Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Dandim Pasaman Targetkan Satu Juta Lubang Resapan Air atau Biopori


Senin, 01 September 2014

Dandim Pasaman Targetkan Satu Juta Lubang Resapan Air atau Biopori - ilustrasi -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Dandim 0305 Kabupaten Pasaman Letkol Inf NBS Situmeang menargetkan pembuatan satu juta lubang resapan air atau biopori di daerah itu sekaligus mengkampanyekan aksi peduli lingkungan dan bakti sosial.
"Kita akan mengalakkan pembuatan lubang resapan biopori demi kelestarian lingkungan hidup, agar dapat mencegah terjadinya genangan air yang secara tidak langsung dapat meminimalisir berbagai masalah yang diakibatkan genangan air tersebut," kata Situmeang, di Aula Laintai Tiga Kantor Bupati Pasaman, Senin.

Ia menambahkan, genangan air berpotensi digunakan tempat tumbuh kembang nyamuk yang tentunya dapat menyebabkan banyak penyakit, seperti demam berdarah, kaki gajah, malaria dan lainnya.

Selain itu, imbuhnya, teknologi biopori ini tentu juga mampu meningkatkan jumlah cadangan air bersih di dalam tanah untuk kebutuhan daerah ini.

Hal tersebut disampaikan Dandim Pasaman di hadapan seluruh Kepala UPT Dinas Pendidikan, para pengawas sekolah, Kepala Sekolah mulai TK, SD, SLTP dan SLTA se-Pasaman.

Dandim menjelaskan secara alami biopori merupakan lubang-lubang kecil pada tanah yang terbentuk akibat aktivitas organisme dalam tanah seperti cacing atau pergerakan akar dalam tanah.

"Pada lubang tersebut nantinya akan berisi udara dan menjadi jalur mengalirnya air. Jadi air hujan tidak langsung masuk ke saluran pembuangan air tetapi meresap ke dalam tanah melalui lubang tersebut," jelasnya.

Situmeang menambahkan, untuk mencapai target tersebut, setiap unsur akan dilibatkan, baik itu Babinsa, Danramil, Muspika, instansi pemerintah lainnya, seluruh sekolah, serta masyarakat Pasaman.

Pembuatan lubang resapan biopori tersebut akan difokuskan pada daerah-daerah rawan banjir, sehingga ke depan wilayah Kabupaten Pasaman akan bebas dari banjir atau meminimalisir terjadinya banjir.

"Pembuatan satu juta lubang resapan air ini ditargetkan selesai pada 24 September 2014, dan tentunya dengan aksi kepedulian TNI terhadap lingkungan semakin memupuk kecintaan kita pada NKRI," jelasnya.

Dandim menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan menindaklanjuti instruksi Mabes TNI selanjutnya ditindaklanjuti oleh Korem 032 Wirabraja Sumbar, yang selanjutnya dilaksanakan oleh Dandim se-Sumbar.

"Tindak lanjut dari sosialisasi tersebut sudah kita laksanakan secara serentak di seluruh jajaran Kodim 0305 Pasaman, perkantoran, perumahan/asrama, lingkungan perumahan yang tinggal di luar asrama dan termasuk sekolah. Saat ini lubang peresapan biopori yang sudah kita buat sebanyak 500 lobang," katanya.

Sementara itu, Bupati Pasaman Benny Utama, menyatakan, siap mensukseskan pembuatan lubang resapan air atau biopori di daerah itu.

"Kita harapkan kepada masyarakat, terutama yang tinggal di kawasan padat penduduk agar membuat lubang biopori di sekitar rumahnya, sebab hal ini sangat penting untuk meningkatkan daya serap tanah terhadap air hujan, mengingat saat ini di Pasaman lahan-lahan kosong terbuka semakin sempit," kata Benny. (eko)

Berita Pasaman - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update