Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Disperindag Sumbar Jembatani UKM Melaui Pasar Komoditas


Senin, 10 Februari 2014

Disperindag Sumbar Jembatani UKM Melaui Pasar Komoditas -
duakotopas.com (Padang) – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjembatani pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dengan pengusaha melalui pasar lelang komoditas.
"Pasar lelang komoditas sebagai wadah untuk mempromosikan produk agroindustri dan produk olahan pertanian yang diusahakan kalangan pelaku UKM," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri (Disperindag) Sumbar, Zaimar di Padang, Senin.

Ia mengatakan, pelaksanaan pasar lelang komoditas untuk 2014 diselenggarakan pada Selasa (11/2) yang akan diikuti sekitar 70 pelaku UKM di provinsi itu.

Produk agrobisnis yang diwadahi dalam pasar lelang komoditas, di antaranya gardamon, pala, pinang bela dan cassiavera (kayu manis) dan jenis lainnya. Sedangkan produk olahan pertanian, di antaranya beras, kue-kue kering seperti keripik pisang, ikan bilih goreng dan hasil industri rumah tangga lainnya.

"Kita menargetkan pelaksanaan pasar lelang komoditas pada 2014 sebanyak 11 kali, sumber pembiayaan dari APBN tiga kali dan APBD delapan kali," katanya.

Target transaksi selama sebelas kali kegiatan rata-rata naik 15 persen dari tahun sebelumnya sesuai dengan ketentuan RPJMD Provinsi Sumbar. Artinya target pendapatan transaksi pada tahun ini sekitar Rp16 miliar atau mengalami kenaikan sekitar 15 persen dari posisi tahun sebelumnya.

Ia mengatakan, kegiatan pasar lelang cukup efektif untuk membantu industri kecil membangun jaringan dengan pihak pembeli/distributor, serta dapat menetapkan harga yang riil.

Selain itu, tujuannya guna memutus mata rantai panjangnya jalur pasar untuk suatu produk yang dihasilkan usaha kecil dan menengah di daerah.

Kendati kegiatan ini belum melembaga dan pelaksanaan masih tergantung terhadap alokasi anggaran, sedangkan di daerah lain sudah ada yang melembaga.

"Pasar lelang komoditas yang dilaksanakan tetap dipantau Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bapepti) Kementerian Perdagangan," katanya.

Pasar lelang komoditas terbuka untuk pelaku industri kecil di wilayah Sumbar, untuk pergelaran perdana tahun ini sudah disampaikan informasi melalui media cetak ke masyarakat.

Jadi, bagi masyarakat masyarakat yang memiliki usaha dan membutuhkan promosi gratis dapat mendaftar ke panitia atau pada hari pelaksanaannya langsung datang ke lokasi pasar lelang komoditas.

Ia mengungkapkan, teknis dalam pasar lelang pelaku usaha kecil cukup membawa contoh produk, setelah ada kesepakatan transaksi dengan pembeli, selanjutnya dilakukan nota kesepahaman untuk menentukan kapan dan dimana produk/barang diambil.

Keuntungan lain bagi pelaku industri kecil dalam proses lelang itu, pembayaran terhadap komoditas sifatnya kontan, bukan berjangka.

Kemudian bagi produsen yang baru ikut bisa mengetahui bagaimana polanya, sehingga pada kegiatan berikutnya sudah dapat menyediakan produk yang dibutuhkan pasar.

"Pasar lelang komoditas ajang pembinaan juga terhadap pelaku usaha kecil daerah, karena mereka akan terkoreksi dengan sendirinya untuk meningkatkan kualitas produk," katanya. (*/sir/jno)

Berita Sumbar - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update