Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Tour De Singkarak 2014 - Selain Balapan, Pembalap Juga Nikmati Objsek Wisata


Minggu, 08 Juni 2014

Tour De Singkarak 2014 - Selain Balapan, Pembalap Juga Nikmati Objsek Wisata -
duakotopas.com (Pasaman) – Balap sepeda Tour De Singkarak yang diselingi wisata masuk hari kedua sejak kemarin. Untuk hari ini, start akan di mulai Kabupaten Pasaman Barat lokasi tepat di Tugu Equator. Daerah ini merupakan titik tengah jalur Katulistiwa Bonjol, matahari siang tepat di atas ubun-ubun kepala. Sementara, finis di Kabupaten Pasaman Barat, panjang jalur itu 123,5 Kilometer.

Balapan sepeda yang digagas Kemenparekraf ini, tentu tidak saja nuansa olahraga yang terkandung dalam balapan sepeda tapi juga wisata. Dari data panitia Tour de Singkarak, ada enam objek wisata di dua kabupaten ini, di antaranya akan dilintasi para pembalap.

Tugu equator Bonjol merupakan lokasi start pembalap, ini merupakan poros tengah katulistiwa untuk di Sumatera Barat. Tugu Equator di Bonjol ini sebagai penanda dilalui garis Khatulistiwa. Monumen berbentuk bangunan setengah lingkaran besar berwana biru itu dibuat sebagai representasi garis tengah bumi.

Di depan tempat inilah pengunjung dapat merasakan bagaimana matahari benar-benar berada di titik nol derajat. Itu hanya terjadi dua kali dalam setahun, yaitu pada 21-23 Maret dan 21-23 September. Berdirilah tepat pukul 12.00 WIB dimana bayang-bayang tubuh hilang dari permukaan.

Tak hanya itu daerah juga memilki sejarah perjuang Tuanku Imam Bonjol seorang pahlawan nasional yang terkenal saat perang paderi saat melawan penjajah Belanda pada 1821-1838, pada tahun 2009 didirikan museun Tuanku Imam Bonjol.

Lalu para pembalap akan melintas di daeah Rimbo Panti, merupakan daerah hutan lindung sarat dengan pohon-pohon besar dan lereng bukit yang masih hutan yang masih perawan. Lalu di Kilometer 45 dari titik start atau masih sekitar daerah Rimbo Panti akan mendapat lokasi wisata air panas para pembalap akan melintas areal ini.

Jalur pembalap sepeda berikutnya di KM 93 akan menemukan objek wisaya lereng Gunung Talamau dengan ketinggian 2.982 meter. Gunung Talamau mempunyai keunikan tersendiri yaitu pada puncaknya terdapat banyaktelaga, dan umumnya jumlah telaga tersebut selalu berbeda-beda dan tidak selalu sama setiap dijumpai para pendaki. Jumlah yang umum terlihat adalah 13 telaga.

Selain itu jalur ini juga merupakan jalur baru setelah Kabupaten Pasaman ambil bagian Tour De Singkarak tahun ini.
(hmr)

Berita Pasaman - okezone

Postkan Komentar:

Latest Update