah reruntuhan Candi Koto Rao.Temuan ini dilaporkan ke Dinas Pariwisata Seni dan Budaya, dan BP3 Batu Sangkar. Dalam surat laporan itu menyebutkan bahwa yang di temukan itu di duga adalah bekas tempat pemujaan yang di beritakan dalam Prasasti Kubu Sutan yang bernama “Puri Sri Indrakilaparwata” (1)

Pada tanggal 28 Agustus 2007, Tim BP3 Batu Sangkar dan Dispersinibud Pasaman mengadakan survei ke lokasi. Pada tanggal 19-23 Juli 2008, Tim BP3 Batu Sangkar mengadakan kegiatan eksavasi ke Koto Rao, dari kegiatan ini di temukanlah bekas bangunan kuno yang terbuat dari struktur batu bata. Menurut Sri Sugiharta :

1.Amran Dt.Jorajo, S.Pd, laporan Penemuan bekas reruntuhan candi Koto Rao ke BP3 Batu Sangkar ,12 april 2007
“Eksavasi (penggalian arkeologi) yang dilakukan baru-baru ini telah  menemukan tambahan data tentang tinggalan Hindu-Budha di daerah Pasaman tepatnya di bukit Koto Rao Kecaman Rao Selatan” (1)
                                          
Dari kegiatan eksavasi yang berlangsung pada tanggal 19-23 Juli 2008, oleh TimBP3 Batu Sangkar, dalam laporan hasil eksavasi tesebut menyampaikan   sebagai berikut :
                            
“Satu hal yang menarik untuk dihubungkan lebih lanjut dengan di temukannya candi di Bukit Koto Rao, yaitu aktivitas pemujaan yang dilakukan oleh Raja Bijayendrasekhara di Sri Indrakila Parwatapuribhaya. Sebagaman yang telah di sebutkan, Sri Indrakila Parwatapuribhaya dapat di artikan sebagai istana di gunung, sehingga dapat diperkirakan bahwa tempat pemujaan tersebut berada di atas gunung atau bukit... di bukit Koto Rao inilah yang di maksud sebagai Sri Indrakila Parwatapuribhaya dalam Prasasti Kubu Sutan” (2)
                                   
Kesimpulan yang di sampaikan dalam laporan hasil eksavasi ini, senada dengan dugaan sewaktu ditemukannya candi Koto Rao, bahwa reruntuhan Candi Koto Rao di duga Sri Indrakila Parwatapuri.(3)
Sejarah

Postkan Komentar:

Latest Update