Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

UMKM Pasaman Serap 6.545 Tenaga Kerja


Minggu, 09 Maret 2014

UMKM Pasaman Serap 6.545 Tenaga Kerja - ilustrasi -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Sebanyak 6.545 tenaga kerja terserap oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Pasaman.

“Tenaga kerja sangat banyak yang tertampung oleh UMKM, itu berarti pengangguran bagi masyarakat kita berkurang.

Apalagi umkm itu usaha yang merupakan milik pribadi. Mereka bekerja dan mereka pula yang menerima untungnya,” ujar Kepala Dinas Koperasi, Industri, Perdagangan dan UKM Asnil melalui Kepala Bidang Koperasi dan UKM Kempo Rahimal, Jumat (7/3).

UMKM di Pasaman, sudah menca­pai 4.156 unit yang terdiri dari beragam jenis usaha, mulai dari usaha perdagangan, industri rumah tangga, jasa, dan pertanian. Kebijakan Pemkab Pasaman, terus melakukan pembinaan terhadap UMKM yang ada.

“Kita terus membina UMKM dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan cara menda­patkan bantuan dari pemodal usaha. Mereka nantinya bisa menjadi UMKM binaan salah satu perusahaan BUMN/D,” ujarnya.

Pada 2013, ada satu UKM yang bergerak di sektor perbengkelan mendapatkan bantuan sebesar Rp30 juta. Namun, pengajuan tersebut ada dua jalur, baik jalur dinas maupun secara langsung ke pemodal tersebut. “Kita ajukan 12 kelompok waktu itu, namun hanya 1 kelompok yang lulus verifikasi,” terangnya.

Ada juga UMKM yang telah mendapatkan bantuan untuk pembua­tan merk dan label halal, dalam sektor usaha serundeng pisang. Bantuan tersebut diharap bisa menunjang pertumbuhan usaha dan perluasan pemasaran. Untuk tahun ini, 36 UKM sudah diverifikasi untuk diajukan kembali ke Pemerintah Provinsi. “Nanti UKM yang sudah kita verifikasi itu harus diverfikasi lagi oleh pihak pemprov. Dari hasil itulah nantinya diusulkan ke sumber-sumber modal dari BUMN,” katanya.

Selain itu, ada pula UMKM yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan modal dari pendamping Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk tiga koperasi. Untuk operasional pengurus disediakan dana Rp24 juta per koperasi. (h/col)


Berita Pasaman - harianhaluan

Postkan Komentar:

Latest Update