Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

FKMDTA Lubuk Sikaping Pasaman Gelar Khatam dan Pawai Massal


Selasa, 08 April 2014

FKMDTA Lubuk Sikaping Pasaman Gelar Khatam dan Pawai Massal -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Udara dingin menusuk tulang menyelimuti seantero kota Lubuk Sikaping tidak menyurutkan semangat ribuan santri MDTA dan TPQ se kecamatan berbaris berarakan dengan diiringi dendangan nada merdu marching band sehingga ibu kota Pasaman pada Minggu pagi (6/4) menjadi ramai dan semarak.

Informasi diterima humas melalui Ketua pelaksana dan Forum komunikasi MDTA se Kecamatan Lubuk Sikaping Suyadi bahwa pawai khatam massal ini diikuti sebanyak 612 santri yang ikut khatam dari 35 MDTA dan 23 TPQ/TPSQ  se kecamatan ditambah ratusan santri yang masih belajar dan para wali santri. Dan menurutnya acara itu sebagai pembuka pelaksanaan khatam Al Quran yang digelar pada MDTA/TPQ masing-masing.

Pawai yang berjarak tempuh lebih kurang sepuluh kilo meter mengambil rute mengitari kota Lubuk Sikaping dan dilepas secara resmi oleh Bupati Pasaman H.Benny Utama, SH, MM bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Drs.H.Marjanis, M.Pd di halaman kantor Bupati, paparnya.

Ditambahkannya lagi acara diisi dengan penyerahan hadiah kepada santri berprestasi yang memperoleh nilai tertinggi pada ujian akhir dan MDTA tergiat serta penyerahan piagam penghargaan dari Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat yang ditandatangani Drs.H.Syahrul Wirda, SH, MM buat jorong Padang Sarai tergiat melaksanakan program Kemenag gemar maghrib mengaji.
Kepala KUA Kecamatan Lubuk Sikaping Asrul, S.Ag mengungapkan rasa terima kasihnya atas proaktifnya para guru MDTA/TPQ yang juga nota bene penyuluh agama honorer telah berhasil mengangkat kegiatan tersebut dan menurutnya mempunyai nilai positif dan berguna.

Selaku leading sektor kegamaan di tingkat kecamatan Asrul berharap implementasi kegiatan khatam massal itu dapat meningkatkan kompetensi MDTA yang diakui selama ini dipandang sebelah mata oleh publik dan masyarakat. Dengan diangkatnya kegiatan yang memiliki sasaran menciptakan generasi qurani setidaknya andil dalam menjalankan program Kemenag yakni gerakan maghrib mengaji dan pemerintah daerah yang tertuang dalam perdanya tentang pandai baca tulis Al Quran.
Di samping itu, Kepala Kankemenag Ranah Pasaman melalui Kasi Pendidikan Diniyah dan pondok pesantren Drs.Edy Ridwan menyatakan Kecamatan Lubuk Sikaping adalah yang pertama sekali mengangkat kegiatan ini dan dianggap dapat menjadi inspirator dan motivator bagi sebelas kecamatan lainnya.

FKMDTA yang dibentuk di kecamatan ini telah mampu berbuat dan menunjukkan keberadaannya tidak pasif sekedar organisasi belaka, dan kedepannya akan diagendakan kegiatan tersebut sebagai rutinitas tahunan untuk seluruh kecamatan se kabupaten saiyo ini, tegasnya.

Menurut pejabat alumni IAIN Imam Bonjol itu, khatam Al quran haruslah melahirkan generasi yang cerdas, berakhlak dan berkarakter yang mencintai dan mengamalkan Al quran, dalam PP nomor 55 Tahun 2007 tentang pendidikan agama dan keagamaan pada BAB satu pasal tiga diterangkan pendidikan diniyah adalah pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan pada semua jalur dan jenjang pendidikan.

Dengan artian, MDTA ataupun TPQ adalah lembaga yang diharapkan mampu mendidik dan meluluskan santri yang fasih, pandai membaca dan menjiwai Al quran serta mampu mengamalkan dalam kehidupannya dan menjadi bekal di masa akan datang juga diakhirat kelak, tandas lulusan Thawalib Padang Panjang itu.(ys-481)/MS


Berita Pasaman - sumbar.kemenag

Postkan Komentar:

Latest Update