Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Alat Musik Tambua Dari Sumatra Barat, Populer dan Menimbulkan Kemeriahan


Jumat, 16 Mei 2014

Alat Musik Tambua Dari Sumatra Barat, Populer dan Menimbulkan Kemeriahan -
duakotopas.com (Sumbar) – Dalam berbagai budaya di negara manapun, cara untuk menimbulkan kemeriahan dalam sebuah acara adat adalah dengan menabuh atau memukul-mukul alat musik perkusi. Alat musik jenis ini, terutama gendang, ada di semua budaya termasuk budaya Sumatra Barat. Alat Musik Tambua Dari Sumatera Barat alias tambur merupakan alat musik perkusi populer di Sumatra Barat yang sederhana namun mampu menimbulkan kemeriahan di acara atau pertunjukan adat apapun.

Bentuk dan Ukuran Tambua
Tambua sangat sederhana; hanya berupa satu set tambur yang terbuat dari kayu dan kulit kambing dengan ukuran masing-masing lumayan besar. Tinggi masing-masing tambua sekitar 75 sentimeter sementara diameternya mencapai setengah meter. Satu set tambua terdiri dari enam buah tambur  dan semuanya berukuran sama, serta dimainkan oleh sekelompok pemuda. Tambua bentuknya mirip seperti satu set bedug mini.

Masing-masing pemuda memegang sebuah tambur dan memainkannya dalam kelompok atau berbaris. Ada irama tersendiri yang dimainkan sehingga banyak variasi irama yang dihasilkan walaupun sebenarnya yang dimainkan hanya satu set alat musik perkusi dengan ukuran dan cara permainan yang sama.

Cara Memainkan Tambua
Karena dimainkan dalam kelompok, tambua menimbulkan irama dan suara yang riuh, apalagi jika dimainkan di dalam hajatan atau acara pernikahan. Pembuat tambua biasanya membuat satu set tambur ini dengan ketebalan kayu yang agak berbeda masing-masing, sehingga ada nada yang terdengar agak berbeda walaupun alat musiknya sepintas nampak sama.

Uniknya, dalam memainkan alat musik ini, kelompok pemain tambua memiliki semacam ‘pemegang komando’ yang memimpin atau mengomandani irama permainan. Si pemegang komando ini memegang alat musik perkusi lainnya yang disebut tansa. Berbeda dengan tambua, tansa ini ukurannya lebih kecil dan biasanya dibuat dari seng atau aluminium, bukannya kayu (tetapi bagian yang ditabuh tetap dari kulit). Alat musik ini dipukul untuk memberikan komando atau isyarat terhadap penggantian irama, memberi tanda saat musik akan dimulai atau selesai.

Tambua memberikan suasana riuh dalam sebuah perayaan atau pesta, terutama karena dimainkan secara beregu. Tambua memberikan paduan antara irama yang ramai, meriah dan bahkan memberi kesan berani serta gagah, seperti lagu-lagu yang mengiringi lagu perjuangan.Alat Musik Tambua Dari Sumatera Barat.  By Rusdi Chaprian


Budaya Sumbar - pelangiholiday

Postkan Komentar:

Latest Update