Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Rutan Talu Talamau Pasbar Over Kapasitas, Delapan Sel Diisi 128 Tahanan


Sabtu, 08 Maret 2014

Rutan Talu Talamau Pasbar Over Kapasitas, Delapan Sel Diisi 128 Tahanan -
duakotopas.com (Talu, Pasaman Barat) – Banyaknya tahanan di rumah tahanan (Rutan) Talu, Kabupaten Pa­sa­man Barat (Pasbar) mem­buat ruangan sel over ka­pa­sitas (over capacity).

Akibatnya, para tahanan harus mengisi ruangan sel dengan berdesak-desakan. Ironisnya, delapan ruangan sel terpaksa diisi 128 orang tahanan.

Kondisi ini tak ditampik Kepala Rutan Talu, Mu­lia­war­man. Diakuinya, jumlah ta­ha­nan saat ini tidak seimbang de­ngan daya tampung rua­ngan sel.

“Kini ada 128 orang ta­ha­nan, baik tahanan dari Ma­pol­res Pasbar, Kejaksaan dan Pe­ngadilan Negeri Sim­pang­empat. Dari keseluruhan ta­ha­nan itu, 4 orang di an­ta­ra­nya wanita dan satu orang anak-anak,” terangnya ke­pada Padang Ekspres, Kamis (6/3).

Kondisi tersebut di­akui­nya jauh daripada kondisi idealnya. Para tahanan kini terpaksa harus bergantian di dalam sel, karena ke­ter­ba­ta­san ruangan sel tersebut. “Da­ri 128 tahanan itu, 65 % be­rasal dari Pasaman Barat ba­gian utara.

Seperti dari Kecamatan Seiaur, Lembahmelintang, Kotobalingka, Seiberemas dan Ranahbatahan. Se­dang­kan sisanya 35 % lagi berasal dari Selatan yakni Kecamatan Kinali. Dari Ujunggading re­kor terbanyak pengisi rutan itu. Sedangkan dari Ke­ca­ma­tan Talamau dan Pasaman ha­nya sekitar 8 orang ter­masuk ada yang PNS,” je­las­nya.

Dijelaskan, tahanan yang menghuni Rutan Talu ini paling banyak dari kasus tanah, kemudian disusul kasus judi, narkoba, perkelahian dan lainnya.Untuk pengamanan, pihaknya memiliki aturan yang harus diikuti baik oleh tahanan dan juga keluarga tahanan yang membesuk.

Keluarga yang membesuk, tidak dibenarkan mem­be­ri­kan imbalan pada petugas ru­tan. Jika hal ini terjadi, pe­tugas akan diberikan sanksi tegas sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku.

Diakuinya, dengan ba­nyak­­­nya jumlah tahanan yang kini ditahan di Rutan Talu, perlu ada penambahan pe­tu­gas sipir. Saat ini, Rutan Talu ha­nya memiliki 3 orang pen­jaga.

Kondisi over kapasitas, di­akuinya tidak membuat kon­disi di dalam sel ber­masalah. Selama ini katanya, kondisi di dalam sel berjalan baik, se­sama tahanan, tidak ada ma­salah.

“Aktivitas para tahanan di dalam sel akur-aku saja. Tidak ada yang membuat keributan satu sama lainnya. Dan jadwal makan termasuk kegiatan me­reka sudah diatur sedemikian rupa. Misalnya, saat sore hari mereka berolah raga bersama dengan penjaga rutan. Kalau waktunya makan, ya makan. Se­tiap malam mereka juga be­ribadah ke mushala,” te­rang­nya.

Persoalan over kapasitas ini katanya, telah disampaikan ke tingkat wilayah atau pro­vinsi. Namun, hingga saat ini belum ada realisasi akan dila­kukan penambahan sel. Ia berharap permasalahan itu menjadi perhatian agar ke depan dapat dilakukan per­baikan sarana dan prasarana terutama sekali penambahan sel di Rutan Talu. “Karena, dari kelayakan sel ini memang ti­dak memungkinkan lagi kon­disi sel dengan jumlah ta­ha­nan  yang sangat banyak tadi,” pungkasnya. (roy)


Berita Pasaman Barat - padek

Postkan Komentar:

Latest Update