Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Petani Pasaman Barat Harapkan Harga Jagung Stabil


Senin, 13 Januari 2014

Petani Pasaman Barat Harapkan Harga Jagung Stabil -
duakotopas.com (Simpang Ampek) – Petani di Kabupaten Pasaman Barat mengharapkan harga jagung pipilan pada tahun ini stabil.
Salah seorang petani di Sariak Luhak Nanduo, Algeri Adnan di Simpang Ampek, Senin, mengatakan harga jagung pada 2013 tidak stabil. Bahkan, harga jagung mencapai Rp1.500 per kilogram.

"Sampai akhir 2013 harga kembali merangkak naik menjadi Rp3.000 sampai Rp3.200 per kilogram. Kita mengharapkan harga jagung tahun ini mencapai Rp3.600 per kilogram," katanya.

Menurutnya jika harga sempat turun mencapai Rp1.500 setiap kilogramnya akan membuat petani jagung kecewa dan patah semangat.

Namun dengan harga yang berlahan naik dan hampir kembali ke harga semua Rp3.300 per kilogram maka sangat membahagiakan petani.

Dia menjelaskan harga jagung pipilan di tingkat petani sekarang ini berkisar Rp3.000 sampai Rp3.200 per kilogramnya.

Sedangkan untuk harga jual jagung ke luar Pasaman Barat mencapai Rp3.300 per kilogramnya. Kenaikan harga jagung diduga karena terbatasnya stok jagung di tingkat petani karena saat ini jumlah panen petani juga terbatas karena masih masa tanam.

"Saat ini produksi jagung di Pasaman Barat tidak terlalu banyak karena masih masa tanam dan diperkirakan bulan Mei petani panen," kata dia.

Menurutnya, rata-rata para pendagang besar jagung di daerahnya menjual jagung pipilan ke daerah Payakumbuh dan Padang dan per minggu bisa menjual jagung pipilan itu sebanyak 20 ton.

Petani lainnya di Jambak, Nursal juga mengharapkan harga jagung bisa stabil sehingga petani semangat untuk bercocok tanam jagung.

Bupati Pasaman Barat, Baharuddin R melalui Kabag Humas, Mujiman mengatakan tanaman jagung merupakan salah satu tanaman andalan Pasaman Barat dan menjadi penyuplai terbesar di Sumbar.
"Kita akan terus berbenah dan kami mengharapkan petani bisa meningkatkan hasil panennya sehingga harga bisa stabil," ujar dia.

Tanaman jagung di Pasaman Barat mulai berkembang dalam lima tahun sejak 2006. Munculnya minat petani untuk bertanam jagung selain karena lahan subur juga dalam pengolahannya sangat efesien tanpa olah tanah, harga jagung terjamin dan pasar jagung sangat terbuka.

Luas panen tanaman jagung berdasarkan data terakhir mencapai 44.793 hektar dengan produksi 312.908 ton per tahun.

Sentra jagung yang ada di Pasaman Barat ada di Kecamatan Kinali, Kecamatan Luhak Nanduo, Kecamatan Pasaman, Kecamatan Sasak, Kecamatan Ranah Batahan dan Kecamatan Parit Koto Balingka. (*/alt/jno)

Berita Pasbar - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update