Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Pasaman Barat, Solsel, dan Dharmasraya Genap 10 Tahun Jadi Kabupaten Sumbar


Selasa, 07 Januari 2014

Pasaman Barat, Solsel, dan Dharmasraya Genap 10 Tahun Jadi Kabupaten Sumbar -
duakotopas.com (Sumbar) –  Tanpa terasa, sepuluh tahun sudah keberadaan tiga daerah otonomi baru hasil pemekaran berdiri. Ketiganya adalah Dharmasraya, Solok Selatan dan Pasaman Barat.

Tidak bisa dipungkiri, memasuki usia ke-10 ini ketiga kabupaten tersebut mengalami kemajuan pesat. Pembangunan fisik terlihat begitu nyata.

Peringatan HUT ke-10 ketiga kabupaten tersebut yang jatuh Selasa (7/1) ini dilakukan dengan rapat paripurna istimewa. Tentunya sebelum dan sesudahnya juga dilakukan serangkaian kegiatan.

Di Solok Selatan, Selasa (7/1) ini, puncak peringatan hari jadi kabupaten berjuluk ‘Sarantau Sasurambi’ ini, akan dihadiri langsung Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno. Sidang yang akan dipimpin Ketua DPRD H. Khairunas itu juga dihadiri Bupati H. Muzni Zakaria, Wabup H. Abdul Rahman serta seluruh tokoh pemekaran, tokoh perantau dan undangan lainnya.

Hari ini, tentu saja banyak hal yang perlu menjadi renungan masyarakat dan Pemkab Solsel di bumi yang kaya dengan potensi emas dan perkebunan ini. Bila melongok ke belakang, betapa gigih dan bersemangatnya para pencetus, para pejuang dan pengurus pemekaran ini. Mereka melakukan dialog politik, demo damai dan berbagai usaha lainnya.

Tujuan mereka satu, ingin daerah mereka otonom dan sepakat untuk membangun daerah mereka sendiri guna menggapai harapan kesejahteraan masyarakat yang adil dan merata. Semangat itu bak gayung bersambut, pemerintah melalui UU Nomor 38 tahun 2003 menetapkan Solok Selatan, Dharmasraya, Pasaman Barat sebagai kabupaten baru. Solok Selatan ditetapkan hari jadinya tanggal 7 Januari 2004, bersamaan dengan dilantiknya Pjs. Bupati Solok Selatan pertama Aliman Salim (Alm).

Sepuluh tahun bukan waktu yang singkat untuk usaha-usaha pembangunan yang dilakukan oleh dua pasang pemimpin hasil Pilkada dua kali di daerah ini. Derap langkah pembangunan dengan berbagai pernak pernik rintangan telah dilakukan oleh pemimpin kabupaten pertama definitif Solsel H.

Syafrizal dan H. Nurfimanwansyah. Sekarang Bupati H. Muzni Zakaria, dengan Wakilnya H. Abdul Rahman, lebih gigih lagi memperjuangkan berbagai kepentingan untuk masyarakat.

Diakui, kehebatan H. Muzni Zakaria dan H. Abdul Rahman tidak akan dapat menuntaskan berbagai persoalan kebutuhan daerah ini dalam bingkai pemerintahan daerah. Artinya peran serta Muspida, DPRD, masyarakat dan berbagai lembaga lainnya sangatlah diharapkan keterlibatannya secara aktif guna menunjang harapan perbaikan itu.

Makanya, Bupati Muzni Zakaria maupun Wabup Abdul Rahman, sering meminta seluruh komponen masyarakat agar selalu mengedepankan semangat membangun bersama dan menyingkirkan sakwasangka.

Agenda gubernur
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno selain menghadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD HUT Solsel, juga akan melakukan serangkaian kegiatan, di antaranya meresmikan jembatan di Kecamatan SBH, meresmikan gedung baru Bank Nagari di Padang Aro, meninjau Pondok Pesantren Andalusia di Batu Bajarang dan paginya sebelum sampai di di Padang Aro, Irwan Prayitno mampir dulu di SMA Negeri 5 Solok Selatan di Kecamatan KPGD.

Kabag Humas Solok Selatan Zamzami kepada Singgalang menjelaskan, kemeriahan ulang tahun Solok Selatan kali ini juga akan menghadirkan ustad Maulana dan artis Buset. Ustad Maulana akan bertemu dengan umat Islam di Solok Selatan pada Minggu (12/1) di lapangan sepak bola Rimbo Tangah, Nagari Lubuak Gadang, Kecamatan Sangir.

Dia menyebutkan, selain ustad Maulana juga akan dilakukan serangkaian kegiatan seperti festifal band, pameran foto dengan tema keindahan alam Solok Selatan, bazar dan lainnya. Pada malam resepsi akan dilajut dengan terabas, 19 Januari yang rencananya juga akan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Dharmasraya punya pasar lelang karet Memasuki usia ke-10, Bupati Dharmasraya Adi Gunawan meresmikan Pasar Lelang Karet di Nagari Kurnia Selatan, Kecamatan Sungai Rumbai, Senin (6/1).

Dengan momentum itu, diharapkan harga karet masyarakat bisa terjamin. Bila perlu, jangan sampai lebih murah, dibandingkan dengan harga di pasar lelang.

“Dengan keberadaan pasar lelang karet bisa membawa banyak manfaat dan pembaharuan untuk daerah di masa mendatang,” tegas Bupati Adi Gunawan menjawab Singgalang.

Menurut bupati, mestinya karet lebih tinggi di pasar lelang jika dibandingkan dengan di luar pasar lelang. Ini lantaran di pasar lelang bertemu langsung antara penjual dengan pembeli, sekaligus terjadi transaksi tawar-menawar secara transparan dan konpetitif di antara pedagang. Sehingga, siapa yang lebih tinggi tawarannya maka dialah yang menjadi pembeli karet masyarakat tersebut.

“Jadi, momentum HUT, hendaknya keberadaan pasar lelang dapat meningkatkan pendapatan bagi petani karet, yang pada gilirannya meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat. Apalagi, komoditi karet merupakan primadona,” kata Adi Gunawan.

Untuk itu, pintanya, pengelola pasar lelang agar selalu dapat memelihara, terutama sekali meningkatkan bangunan di areal pasar lelang tersebut.

Selain itu, panitia lelang juga bisa melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan jangan membebani masyarakat dengan melakukan pungutan lain selain pungutan resmi yang sesuai dengan aturan yang ada.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Dharmasraya, A. Gani, mengemukakan, areal pasar lelang karet dengan luas setengah hektare telah dibangun secara bertahap sejak 2010. 

Pembangunan itu menelan biaya hingga sekarang menjadi Rp500 juta. Pembangunan meliputi pagar, kantor, lantai, drainase, yang masih membutuhkan sekitar 4 buah lampu mercuri guna membuat areal pasar lelang terang-benderang di malam hari. “Sebab, transaksi jual beli karet akan sampai pada malam hari,” paparnya.

Di samping itu, Walinagari Kurnia Selatan, Maryono mengungkapkan, selama ini dari 25 kelompok tani karet yang ada di nagari, dapat menghasilkan 375 ton karet setiap 10 harinya.

Panen itu dijual langsung kepada pedagang yang datang membeli, harganya lebih banyak ditentukan pedagang, yang kadang kala dapat merugikan petani karena dengan harganya yang rendah. (534/215)


Berita Sumbar - Hariansinggalang

Postkan Komentar:

Latest Update