Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Sungai Nagari Kajai Talamau Pasbar Meluap, Hantam 77 Rumah Warga


Rabu, 27 Agustus 2014

Sungai Nagari Kajai Talamau Pasbar Meluap, Hantam 77 Rumah Warga -
duakotopas.com (Simpang Ampek) – Dua sungai di Nagari Kajai Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat meluap yang mengakibatnya 77 rumah porak poranda dihantam banjir, dua jembatan putus dan 5.000 jiwa warga terisolasi.
Informasi yang dihimpun di lapangan, dua sungai yang meluap setinggi dada orang dewasa itu adalah Sungai Batang Limpato dan Sungai Batang Parasan pada Senin (25/8) sekitar pukul 19.00 WIB.

"Air baru naik sekitar 19.00 WIB setelah hujan lebat sejak pukul 16.00 WIB. Sekitar 77 rumah dihantam air bercampur lumpur. Sedangkan korban jiwa tidak ada dari enam kejorongan yang terkena luapan banjir itu," kata Wali Nagari (kepala desa) Kajai, Gusti Dt Mangkudum di lokasi bencana, Selasa.

Ia mengatakan selain merusak rumah warga beserta isinya, luapan sungai juga mengakibatkan dua jembatan di Kampuang Pasia Jorong Rimbo Batu dan jembatan Aia Palincak putus total.

Akibat dari jembatan putus di Kampuang Pasia Jorong Rimbo Batu itu sekitar 5.000 jiwa terisolasi karena jembatan itu satu-satunya penghubung masyarakat jika ingin pergi ke luar kampungnya.

"Saat ini warga berupaya membuat jembatan darurat dari pohon kelapa untuk bisa meyeberangi sungai itu," kata dia didampingi Kepala Jorong (dusun) Tanjuang Beruang, Dra Mendra.

Selain itu, luapan air juga mengakibatkan
10 titik bendungan irigasi rusak parah. Enam titik di Jorong Timbo Abu, tiga titik di Jorong Pasa Lamo dan satu titik di Jorong Tanjuang Beruang.

Bahkan, satu sekolah dasar (SD) 02 Talamau dan satu toko perabot juga ikut terendam banjir luapan sungai tersebut.

Dari 77 rumah yang dihantam banjor, di Jorong limpato, 18 unit diantaranya tidak bisa dihuni lagi karena rusak parah. Sedangkan tujuah unit rumah roboh dihantam luapan air.

"Kita saat ini sedang melakukan pendataan berapa kerugian warga. Diperkirakan lebih dari satu miliar warga mengalami kerugian. Selain isi rumah, hasil tanaman waga berupa padi, coklat, jagung juga banyak yang terendam banjir," kata Wali Nagari.

Sementara di Jorong Limpato luapan air juga merendam mushalla Nurul Taqwa, Mushalla Wusto dan Mushalla Nurul Yakin.

"Musibah ini datang secara tiba-tiba yang mengakibatkan warga tidak bisa menyelamatkan isi rumahnya masing-masing. Genangan air baru susut sekitar pukul 23.00 WIB," kata Ketua Pemuda Jorong Limpato, Eril.

Salah seorang korban, Dahari mengatakan luapan air Sungai Batang Limpato datang secara tiba-tiba.
"Akibatnya semua isi rumah tidak bisa diselamatkan. Hanya pakaian dibadan saja yang bisa di bawa sedangkan yang lain rusak dihantam air yang berlumpur," katanya.

Sementara itu, hingga Selasa (26/8) siang ratusan warga terlihat mulai membersihkan rumahnya dari genangan air beserta lumpur. Warga juga mendapatkan bantuan dari BPBD Pasbar, pihak kepolisian, PMI, tagana dan Dinas Sosial.

Sedangkan warga yang rumahnya tidak bisa dihuni lagi untuk sementara mengungsi kerumah sanak famili terdekat.

Warga yang mengungsi di Jorong Pasa lamo ada 16 kepala keluarga (KK), Jorong Limpato 18 KK, Jorong Rimbo Batu 3 KK, dan Jorong Mudiak Simpang sekitar 20 KK.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Pasaman Barat, Yunadi didampingi Kepala Bidang Rehap Jamsos, Tri Wahluyo mengatakan pihaknya bersama BPBD sudah langsung mengunjungi warga yang terkena musibah.

Pemkab Pasaman Barat untuk sementara memberikan bantuan 681 kiligram beras untuk 77 KK atau untuk 328 jiwa.

Sementara dari BPBD ada bantuan lauk pauk dan makanan siap saji dan dari PMI Pasbar ada bantuan sejumlah minuman mineral, pakaian, peralatan mandi dan makanan ringan siap saji.

"Kita memberlakukan tanggap darurat selama satu minggu dan akan terus melakukan pendataan dan bantuan bagi warga yang membutuhkan," katanya.

Pihaknya mengimbau agar warga tetap meningkatkan kewaspadaan karena musim hujan terus berlangsung dan dikhawatirkan banjir kembali datang.

Sementara itu anggota DPRD setempat, Endalisman Dt Sati sangat prihatin dengan musibah yang melanda warga Talamau khususnya warga Kejorongam Kajai.

Ia mengharapkan kepada Pemkab Pasaman Barat agar cepat menangani bencana ini dengan memberikan bantuan kepada para korban.

"Ini adalah musibah bersama dan semua kita harus peduli. Kepada para korban diharapkan bersabar dan tabah menghadapi cobaan," ujarnya. (*/alt)

Berita Pasaman Barat - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update