Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Jeruk Pasaman Barat Tembus Pasar Nasional


Kamis, 06 Februari 2014

Jeruk Pasaman Barat Tembus Pasar Nasional -
duakotopas.com (Simpang Ampek) –  Siapa yang tidak kenal dengan jeruk  Pasaman dengan rasanya yang manis dan kenyal ,seperti kita ketahui jeruk yang di juluki jeruk pasaman yang sudah terkenal sampai keluar Pasaman Barat seperti  Pulau Jawa bahkan sampai manca negara cerita itu hanya ada waktu  Pasaman belum di mekarkan menjadi kabupaten Pasaman Barat, lain dulu lain sekarang  seperti kita ketahui saat ini  dulunya petani sawit sekarang beralih total jadi petani jeruk bahkan banyak yang menebang  tanaman sawit  yang sudah menghasilkan, secara Spontan di tukar dengan tanaman jeruk Ungkap Taslim Sekretaris Bamus Nagari Aie Gadang Kecamatan Pasaman (05/02).

Sebelumnya Petani Jeruk yang dulunya sempat menghilang di karenakan tanaman jeruk yang dulunya berkualitas bagus tiba-tiba mati mendadak dan tak tau penyebabnya “ kira kira 10 tahun yang lalu namun itu dulu tapi sekarang sudah diganti tanaman jeruk sudah bagus dan boleh di katakan sudah sehat begitu juga buahnya begitu lebat “Ulas Taslim”.

Awal mulanya hanya coba-coba Tanam kembali Jeruk yang dulunya sempat  mengharumkan nama Pasaman ternyata menbuahkan hasil. Sekarang tananman yang saya tanam 4 tahun  lalu sudah panen raya. Rasa dan besarnya persis sama dengan tanaman sebelumnya, sekarang  sudah bisa untuk menopang ekonomi keluarga kami cukup lumayan.

Untuk saat ini harga perkilonya  10 ribu sampai dengan 18 ribu itu pun sudak habis terjual” kata taslim petani jeruk dengan luas lahan 1hektar.

Sementara itu Pejual anak petani jeruk  Yang Mangkal di depan Rumah Sakit Yarsi Simpang Ampek setiap harinya Apri ( 29Th) mengatakan untuk pemasaran jeruk  cukup mengembirakan, saat ini kami menghabiskan 100  kilo perhari dengan harga 15 ribu perkilonya, seperti kita lihat sekarang ini peminat jeruk pasaman sudah mulai naik apa lagi di hari-hari tertentu seperti hari senin sampai dengan hari kamis tidak pernah sepi pembeli malah kita yang kewalahan  dengan banyaknya permintaaan Stok jeruk menjadi kosong, ya terpaksa kita istirahat dulu menunggu buah masak “ujar Apri menambahkan “ (Rajo)     


Berita Pasbar - pasamanbaratkab.go.id

Postkan Komentar:

Latest Update