Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Jelang UN Siswa Ditawari Kunci Jawaban


Senin, 14 April 2014

Jelang UN Siswa Ditawari Kunci Jawaban -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Jelang Ujian Nasional (UN) yang digelar serentak di seluruh Indonesia hari ini, para siswa disibukkan beredarnya kunci jawaban. Ada oknum yang menawarkan siswa untuk membeli kunci jawaban tersebut. Dinas Pendidikan Sumbar menegaskan kunci jawaban itu adalah penipuan.

Penelusuran Padang Ekspres di beberapa sekolah di Padang, banyak siswa yang mengaku mendapat tawaran kunci jawaban. Untuk mendapatkannya, mereka diminta iuran Rp 80 ribu per orang. Nantinya, mereka akan mendapatkan kunci jawaban sesuai paket soal yang mereka dapatkan.

“Katanya, untuk memastikan kunci jawaban yang diberi kepada kita itu pas, kita akan diberi beberapa soal. Apabila soal dengan jawabannya pas, berarti kunci jawaban tersebut sesuai dengan paket soal kita,” ujar siswa berinisial FI, seorang siswa salah satu SMA negeri di Padang.

FI mengaku ragu dengan kebenaran kunci jawaban tersebut. Namun, karena banyak kawan-kawannya yang membeli, dia sempat ragu dan berniat ingin membeli juga. ”Walau begitu, saya tetap belajar. Saya tidak ingin bergantung pada soal itu,” jelas siswa jurusan IPA ini.

Hal sama juga dialami siswa berinisial PA. Dia mengaku dapat penawaran soal, namun dia juga meragukannya. ”Kak, apakah kunci jawaban yang beredar itu benar?” tanyanya pada tetangganya.

Kata dia, walau ditawarin, hingga tadi malam dia belum membeli kunci jawaban itu. Dia mengaku takut kunci jawaban itu justru jadi bumerang. ”Ada kawan-kawan yang menjanjikan. Namun, lebih baik maksimal belajar ajalah. Dari pada nanti ternyata dapat kunci yang salah. Sudahlah ke luar uang, kita malah jadi tidak lulus,” jelasnya.

Kata dia, soal-soal itu akan didistribusikan melalui SMS atau Blackberry Messanger (BBM). ”Kawan-kawan menjanjikan akan memberikan besok pagi,” kata dia kepada Padang Ekspres tadi malam.

Menanggapi itu, Ketua Panitia UN Sumbar Bustavidia menegaskan, lembaran jawaban yang beredar tidak dapat dipercaya. Sebab, tidak satu pun dari lembaran jawaban itu benar. Karena, untuk satu lokal saja soal itu lebih dari 20 paket (jenis). Soal yang satu berbeda dengan siswa lainnya. Apalagi dengan lokal tetangga. ”Jangan percaya. Tidak mungkin kunci jawaban yang beredar itu betul,” jelasnya.

Jika ditotalkan, jenis soal seluruhnya tidak kurang dari 80 macam. Masing-masing tidak diberi angka atau huruf, melainkan dengan barcode yang tidak mungkin dipastikan lembaran soal yang beredar tersebut untuk soal paket mana.

”Jangan sampai karena anak-anak kita (siswa, red) percaya lembaran jawaban yang beredar, peristiwa ketika tahun 2000-an terulang. Di mana ada siswa yang tidak lulus satu sekolah karena kunci jawaban palsu,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Khairil Anwar didampingi Kabid Dikmen Emdison di Lubuksikaping, Minggu (13/4).

Khairil Anwar minta peserta UN tidak mudah percaya apabila ada bocoran kunci jawaban beredar. Ia menekankan agar  siswa menjawab soal ujian dengan kemampuan sendiri. Pasalnya yang diujikan di UN adalah pelajaran yang sudah diberikan dalam proses belajar mengajar.

Khairil Anwar menjelaskan,  dengan beredarnya bocoran tersebut akan hanya  mempengaruhi dan merusak konsentrasi para peserta UN. “Kalau ada mendapat kunci jawaban soal UN yang beredar melalui SMS  tidak usah ditanggapi, karena itu tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tegas Khairil Anwar.

Ia menambahkan,  pada UN tahun ini dipastikan para peserta tidak akan bisa bekerja sama. Karena, soal yang diujikan terhadap 20 peserta UN yang berada dalam suatu ruangan berbeda antara satu dengan yang lainnya. “Apabila ada yang  ketahuan melakukan kecurangan, sanksi tegas akan diberikan,” ucap Khairil.

Proses pembuatan naskah UN sangat rahasia yang dikerjakan langsung dari universitas tertentu. Makanya dijamin kerahasian soal terjaga apalagi sampai ada bocoran lembaran jawaban.

Selain itu, naskah UN yang didistribusikan ke daerah mendapat pengamanan ketat aparat kepolisian, dan tim pengawas, sehingga edaran layanan kunci jawaban SMS ini tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kepala Bidang Dikmen Emdison menjelaskan, jumlah peserta UN SMA/MA, dan SMK di Pasaman tahun ini 3.442 siswa. Sedangkan lokasi UN di 21 lokasi. Pelaksanaan UN ini berlangsung 14-16 April 2014, sedangkan ujian susulan ditetapkan pada 22 April-24 April 2014.

Emdison mengatakan, soal yang diuji ebanyak sembilan mata pelajaran yakni, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia untuk semua jurusan di tingkat SLTA, Fisika, Kimia, Biologi jurusan IPA, Sosiologi, Geografi, dan Ekonomi jurusan IPS. Pihaknya optimistis tingkat kelulusan UN di Pasaman tahun ini tercapai 100 persen.

UN Pessel
Di Pessel, siswa yang akan mengikuti UN mulai hari ini berjumlah 5.949 siswa. Para tersebar di 37 sekolah penyelenggara dari 39 sekolah yang ada. Sedangkan untuk menampung jumlah siswa itu, panitia UN menyiapkan 376 ruangan belajar di 15 kecamatan yang ada.

Kepala Dinas Pendidikan Pessel, Rusma Yul Anwar mengatakan, siswa sebanyak 5.949 itu, terdiri dari  4.358 siswa SMA dan 1.591 orang SMK.

Dijelaskanya bahwa total jumlah guru yang akan mengawasi sebanyak 812 orang.

Polisi Kawal Ketat Soal UN
Sementara itu, untuk menjaga kerahasian agar tidak terjadi kecurangan pada lembaran soal UN, Polres Arosuka Kabupaten Solok siap mengawal ketat penyimpanan sementara naskah UN.

”Naskah soal UN telah didistribusikan dan disimpan di mapolsek di setiap kecamatan,” kata Kapolres Arosuka AKBP Tommy Bambang Irawan, kemarin (13/4).

Tommy mengatakan, selain pihak kepolisian, naskah tersebut juga akan dijaga Satpol PP, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Solok sendiri.

Sekretaris Disdikpora Kabupaten Solok, Desmon mengatakan, sebanyak 3.388 siswa SMA/sederajat akan bertarung di UN tahun ini. ”Jauh hari sebelum UN, kita sudah mewanti-wanti, agar para guru mata pelajaran yang akan di UN-kan untuk memberikan bekal tangguh pada siswa, agar berhasil menghadapi UN dengan nilai baik,” kata Desmon. (adi/wn/d/yon/r)


Berita Pasaman - padek

Postkan Komentar:

Latest Update