Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Bupati Pasaman Hadiri Halal Bihalal Ikatan Perantau Pasaman


Senin, 11 Agustus 2014

Bupati Pasaman Hadiri Halal Bihalal Ikatan Perantau Pasaman -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Sudah saatnya orang Pasaman bangga sebagai orang Pasaman. Image Pasaman sebagai daerah tertinggal yang berada dilevel bawah dari kabupaten/kota lainnya di Sumbar, tidak demikian lagi adanya. Pasaman sudah sejajar dengan daerah lainnya.

Malah dari raihan prestasi di bidang perencanaan pembangunan, kinerja pemerintahan,pelayanan publik serta pengeolaan keuangan daerah, Kabupaten Pasaman mampu sebagai yang terbaik di Sumetera Barat dan nasional.

Begitupun kemajuan pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat,pendidikan dan kesehatan serta pelbagai sektor lainnya, Pasaman tidak hanya sejajar, tapi sudah terkategori sebagai daerah yang terkemuka di Sumatera Barat.

            “Dari apa yang telah diperbuat dan yang telah kita lakukan bersama di Pasaman beberapa tahun terakhir, saya melihat Pemerintahan Kabupaten Pasaman sudah berada pada trek yang benar.”Jadi siapapun pemimpin di Pasaman kedepan, hendaknya dapat mempertahankan pola-pola ini, demi kepentingan masyarakat banyak. Karena, bila sempat keluar dari treknya lagi, maka Pasaman bisa kembali mengalami kemunduran, atau setidaknya akan stagnasi atau jalan ditempat.”

            Hal itu dikemukakan Bupati Pasaman Benny Utama, dalam acara Halal bi Halal dengan ikatan perantau Pasaman Kota Sawahlunto (Ikapas) di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK) Kota Sawahlunto, yang dihadiri walikota Sawahlunto, Ali yusuf, Minggu (10/8) kemaren.

            Pasaman sudah jauh berobah.Pasaman dulu beda dengan Pasaman kini. Empat pilar utama pembangunan Pasaman, yang menjadi sendi utama kemajuan daerah, telah mampu membangkitkan Kabupaten Pasaman dari ketertinggalannya.

Diawali dengan pilar utama Pembangunan Keimanan dan Ketaqwaan yang didukung dengan APBD Pasaman lebih dari Rp.12 milyar/tahun,sembari melibatkan seluruh stake holder yang ada di Pasaman untuk ikut didalamnya.

Kemudian pembangunan fasilitas umum dan infrastruktur daerah yang merata dan tersebar hingga kepelosok Kabupaten Pasaman. Sebutlah pembangunan jalan, jembatan, irigasi, air bersih dan fasilitaslainnya, yang terlaksana secara besar-besaran selama kurun waktu tiga tahun terahir.

Ketiga, pembangunan dunia pendidikan secara total dengan menggratiskan biaya sekolah hingga tamat SMA, didukung sarana dan prasarana yang terus lengkap diseluruh kecamatan, nagari dan jorong. Diantaranya membangun SMA mnimal satu unit di tiap kecamatan, dan disetiap jorong terdapat pula minimal satu PAUD, guna mendukung pembangunan karakter anak-anak Pasaman sejak usia dini.

Bidang kesehatan tak kalah pentingnya. Selama dua tahun terakhir sudah dilengkapi satu bidan perjorong, lengkap dengan polindesnya dan diberikan masing-masing satu unit motor dinas untu para Bidan di daerahpinggir, yang hingga pertengahan tahun ini sudah 70 unit sepeda motor yang disediakan.

Tahun 2013 lalu, sebelum berlakunya program BPJS (badan penyelenggara Jaminan Sosial) yang baru, di Pasaman sudah diluncurkan program berobat gratis secara total coveragedaridana APBD.

“Dengan regulasi bidang kesehatan yang baru dari pemerintah pusat, tahun ini kita masih mampu mengasuransikan penduduk Pasaman sebanyak 69.000 orang melalui program Jamkesda APBD Pasaman. Memang tidak total coverage lagi, namun saat ini sedikitnya 2/3 masyarakat Pasaman sudah diasuransikan, baik melalui Jamkesda, jamkesmas dan asuransi kesehataa pegawai, TNI/Polri serta lainnya.

Ketua Ikapas Kota Sawahunto, Mahyuddin, SPd meyebutkan  Benny Utama kami harapkan bisa tetap menjadi yang Utama di Kabupaten Pasaman, guna dapat melanjutkan pembangunan, menuju Kabupaten Pasaman yang semakin maju. “Melihat kemajuan yang tengah terjadi kampung halaman saat ini, kami Perantau Pasaman di kota sawahunto siap mendukung Pak Benny utama untuk melanjutkan kepemimpinannya di Pasaman,” ujar Ketua Ikapas yang diamini anggota paguyuban yang hadir ketika itu.

Tentang nasib mereka di sawahlunto, Jamaluddin selaku sesepuh dan penasehat Ikapas menuturkan bahwa perantau Pasaman merasa terlindungi dan terayomi di Sawahlunto. Walikota Ali Yusuf cukup besar perhatian terhadap ikatan keluarga Pasaman, yang saat ini berjumlah 130 KK.

Di pemerintahan kota sawahlunto, orang Pasaman cukup diberikan porsi di jabatan-jabatan strategis, baik sebagai kepala dinas dan lainnya.Dan saat ini ada tiga orang Pasaman, salah satunya sumando Pasaman yang dipercaya masyarakat sawahlunto untuk duduk di kursi DPRD Sawahlunto.“Insya Allah tanggal 12 Agutus besok dilantik,”ujar Jamaluddin.

Di sesi pidato terakhir acara halal bi halal dan silaturahmi warga Pasaman tersebut, Wako Sawahlunto Ali Yusuf menyebutkan bahwa penduduk Kota Sawahlunto saat ini berjumlah 64.000 jiwa dengan luas wilayah 27 ribuhektar, dengan empat kecamatan, 27 Desa, 10 kelurahan.

“Saya yakin dengan pola dan strategi yang diterapkan Bang Benny di Pasaman, termasuk menggasak terwujudnya empat pilar pembangunan tadi, maka cita-cita Pasaman menjadi daerah maju dan sejahtera, tidak sulit diwujudkan,” demikian Ali yusuf….(Suwardi-Humas)  


Berita Pasaman - pasamankab.go.id

Postkan Komentar:

Latest Update