Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tugu Perjuangan Lb Sikaping Pasaman Terus Dibenahi


Sabtu, 08 Februari 2014

Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tugu Perjuangan Lb Sikaping Pasaman Terus Dibenahi -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Tak seperti prilaku Hedonisme sejumlah pejabat di Pasaman yang memilih berlibur akhir pekan di kota - kota lain di Sumatera Barat demi menikmati fasilitas mewah di pusat-pusat perbelanjaan dan tempat hiburan lainnya, masyarakat Kabupaten Pasaman tampak mulai menikmati sejumlah objek wisata lokal yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada.

Hal ini terlihat mulai meningkatnya jumlah pengunjung di objek wisata yang ada, meskipun tanpa dilengkapi fasilitas yang memadai.

Hal ini mengindikaskan bahwa kesadaran masyarakat untuk cerdas secara finansial mulai tumbuh dalam memenuhi kebutuhan refreshing yang menjadi salah satu kebutuhan rohani, disamping memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Diakui, pada era kepemimpinan Bupati Benny Utama, sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial di sejumlah objek Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang memiliki potensi wisata, cukup menjadi perhatian serius oleh pihak Pemerintah Kabupaten Pasaman. 

Hal ini terbukti dengan dibangunnya fasilitas penunjang di sejumlah objek wisata seperti, pembangunan Mushalla, tempat parkir kendaraan sampai wc umum dan lain sebagainya yang merupakan syarat utama yang harus ada di objek wisata yang sedang dikembangkan.

Sebut saja Kompleks Tugu Perjuangan dan Taman Makam Pahlawan yang berada di Nagari Tanjung Beringin, Kecamatan Lubuksikaping, setiap minggunya terlihat ramai dikunjungi wisatawan yang merupakan warga pasaman, disamping penataannya yang lebih disempurnakan sehingga menjadi konten Family Gathering, lengkap dengan hiburan orgen tunggal serta taman bermain anak-anak yang disediakan pengelola, meskipun masih sangat sederhana namun terbukti mampu menarik minat masyarakat untuk mengunjungi lokas tersebut.

Seperti diungkapkan Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Pasaman, Abdi, Jumat (7/1/2014), bahwa pada tahun anggaran 2014 ini, pihaknya akan membangun jembatan yang nantinya akan menghubungkan kawasan Tugu Perjuangan dengan Taman Makam Pahlawan yang posisinya berseberangan dibatasi jalan lintas sumatera ruas Bukittinggi - Medan.

" Pemerintah daerah melalui DPU telah menganggarkan dana sebesar 500 juta rupiah untuk membangun jembatan tersebut," ungkapnya.

Dikatakan, jembatan tersebut dirancang untuk memudahkan akses pengunjung yang datang ke RTH tersebut, meningat adanya peningkatan jumlah kunjungan sehingga harus dibarengi dengan peningkatan fasilitas penunjang.

" Jembatan seperti ini bukanlah hal baru sebenarnya, Kota Wisata Bukittinggi sudah memulai dengan membangun jembatan Limpapeh yag menghubungkan objek wisata Taman Marga Satwa Bukit Kinantan dengan kawasan Benteng Fort de Kock, sepanjang itu baik tidak ada salahnya kita mencoba membangunnya di Kabupaten Pasaman," jelasnya.

Tak hanya itu, tambah Abdi, sejumlah RTH yang tersebar di kecamatan yang ada juga direncanakan akan dikembangkan sehingga bisa menjadi ikon tempat hiburan keluarga dan akan menjadi lahan usaha baru bagi masyarakat dengan berjualan di lokasi yang telah disediakan itu.

Menurutnya, sasaran ditingkatkannya fasilitas di sejumlah RTH tersebut ditujukan untuk mengajak masyarakat untuk menumbuh kembangkan prilaku hidup yang cerdas finansial, karena akan menciptakan multiplier efek yang memicu terciptanya perputaran uang di tingkat lokal.

" Kalau tidak sekarang dimulai, kapan lagi uang dari pasaman bisa dibelanjakan di pasaman juga, diharapkan langkah pemerintah daerah ini bisa menjadi salah satu pemicu tumbuhnya perekonomian masyarakat," harapnya.[] Rully Firmansyah 


Berita Pasaman - suluah.com

Postkan Komentar:

Latest Update