Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Kinerja Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pasaman Disorot


Rabu, 05 Maret 2014

Kinerja Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pasaman Disorot -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Sejumlah warga dan beberapa orang mahasiswa mempertanyakan alasan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat enggan menerima proposal permohonan bantuan dari masyarakat sejak awal tahun ini.

Selain itu, warga juga meminta kejelasan perihal pendistribusian zakat, infak dan shodaqoh kepada para mustahik yang belum direalisasikan. Padahal selama ini, badan amil pengumpul zakat tersebut dikenal taat azas dan patut dalam memberikan pelayanan berkaitan dengan kemaslahatan umat.

"Jujur pak, saya kecewa dengan kondisi seperti ini. Di saat saya butuh dana untuk mempermudah biaya kuliah nyatanya sejauh ini belum ada pendistribusian kepada penerima, padahal sudah memasuki bulan ke tiga," tukas Maisaroh, mahasiswi di salah satu perguruan tinggi di Padang, kepada padangmedia.com di Lubuksikaping, Rabu (5/3).

Diakui Maisaroh, ia bersama beberapa orang temannya mengajukan proposal tersebut sejak pertengahan November melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di kecamatan. Namun, hingga kini belum ada kejelasan sama sekali.

"Ketika ditanyakan ke kantor KUA tempat pengajuan permohonan itu, dijawab bahwa proposal bantuan dana pendidikan seluruhnya sudah diajukan ke pihak BAZNAS di Lubuksikaping. Dikonfirmasi, jawaban pihak BAZNAS nya disuruh sabar dan harap menunggu," sebutnya.

Sementara itu, salah seorang warga Sayfri juga menuturkan kekecewaannya terhadap kinerja pihak BAZNAS. Diceritakan, ia pernah mengajukan bantuan biaya berobat dengan tujuan ke Rumah Sakit di Bukittinggi namun tidak mendapat respon.

Dikatakannya, pihak BAZNAS beralasan dana zakat di 2014 belum bisa didistribusikan untuk keseluruhan program kerja, karena terkendala dengan sejumlah administrasi di tingkat atas.

"Saya kan rakyat kecil, mana ngerti urusan yang begituan. Setahu saya selama ini orang minta bantuan berobat bisa kok, kenapa sekerang giliran saya minta bantuan tidak bisa, kan aneh?" sebut Syafri kecewa.

Menjawab keluhan warga, salah seorang Badan Pekerja pada BAZNAS setempat yang enggan disebutkan namanya mengakui banyaknya kekecewaan masyarakat yang timbul belakangan ini.

Ia mengatakan, pelayanan BAZNAS dalam beberapa bulan terakhir mandek disebabkan masa kerja pengurus telah berakhir diakhir tahun 2013 lalu dan belum ada kejelasan hingga saat ini.

"SK baru belum turun dan saat ini kita masih menunggu SK baru itu dari kepala daerah perihal penetapan dan pengangkatan pengurus serta badan pekerja baru untuk satu periode ke depan," ujarnya.

Meskipun demikian, katanya, pihaknya tetap melayani warga yang ingin mengajukan permohonan, baik bantuan pendidikan, berobat, bedah rumah, ekonomi produktif dan program lainnya.

"Warga yang mengajukan permohonan tetap kita terima kok. Namun, belum bisa dipastikan kapan realisasinya karena hal tadi itu, menunggu keabsahan kepengurusan sekarang apakah tetap dipertahankan atau tergusur diganti kepengerusan baru seluruhnya," tukasnya.

Berbagai program kerja unggulan untuk membantu meringankan beban umat muslim pun dilahirkan pihak BAZNAS Pasaman ini, seperti santunan bagi Jompo untuk seumur hidup, bantuan keluarga miskin, beasiswa pendidikan, bantuan berobat, bantuan ekonomi produktif program bedah rumah.

Terakhir, bersama Pemkab Pasaman menyediakan rumah inap gratis bagi keluarga pasien yang sedang menjalani rawat inap di RSUD Lubuksikaping. (wahyu)


Berita Pasaman - padangmedia

Postkan Komentar:

Latest Update