Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

BPBD Pasaman Barat Ingatkan Warga Waspadai Bencana


Senin, 25 Agustus 2014

BPBD Pasaman Barat Ingatkan Warga Waspadai Bencana -
duakotopas.com (Simpang Ampek) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, memperingatkan warga terutama yang bermukim di tepi perbukitan dan pantai untuk mewaspadai potensi bahaya longsor, banjir dan abrasi.
"Pasaman Barat merupakan yang secara geografis sangat rawan bencana. Dengan daerah perbukitan, memiliki sungai besar dan laut potensi bencana alam selalu mengintai," kata Kepala BPBD Pasaman Barat, Asgiarman, Minggu (24/8).

Ia mengimbau warga mewaspadai potensi bencana banjir, longsor dan abrasi sungai dan pantai terutama saat ini musim yang tidak menentu.

"Sikap waspada selalu harus diperlukan karena bencana datang secara tiba-tiba," kata dia.
Ia mengatakan luapan air sungai bisa terjadi ketika hujan berkepanjangan. Bahkan longsor bisa terjadi ketika tidak sedang hujan saat itu juga.

Longsor itu terjadi pada Jumat (22/8) di bukit Kapalo Banda Jorong Benteng Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau. Akibatnya sekitar 20 haktare lahan sawah warga tertimbun longsor.

"Beruntung tidak ada korban jiwa dan hanya tanaman warga yang rusak. Kejadian ini bisa menjadi pelajaran bagi kita karena musibah bisa terjadi kapan saja," katanya.

Apalagi saat ini musim hujan. Orang tua diharapkan melarang anak-anak mandi di sungai karena sangat berbahaya sekarang.

"Kami mengimbau agar warga yang yang tinggal di tepi sungai dan perbukitan agar waspada dan selalu mengawasi anak-anaknya setiap waktu,"ujarnya.

Ia menjelaskan Pasaman Barat yang terletak di bagian utara Sumbar merupakan daerah bencana alam sehingga masyarakat harus mewaspadainya terutama pada saat ini, musim yang tidak menentu.

Bencana yang mengancam Pasaman Barat terutama berupa longsor, banjir, abrasi sungai dan pantai.
Sebagai daerah perbukitan bencana yang mengancam adalah longsor mulai dari Kecamatan Talamau, Kecamatan Gunung Tuleh, Kecamatan Sungai Aua, Kecamatan Ranah Batahan, hingga Kecamatan Parit Koto Balingka.

Selain longsor, bencana banjir juga mengancam karena wilayah Pasaman Harat dialiri sungai-sungai besar yang bermuara di Muara Sasak.

Sungai yang rawan banjir yakni sungai Batang Pasaman dan Sungai Batang Sikabau. Kedua sungai itu setiap tahun meluap dan merendam ribuan rumah warga terutama saat musim hujan.

Abrasi pantai juga selalu mengancam rumah nelayan yang berada di sekitarnya mulai dari Katiagan Kinali, Kecamatan Sasak, Sikilang sampai Aia Bangih Kecamatan Sungai Beremas. (*/alm/WIJ)

Berita Pasaman Barat - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update