Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

[FOTO] 10 Lubang Paling Menakjubkan di Dunia


Minggu, 05 Januari 2014

[FOTO] 10 Lubang Paling Menakjubkan di Dunia -
duakotopas.com – Jika di angkasa luas ada yang namanya lubang hitam atau Black Holes, maka dibumi ada yang namanya Sinkholes. Sebuah lubang akibat runtuhan yang membentuk palung mengagumkan layaknya gunung yang menjulang tinggi kepermukaan, lubang ini menjorok kedalam hingga ratusan meter. Sangat mengagumkan namun tampak mistetrius dan menyeramkan.

Dari pegunungan China hingga perairan hangat di Karibia, Sinkholes (Lubang Reruntuhan) tampak di permukaan planet kita. Fenomena ini hampir membuat tampilan bumi seolah-olah dimangsa dari dalam.

Lubang Reruntuhan (Sinkholes) menyerupai gua vertikal dan merupakan rumah bagi sejumlah besar penemuan yang menarik, termasuk pulau-pulau yang unik mengambang, stalaktit yang aneh, tanaman langka dan hewan langka.


Tampak misterius serta mengagumkan, kejadian alam yang menarik para ilmuwan, wisatawan, jumper BASE dan penyelam dari seluruh dunia.

Berikut adalah 10 dari lubang-lubang runtuhan (Sinkholes) yang paling menakjubkan di dunia:


#1. Sinkhole Guatemala City

Tidak semua lubang-lubang reruntuhan terbentuk ribuan tahun lalu. Namun juga terdapat lubang terbentuk tepat di tengah-tengah kota, menelan rumah-rumah, orang-orang dan bangunan. Pada tahun 2010, sinkhole terbentuk akibat runtuhan di Guatemala City, Guatemala, meruntuhkan dan menelan sebuah bangunan tiga lantai menerjang hampir 100 meter di bawah tanah. Untungnya, tidak ada seorang pun di dalam bangunan ketika menghilang

Sebuah sinkhole yang serupa muncul di kota yang sama pada tahun 2007, yang mengakibatkan kematian tiga orang. Pemerintah Guatemala menghabiskan $ 1.500.000 untuk menutup lubang tersebut tahun 2007 , tapi daerah tersebut dianggap tidak layak untuk ditempati.

Meskipun penyebab pasti dari sinkhole 2010 tidak diketahui, mungkin bahwa rongga bawah tanah sudah ada selama bertahun-tahun. Atap rongga telah dilemahkan oleh air karena pipa meledak, drainase yang buruk atau badai tropis - sampai akhirnya runtuh, membuka lubang 60 kaki atau (18 meter) lebarnya di kota Guatemala.
  
#2. Great Blue Hole – Lighthouse Reef, Belize


Sebuah Lubang sangat besar dan menakjubkan yang disebut Blue Hole terletak 43 mil di lepas pantai Belize, dekat dengan titik tengah karang atol Lighthouse. Sinkhole bawah air ini hampir sempurna melingkar sedalam 407 kaki (124 meter) dan lebih dari 984 kaki (300 meter) lebarnya. 

Hal ini adalah keajaiban geografis yang menakjubkan dengan air seperti mata hitam. The Great Blue Hole sebenarnya terbentuk di atas permukaan laut di zaman es terakhir. Sebagai kesaksian asal-usulnya, besar stalaktit semi keluar dari gua batu kapur, dan bersama-sama dengan stalagmit dan kolom yang tidak biasa, membuat lubang tampak indah.

Sinkhole ini merupakan tujuan populer para penyelam, namun karena dinding belakang miring, penyelam harus berpengalaman dan memiliki kontrol buoyancy yang sangat baik untuk menyelam hingga kedalamannya. Dan kedalaman lubang juga membuat dekompresi penting. Mungkin mengejutkan, dalam Great Blue Hole tidak banyak ada kehidupan laut, meskipun hiu kadang-kadang terlihat.


#3. Cave of Swallows – San Luis Potosí, Mexico

 

Terletak di Meksiko, Gua Swallows, di negara bagian San Luis Potosi, merupakan sinkhole batu kapur dan cukup istimewa pada saat itu. Sinkhole merosot hingga kedalaman 1.214 kaki (370 meter) dari tertinggi ke titik terendah.

Swifts putih berkerah, parkit, dan conures (spesies burung beo hijau) bersarang di gua dan terbang keluar setiap pagi, dengan burung-burung kembali di malam hari. Mengamati burung mengitari pintu masuk gua dan freefalling ke sarang mereka jauh di bawah gua adalah daya tarik utama bagi wisatawan.  

Jumper BASE juga tertarik pada gua vertikal yang besar, para pemberani ini menikmati melompat dari tepi sebelum meluncur ke dalam gua gelap dan luas tersebut.

#4.  Zacatón – Tamaulipas, Mexico

 

Zacatón terletak di negara bagian Meksiko, Tamaulipas, diidentifikasi sinkhole berisi air di dunia ini memiliki kedalaman hingga ke 1.112 kaki (339 meter). Menurut Dr Marcus Gary, sebuah hidrogeologi yang telah mempelajari lubang runtuhan, poros besar diciptakan oleh aktivitas gunung berapi jauh di bawah permukaan, yang kemudian diasamkan air pada gilirannya secara bertahap melarutkan batu di atas. Keruntuhan progresif kemudian memunculkan sebuah gua yang lebih dalam.

Sebuah fitur yang sangat tidak biasa, Zacatón memiliki pulau-pulau kecil mengambang bebas di permukaan air. Hal ini diciptakan oleh endapan kalsium karbonat dan ditutupi dengan rumput tebal yang dikenal sebagai "Zacate" di Meksiko.  


Pulau-pulau yang juga bergeser di sekitar danau oleh angin. Mikroorganisme menarik telah ditemukan pada dinding lubang runtuhan, dan analisis menegaskan bahwa ada spesies yang sebelumnya tidak dikenal ilmu pengetahuan.

#5. Xiaozhai Tiankeng – Chongqing, China

 

Xiaozhai Tiankeng, juga disebut sebagai "Pit Surgawi," adalah sinkhole ganda bersarang di distrik Cina Chongqing. Ini adalah rongga luar biasa dalam kerak bumi sebagai sinkhole terbesar di dunia. Kedalaman lubang Xiaozhai Tiankeng adalah 2.172 kaki (662 meter), dan lebar 1.762 kaki (537 meter).

Seperti beberapa lubang lainnya, Xiaozhai Tiankeng terbentuk setelah sebuah sungai bawah tanah terkikis sebuah gua raksasa dari batu kapur di wilayah itu. Ketika atap gua besar ini runtuh, lubang runtuhan lahir.


Xiaozhai Tiankeng memiliki daya tarik pariwisata signifikan di Cina, dan kadang-kadang menarik jumper serta orang-orang berharap untuk melihat sekilas dari fauna langka dan tumbuhan. Macan tutul eksotis indah dan 1.285 jenis tumbuhan telah ditemukan di Xiaozhai Tiankeng.

#6. Bimmah Sinkhole – Muscat, Oman

 

Lubang Bimmah terletak di Hawiyat Najm ("Meteor Jatuh") Taman di wilayah Muscat di Oman utara. Tampak kecantikan air berwarna mengisi 65 kaki (20 meter) kedalaman lubang, 131-kaki (40 meter) lebarnya, dan sebuah terowongan bawah air sebagai jalan lubang ke laut - yang mungkin menjadi alasan air ini memukau seperti warna biru.  

Bimmah Sinkhole telah menjadi tujuan wisata yang populer: beberapa pengunjung menikmati berenang di air menonton ratusan tarian ikan mengenai jari-jari kaki mereka, sementara yang lain melompat dari tepi dan tanah di kolam renang. Meskipun lubang runtuhan dibentuk oleh proses alami erosi batu kapur dan penurunan, legenda lokal mengklaim bahwa tersebut diciptakan oleh sebuah meteor jatuh.

#7. Sima de las Cotorras – Chiapas, Mexico


Terletak di Chiapas, Meksiko, Sima de las Cotorras - yang berarti "Sinkhole dari Parrots" memiliki lebar 520-kaki (160 meter) dan kedalaman 460-kaki (140 meter). Lubang ini terkenal dengan parkit hijau yang berlindung di pohon-pohon di dasarnya. Burung dan binatang kecil lainnya termasuk Kolibri, kepodang, pelatuk, coyote, trenggiling dan Iguana juga tinggal di hutan terpencil di bagian bawah.

Seperti banyak lubang-lubang serupa lainnya, Sima de las Cotorras kemungkinan besar terbentuk dari batu gamping dilarutkan bertahap oleh sungai bawah tanah, seperti disekitar Río La Venta. Fitur lain yang unik dari sinkhole ini adalah bahwa 230 kaki (70 meter) turun dari tepi ada 46 lukisan batu, yang dipercaya dilukis oleh nenek moyang orang pribumi Zoque 10.000 tahun yang lalu.


#8. Dean’s Blue Hole – Long Island, Bahamas


Dean Blue Hole terletak di Long Island di Bahama, di perairan cantik Turtle Cove. Menariknya, lubang yang terdalam dikenal air asin lubang dunia. Fenomena seperti itu sering disebut sebagai "lubang biru," karena mereka dipenuhi dengan atau di bawah air, dan lubang biru ini terbentuk sedalam 663 kaki (202 meter). Di dan diameter hingga 115 kaki (35 meter), namun lebar ini meningkat secara dramatis dibagian lebih bawah.

Sinkhole ini menjadi surga bagi penyelam handal, dengan satu pengunjung mengatakan bahwa pengalaman terasa seperti "berenang dan mengambang di luar angkasa." Birunya lubang yang umum di Bahama dan merupakan subyek legenda lokal. Bahkan, menurut CBS News, beberapa pulau percaya bahwa Dean Blue Hole diciptakan oleh setan. Sebuah ketakutan rakyat bahwa jika berenang di atau bahkan mengambang di atasnya, akan tersedot ke bawah, tidak pernah terlihat lagi.

#9. Sima Humboldt – Bolivar, Venezuela

 

Dinding vertikal menganga dari Lubang Sima Humboldt membelah karpet tebal hutan meliputi Cerro Sarisarinama, gunung beratap datar di Bolívar, Venezuela. Sinkhole ini memiliki ketinggian 1.030 kaki (314 meter), dan lebarnya bervariasi dari 1.155 kaki (352 meter) di RIM hingga 1.647 kaki (502 meter) lebar di bagian dasar.

Apa yang membuat Sima Humboldt sangat luar biasa adalah bahwa lubang dibentuk pada kuarsit batu pasir, yang secara alami sangat tahan terhadap erosi. Anehnya, tidak ada sungai di dasar yang bisa mendukung terbentuknya sinkhole ini, sehingga kemungkinan bahwa itu diukir dari batuan dengan sangat lambat melalui proses erosi kimia dan kemudian runtuh.  


Berkat Lubang Sima Humboldt, hutan dan hewan di bawah telah diisolasi dari puncak dataran tinggi selama bertahun-tahun, menciptakan ekosistem benar-benar unik.

#10. Minyé Sinkhole – New Britain, Papua New Guinea

 

Terletak di pulau New Britain di Papua Nugini, sinkhole Minye turun hingga kedalaman menakjubkan 1.673 kaki (510 meter). New Britain ditandai dengan gunung berapi, pegunungan kapur, sungai deras bawah tanah dan hutan hujan tropis. Namun medan yang hidup di pulau itu tiba-tiba menghilang, yang pada titik terdalam bisa menampung satu setengah Menara Eiffel dengan ruangan cadangan.

Lubang Minye ambles hingga 1.148 kaki (350 meter) lebarnya, yang berarti empat Boeing 747 jumbo jet dari ujung ke ujung akan mudah masuk di atasnya, dengan hampir cukup ruang untuk jet kelima. Sebuah sistem sungai ganas mengalir sepanjang bagian bawah melalui sistem gua yang luas yang termasuk satu dari gua-gua yang paling raksasa di dunia.  


Diperkirakan bahwa lubang Minye terbentuk karena efek dari sungai bawah tanah dan curah hujan yang tinggi, yang akhirnya mengenakan batu kapur dan menyebabkan runtuhnya lapisan permukaan.

Sungguh luar biasa dan mengagumkan penciptaan lubang lubang besar dan dalam tersebut membuat bumi makin indah dengan segala keajaibannya.
Unik Menarik - gomuda.com

Postkan Komentar:

Latest Update