Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Pemkab Pasaman Barat Angkat 271 Bidan Jorong


Selasa, 11 Maret 2014

Pemkab Pasaman Barat Angkat 271 Bidan Jorong -
duakotopas.com (Simpang Ampek) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengangkat sekitar 271 orang bidan yang di tempatkan di 212 kejorongan (kelurahan) di daerah itu.
"Program ini adalah program prioritas kami selama 2014 ini dengan tujuan untuk mengurangi resiko kematian ibu dan anak. Para bidan diangkat sebagai tenaga kontrak yang ditempatkan di semua kejorongan," kata Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Lazwardi di Simpang Ampek, Selasa.

Ia mengatakan dibandingkan tahun 2013 lalu jumlah bidan hanya 180 orang dan saat ini dinaikkan menjadi 271 orang. Mereka harus memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di daerahnya masing-masing.

Ia menyebutkan penempatan bidan di kejorongan bertujuan agar bisa memberikan pelayanan yang cepat dan maksimal kepada ibu hamil dan ibu menyusui.

"Kami menginginkan 65 orang jumlah kematian bayi dari 8.000 kelahiran pada 2013 dan lima orang kematian ibu harus bisa ditekan," katanya.

Ia menegaskan jika ditemukan bidan yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik atau nakal maka akan diberikan sanksi tegas.

"Bidan tersebut tidak boleh meninggalkan wilayahnya tanpa ada persetujuan dari atasan dan keperluan penting. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat," tegasnya.

Ia menjelaskan jika ada masyarakat yang mengeluh tentang perlakukan bidan di tengah masyarakat tidak maksimal. Diharapkan agar segera melaporkannya ke Dinas Kesehatan agar ditindak tegas, bila perlu dicopot dari jabatannya.

"Kami akan terbuka menerima laporan masyarakat. Jika terbukti maka akan diberikan sanksi," tegasnya.

Ia mengharapkan ke depannya tidak akan ada lagi bidan yang menetapkan biaya melahirkan, karena sudah ada anggaran jasanya Rp650 ribu dari pemerintah.

"Kami tidak main-main terhadap persoalan ini, kalau masih ada bidan nakal akan disanksi karena akan merusak program yang baik ini," katanya.

Seorang warga setempat, Kadir (50) mengatakan setuju jika jumlah bidan terus bertambah di daerahnya, agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih maksimal lagi. (*/sun)

Berita Pasaman Barat - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update