Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Pembalakan Hutan Lindung Marak di Pasaman, Jejak si Maling Kayu Tidak Ditemukan


Rabu, 13 Agustus 2014

Pembalakan Hutan Lindung Marak di Pasaman, Jejak si Maling Kayu Tidak Ditemukan -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Pembalakan hutan lindung dalam bentuk pencurian kayu yang bernilai ekonomis di Kabupaten Pasaman sangat sering. Na­mun, tidak satu pun bos kayu ilegal itu yang tertangkap oleh penegak hukum.

Apalagi, satuan kerja (satker) yang dibentuk oleh dinas kehutanan pasaman pun tidak menemukan jejak-jejak mafia kayu itu. Sung­guh hebat si maling kayu, lebih hebat dari tungau rupanya.

Pada Sabtu (9/8) sore, lagi-lagi hutan lindung menjadi aksi para pembalak liar. Meski tim gabunagn dari Polhut Dinas Kehuta­nan Pasaman, TNI Kodim 0305 Pasaman dan dibantu oleh Satgas PPHBN berhasil menyita 3 kubik kayu ilegal logging di kawasan Hutan Lindung Rimbo Panti, namun kayu itu hanyalah kayu tak bertuan.

“Kayu ini diduga hasil pembalakan dan berhasil kita sita bersama tim gabungan,” sebut Serda Syarifuddin yang ditunjuk dari Kodim 0305 yang memimpin operasi tersebut.

Ia menambahkan, kede­pan TNI  bersama Polhut Dinas Kehutanan akan terus bergandeng tangan untuk memberantas aksi pembala­kan di kawasan hutan Pasaman, terutama di kawasan hutan lindung.
“Tingaktakn lagi patroli bersama-bersama dengan Dinas Kehutanan agar aksi penebangan liar tidak terjadi lagi,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Pasaman Yorzarwardi Usa­ma Putra kepada Padang Ekspres mengatakan, tang­kapan tersebut bermula dari informasi masyarakat yang melihat adanya tumpukan kayu di kawasan hutan lindung di Rimbo Panti.

“TKPnya dekat tikungan patah km 7, disana kayu ditumpuk,” ujarnya pria yang akrab disapa Yoz ini.
Ia menambahkan, saat dilakukan penangkapan kayu, tidak ditemukan siapa pemilik kayu. Bahkan sejumlah warga yang berada di sekitar lokasi tidak mengetahui siapa pemi­liknya.

Kuat dugaan kayu-kayu yang dikeluarkan di lokasi tersebut dimainkan oleh cukong-cukong kayu. “Tidak ada satupun yang menge­tahui siapa pemilik kayu yang kita tangkap ini. Jenis kayunya kayu Meranti. Ini merupakan kayu-kayu yang sangat bagus dan termasuk mahal harganya. Saat ini kayu sudah diamankan di Kantor Dinas Kehutanan,” terang Yoz.

Ia menambahkan, ba­nyak­nya informasi pemba­lakan hutan di Pasaman, tentunya saat ini menjadi atensi utama Dinas kehu­tanan. Rencananya dinas kehutanan akan terus menggandeng TNI dan Polri kedepannya lagi agar aksi pembalakan hutan di Pasa­man terminimalisir. (h/col)


Berita Pasaman - harianhaluan

Postkan Komentar:

Latest Update