Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno: Kemajuan Pasaman Bergantung Pada Pengelolaan Potensi


Selasa, 18 Februari 2014

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno: Kemajuan Pasaman Bergantung Pada Pengelolaan Potensi -
duakotopas.com (Pasaman) – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan kemajuan Kabupaten Pasaman sangat bergantung kepada cara pemerintah daerah setempat dalam mengelola potensi yang ada.
"Kabupaten Pasaman memiliki potensi daerah yang baik, namun semua tidak lepas dari yang dilakukan pemerintah dalam mengelolanya," kata gubernur saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke daerah itu, Senin.

Ia menyebutkan, beberapa potensi yang dimiliki Kabupaten Pasaman adalah bidang perkebunan, peternakan, pertanian dan perikanan darat. Dimana keadaan geografis daerah itu mendukung untuk terus mengembangkan potensi yang ada.

Ia mengatakan, dengan terus berkembangnya potensi yang ada, secara atomatis daerah juga akan ikut maju. Hal penting yang dilakukan dalam mengembangkan potensi itu adalah peran serta pemerintah. Karena mengingat kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat masih terbatas.

Maka dengan keterbatasan itu masyarakat cenderung meneruskan sistem lama tanpa melakukan perubahan. Sedangkan saat ini dalam bertani, berkebun, maupun beternak telah menggunakan teknologi canggih, dan ilmu pengetahuan juga terus berkembang.

"Karena keterbatasan itulah petani sulit berkembang. Sedangkan di sisi lain mereka harus berfikir bagaimana memenuhi kebutuhan hidup, sehingga tidak begitu mementingkan perubahan," ujarnya.

Gubernur menekankan pemerintah daerah dalam situasi itu perlu melakukan upaya-upaya yang dapat membuka cakrawala berpikir, dan menggiring masyarakat menuju perubahan.

"Upaya yang dilakukan seperti memberikan penyuluhan-penyuluhan, memberikan bantuan alat, dan bibit yang diperlukan," katanya.

Ia menyebutkan, Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat akan berusaha untuk memberikan bantuan semampunya. Namun ia mengingatkan perilaku negatif yang dilakukan masyarakat saat mendapatkan bantuan.

Dimana bantuan yang diberikan seringkali tidak digunakan sebagaimana mestinya.
Bupati Pasaman Benny Utama menyebutkan, Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Pasaman juga sedang melakukan upaya-upaya tersebut. Beberapa yang telah dilakukan Pemkab dengan menggiatkan kelompok-kelompok tani, memberikan bantuan bibit, dan penyuluhan.

Ia juga menyebutkan, telah memberikan Sertifikat Kakao Lestari (Certicate Code Of Conduct), yang penyerahannya dihadiri secara langsung oleh gubernur di Kecamatan Lubuk Sikaping, Senin (17/2).

Dimana masyarakat yang memiliki sertifikat tersebut dapat menerima harga jual kako yang lebih tinggi dibandingkan dengan kakao yang tidak memili sertifikat.

"Pemkab akan terus melakukan upaya yang dapat membantu amsyarakat. karena kami juga menyadari hal yag disampaikan gubernur," katanya. (**/hul)

Berita Pasaman - ANTARA Sumbar 

Postkan Komentar:

Latest Update