Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Bupati Pasaman Benny Utama: Pasaman Butuh Investor Pabrik Pakan Ikan


Selasa, 18 Februari 2014

Bupati Pasaman Benny Utama: Pasaman Butuh Investor Pabrik Pakan Ikan -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Bupati Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) Benny Utama menyebutkan daerah itu saat ini sangat membutuhkan investor untuk membangun pabrik pakan ikan yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan daerah itu.
"Salah satu jenis usaha masyarakat di sini adalah membudidayakan ikan, sehingga pabrik pakan sangat diperkukan," katanya di Lubuk Sikaping, Selasa.

Ia mengatakan, selama ini pakan ikan untuk kebutuhan petani daerah itu didatangkan dari Medan, Sumatera Utara dan Jakarta yang harganya cukup tinggi sehingga kurang terjangkau masyarakat.

"Karena tidak adanya pabrik pakan ikan masyarakat cenderung menjadi penjual bibit ikan saja dari pada pembesaran,"katanya.

Masyarakat tidak bisa disalahkan karena mereka memang kesulitan mendapatkan pakan yang diperlukan agar ikan mencapai ukuran besar.

"Masyarakat terpaksa menjual ikan dalam ukuran kecil (bibit), sedangkan menjual dalam ukuran besar harga jualnya tentu lebih tinggi," katanya.

Ia menyebutkan, di Pasaman sebenarnya telah ada usaha penjualan pakan ikan. Namun usaha ini masih skala usaha kecil yang dikembangkan masyarakat sendiri sehingga jenis pakan yang dijual juga terbatas.

"Pakan yang ada baru jenis bungkil, dedak, dan lainnya. Sedangkan masyarakat membutuhkan bahan pakan yang lebih maju, dengan pengolahan yang lebih baik," katanya.

Ia menyakini jika masyarakat sudah mendapatkan pakan dengan mudah dan harga terjangkau masyarakat tidak lagi hanya menjual bibit ikan. Namun juga dapat menjual ikan yang telah besar.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, Pemerintah Provinsi akan mencari solusi untuk menangani permasalahan tersebut.

Apalagi budidaya ikan merupakan salah satu mata pencaharian sebahagian besar masyarakat di Kabupaten Pasaman.

"Pemprov akan segera mencari solusinya, apakah untuk sementara bahan yang diperlukan dibantu dulu oleh pemerintah, atau mengajak perusahaan untuk berinvestasi," katanya. (**/hul)

Berita Pasaman - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update