Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Ratusan Masyarakat Kinali Pasaman Barat Tuntut Uang Miliaran Pada PT LIN


Selasa, 03 Juni 2014

Ratusan Masyarakat Kinali Pasaman Barat Tuntut Uang Miliaran Pada PT LIN -
duakotopas.com (Kinali, Pasbar) – Ratusan warga mengatas namakan Ninik Mamak dan masyarakat Anam Koto Kecamatan Kinali, Pasaman Barat melakukan demonstrasi ke kantor perusahaan kelapa sawit PT Laras Inter Nusa (PT LIN), Senin(02/06/2014).

Para demonstran ini menuntut agar dana kompensasi yang selama ini ditangguhkan oleh perusahaan segera dicairkan. Penanggungjawab demonstran, Zaidir mengatakan sejak tahun 2006 lalu sampai sekarang dana tersebut tidak pernah diberikan, padahal sudah disetujui oleh pihak manajemen perusahaan.

“Kami ingin hak kami dicairkan selaku ninik mamak dan masyarakat. Kalau tidak terealisasikan terpaksa kami hentikan aktivitas perusahaan,” tegasnya. Ia mengatakan jumlah warga Anam Koto mencapai 30 ribu orang dengan tanah ulayat yang diserahkan sekitar empat ribu hektar.

Ia mengatakan kalau belum juga ada realisasinya, mereka akan membawa masa yang lebih besar. Warga yang datang itu merupakan ninik mamak dan masyarakat yang belum menerima dana kompensasi.

Tetapi pada umumnya masyarakat tidak pernah menerima dana tersebut. “Persoalan itulah kami menuntut agar segera dicairkan,” kata Ketua Ninik Mamak dan Masyarakat Anam Koto, Khaidir Kando Marajo.

Adapun total dana kmpensasi yang tertahan, yakni bulan Mei 2006 sampai dengan mei 2014 atau selama 97 bulan dikali Rp29.250.000 jumlahnya mencapai Rp2,84 Miliar.

Selain itu, mereka juga menuntut agar dana kompensasi ninik mamak beserta pengurus dan pembangunan Rumah Adat Induk Basa Anam Koto yang dahulunya sebesar Rp250.000/bulan dinaikkan menjadi Rp60 juta/bulan.

Terakhir mereka juga ingin agar perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan sawit ini memenuhi dana kompensasi untuk cucu kemenakan dan masyarakat Anam Koto yang dahulunya Rp20 juta/bulan dinaikkan menjadi Rp50 juta/bulan.

Hal ini dipicu lahan yang berproduksi telah maksimal berada di wilayah ulayat Anam Koto dengan luas lahan sekitar enam ribu hektare.

Ia menjelaskan kalau belum juga ada respon dari perusahaan, bagaimana pihaknya menjaga keamanan aktivitas perusahaan kalau seandainya ada hambatan dan gangguan terhadap perusahaan.

Untuk itu, sesuai persetujuan perusahaan, agar hak-hak dari ninik mamak dan masyarakat segera direalisasikan. Sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan, ninik mamak dan masyarakat telah menyurati pemimpin perusahaan, termasuk beberapa bukti lampiran dokumen.

Surat tuntutan itu juga ditembuskan kepada Bupati Pasaman Barat, Ketua DPRD, Kapolres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Dandim 0305/Koramil 2 dan pihak lainnya.

Sementara salah satu warga Kinali, Syahril Chan menjelaskan memang sebelumnya sudah dilakukan rapat bersama ninik mamak dan masyarakat. Agar lebih kuat, surat yang telah disampaikan itu ada juga lampiran tandatangan ninik mamak dan ratusan masyarakat. Tujuannya untuk mendukung tuntutan yang telah disampaikan kepada perusahaan.

“Kami ingin agar perusahaan komit dengan janjinya. Serta jangan mengadu domba dan membodohi masyarakat. Karena tuntutan ini juga untuk menunjang kelancaran aktivitas perusahaan,” tegasnya.

Sementara itu Humas PT LIN, Dasril mengatakan tuntutan ninik mamak dan masyarakat itu akan ditindaklanjuti dengan manajemen perusahaan. Pihaknya juga berharap agar musyawarah Pimpinan Kabupaten (Muspika) bisa memfasilitasi persoalan ini agar segera tuntas.

“Pihaknya berjanji akan membayarkan dana kompensasi itu. Tapi tidak sekarang, namun akan meminta Muspika ikut menyelesaikan persoalan ini,” katanya. (Ant/Ed5)


Berita Pasaman Barat - ranahberita

Postkan Komentar:

Latest Update