Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Arti Politik Menurut Orang Awam


Senin, 03 Maret 2014

Arti Politik Menurut Orang Awam -
duakotopas.com (mimpiidealis) – Banyak orang yang berpendapat mengenai politik. Mulai dari rakyat kecil, menengah, hingga kalangan atas. Semua memiliki definisi masing-masing mengenai politik. Ada yang mengatakan bahwa politik itu busuk. Entah dari perspektif mana orang itu melihat. Politik juga didefinisikan sebagai kendaraan bagi orang-orang yang ingin memiliki kekuasaan. Tidak sedikit juga yang mengatakan politik merupakan sebuah kebijakan dan kewenangan bagi pemerintah untuk mengatur pemerintahannya, baik itu di dalam negri maupun di luar negri. Sekilas gambaran mengenai pendapat dari banyak kalangan mengenai definisi dari politik.


Hakikatnya politik tidak dapat di definisikan secara mutlak. Namun dari banyak referensi yang mendefinisikan politik, kita bisa menyimpulkan bahwa politik pada intinya merupakan sebuah kebijakan atau langkah yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Artinya politik tidak hanya ada pada sebuah pemerintahan, namun juga bisa terjadi pada kejadian yang terjadi pada kejadian sehari-hari.

Bagaiman peran politik sendiri bagi bangsa indonesia? Itu lah hal yang selalu dibayangkan oleh banyak orang, sehingga orang-orang tidak hanya mendefinisikan politik itu sendiri, tetapi bagaimana bisa menerapkan politik dalam kehidupan bernegara dan menilai bagaimana politik yang telah di jalankan oleh kalangan elit negara bahkan masyakat banyak.

Politik tidak bisa dilepaskan dari kehidupan pemerintahan bangsa Indonesia pada khususnya, dan negara lain pada umumnya. Politik digunakan sebagai langkah untuk menentukan kebijakan, sebagaimana dari kesimpulan dari paragraf sebelumnya. Negara Indonesia tidak dapat berhubungan dengan negara lain tanpa adanya politik. Negara Indonesia juga tidak dapat membuat keadaan negaranya seperti sekarang ini tanpa adanya politik.

Kehidupan politik di Indonesia saat ini bisa dikatakan tidak berlangsung dengan baik. Kenapa? Karena banyak orang di Indonesia menggunakan politik hanya untuk menuruti kehendaknya sendiri. Kebijakan yang dibuatnya lebih mementingkan kepentingan sendiri atau kalangannya sendiri. Mulai dari pemerintah, kalangan oposisi, dan masyarakat lainnya yang ikut menjalankan roda pemerintaha.

Walaupun tidak semua dari mereka benar-benar melakukan hal itu. Sebagian orang menggunakan politik untuk terlaksananya sebuah kebijakan yang bisa memberikan manfaat bagi seluruh warga indonesia, tidak hanya untuk dirinya sendiri, atau kepentingan dari kalangannya sendiri. Tetapi hal ini juga tidak bisa kita pungkiri, orang yang benar-benar menjalankan politik untuk memberikan manfaat terhadap seluruh rakyat dan bangsanya, hanya segelintir orang saja.

Dari permasalahan di atas telah menjadikan politik menjadi dua bagian, politik yang baik, dan politik busuk. Karena hanya permasalahan seperti itulah yang selalu digambarkan oleh negara Indonesia. Para pemimpinnya yang telah menyalahgunkan kewenangannya sebagai abdi negara karena salah satunya disebabkan oleh penyalahgunnan politik. Buktinya kita bisa melihat kasus korupsi terjadi di mana-mana, masalah pembangunan negara yang tidak pernah selesai, ketidakstabilan di berbagai bidang, dan banyak lagi masalah yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan dari politik.

Kesejahteraan masyarakat Indonesia sampai saat ini jauh dari kata baik. Masih banyak rakyat miskin, masih banyak rakyat yang memiliki standar pendidikan di bawah batas wajar atau wajib belajar, jutaan rakyat indonesia dengan segala penyakitnya yang sampai saat ini menjadikan kesehatan masyarakat Indonesia di bawah rata-rata, pengangguran yang tak bisa dihitung dengan jari, dan segala permasalahan lainnya yang terjadi di bumi pertiwi ini. Semua ini tidak akan terjadi jika orang-orang di negara ini menjalankan politik sebagaimana mestinya, yaitu untuk kesejahteraan rakyat.
Orang-orang banyak yang menggunakan politik untuk mendapatkan kekuasaan. Diantara masalah yang berkaitan dengan politik, mungkin masalah inilah yang paling di kenal olehh masyarakat banyak hingga golongan yang paling kecil sekalipun.

Kehidupan politik seperti ini tidak hanya terjadi dalam pemerintahan negara, tetapi juga terjadi di kehidupan politik di daerah. Banyak kasus yang terjadi di daerah mengenai penyalahgunaan politik. Contohnya, banyak kasus yang muncul mengenai penyalahgunaan politik dalam pemilihan kepala daerah tingkat satu.

Misalnya, dalam pemilihan kepala daerah di Provinsi Banten, telah terjadi beberapa kasus yang tidak sesuai dengan undang-undang pemilihan kepala daerah, sebagaimana dilansir oleh beberapa lembaga swadaya masyarakat. Bahwa sepasang calon gubernur dan wakil gubernur yang mana saat ini telah menjabat sebagai kepala daerah di provinsinya, telah melakukan pembelian suara. Tentu hal ini melanggar aturan main yang telah dikeluarkan oleh komisi pemilihan umum daerah yang dalam hal ini sebagai penyelenggaraan pemilihan umum di daerah. Ini hanya merupakan contoh kecil kasus penyalahgunaan politik yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Masih banyak kasus-kasus penyalahgunaan politik yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Hampir semua provinsi di Indonesia terjadi kasus penyalah gunaan politik. Namun, masih sulit rasanya dengan keadaan politik yang seperti sekarang ini untuk bisa menyelesaikan berbagai masalah di Indonesia.

Tidak jauh berbeda dengan halnya kehidupan pemerintahan di tingkat dua daerah. Seperti halnya daerah tingkat satu maupun di pemerintahan negara, telah terjadi penyimpangan terhadap politik. Contoh kasus yaitu telah terjadi korupsi berjamaah antara anggota perwakilan daerahnya dan pejabat pemerintah sendiri.

Tidak tanggung-tanggung, terbilang dua ratus milyar rupiah berupa uang pinjaman dari bank pembangunan daerah mereka korupsi. Ke mana mereka gunakan sebanyak itu? Tiap-tiap orang mendapatkan sejumlah uang yang besarnya disesuaikan dengan jabatan yang dimilikinya. Tidak hanya itu, mereka menggunakannya untuk membeli sebuah mobil dinas yang kemudian dikembalikan, dan paket umroh bagi tiap-tiap orang. Jumlah yang tidak sedikit dan sangat fantastis.

Padahal kondisi daerahnya saat itu bahkan hingga sekarang jauh dari kata sejahtera. Kehidupan rakyat yang memprihatinkan, dilihat dari jumlah uang rata-rata yang didapatkannya tiap bulan yang sangat jauh dari upah minimum regional, kesehatan masyarakat yang sangat minim, pendidikan warganya yang masih banyak berakhir di tingkat sekolah dasar, infrastuktur daerah yang juga minim.

Rumah sakit daerah yang jauh dari kata layak, jalan-jalan masih banyak yang berlubang, wisata alamnya yang sudah tidak dapat ditangani oleh pemerintah daerah baik itu di tingkat kabupatennya maupun di tingkat provinsinya.

Bagaimana dengan kehidupan politik di wilayah yang lingkupnya lebih kecil dari daerah tingkat dua? Tak jauh berbeda dengan kondisi yang lainnya. Penyalahgunaan politik telah tersebar, baik di tingkat atas maupun di tingkat bawah. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan.

Penjelasan di atas hingga paragraf sebelum kesimpulan menggambarkan mengenai kehidupan politik di Indonesia yang begitu memprihatinkan. Tapi bukan berarti kita akan terus-terusan terpuruk akibat ketidakstabilan kehidupan politik di Indonesia. Tentunya kita semua menginginkan kehidupan Indonesia yang begitu kondusif, aman, dan sejahtera.

Salah satunya dengan memperbaiki kehidupan politik di Indonesia. Banyak jalan yang bisa ditempuh untuk mewujudkan hal itu. Salah satunya dengan melalui pendidikan akademis dan pendidikan moral. Pendidikan akademis merupakan materi yang bisa kita dapatkan dari banyak referensi, media, sekolah, diskusi, dan masih banyak lagi.

Kemudian pendidikan moral, hal inilah yang perlu digaris bawahi. Mengapa? Karena moral merupak perilaku dari tiap-tiap individu dan tidak bisa diubah secara cepat seperti halnya pendidikan akademis. Pendidikan moral didapatkan dari kehidupan sehari-hari dan menjadi sebuah kebiasaan bagi individu itu. Salah satu akibat dari ketidakstabilan politik di Indonesia hal yang paling mendasar disebabkan oleh degadrasi moral.

Untuk itu, pendidikan moral bagi tiap-tiap warga Indonesia sangatlah penting. Ketika warga Indonesia memiliki moral yang bagus, Indonesia sejahtera bukan lagi sebuah angan-angan, tetapi mimpi yang menjadi nyata.


Opini - pemimpiidealis

Postkan Komentar:

Latest Update