Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Kemenag Pasaman Barat Berlalukan Nikah Gratis bagi Warga Cukup Umur


Selasa, 09 September 2014

Kemenag Pasaman Barat Berlalukan Nikah Gratis bagi Warga Cukup Umur -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Barat memberlakukan nikah gratis bagi warga yang sudah cukup umur.
"Nikah gratis ini hanya berlaku saat jam dinas. Sedangkan saat hari libur tidak gratis," kata Kepala Kamenag Pasaman Barat Abdel Hag di Simpang Ampek, Selasa.

Ia mengatakan berlakunya nikah gratis ini berdasarkan Peraturan Pemerintah No 48 tahun 2014 dan adanya Surat Edaran Sekretariat Jendral Kementerian Agama RI Nomor : Sj/DJ.II/HW.01/3327/2014 tentang Pelaksana Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2014.

Ia menyebutkan dalam surat edaran itu tertuang nikah dan rujuk di Kantor Urusan Agama (KUA) pada hari dan jam kerja tidak dikenakan biaya. Nikah di luar KUA atau di luar jam dinas dikenakan tarif sebesar Rp600.000.

Ia menjelaskan bagi warga tidak mampu secara ekonomi dan yang terkena bencana tidak akan dipungut bayaran dengan melampirkan surat keterangan dari jorong dan kenagarian setempat.
"Biaya ini berlaku sejak tanggal 10 Juli 2014 lalu dan telah diterapkan diseluruh jajaran Kamenag Pasaman Barat," ujarnya.

Pihaknya saat ini telah menindaklanjutinya dengan mengirim surat edaran kepada Kepala KUA se-Pasaman Barat terkait biaya nikah yang baru sesuai surat edaran Sekretariat Jendral Kementerian Agama RI.

Namun untuk tugas selanjutnya diserahkan kepada Kepala KUA dan jajarannnya di wilayah kerja Kemenag Pasaman Barat untuk menyosialisasikan ke masyarakat di wilayah kerja mereka masing-masing.

Ia menegaskan untuk memastikan pembayaran biaya nikah sesuai dengan PP tersebut maka pembayaran dilakukan langsung ke rekening Kementerian Agama pusat.

Utuk pemberian honor bagi petugas KUA dilakukan oleh pihak Kantor Kemenag di daerah masing-masing. Nominal honor yang akan diterima petugas bersangkutan diatur sesuai dengan jarak tempuh dari KUA ke lokasi berdasarkan petunjuk teknis dari Dirjen.

Peraturan Pemerintah diberlakukan mengingat banyak warga yang menikah di luar jam kerja atau hari libur dan harus dilayani. Walaupun lokasinya sangat jauh bahkan sulit ditempuh terutama di daerah terisolir.

Oleh karena itu, Peraturan Pemerintah nomor 47 tahun 2004 tentang pengaturan biaya pencatatan nikah di KUA dicabut dan diganti dengan PP yang baru disesuaikan dengan biaya operasional petugas KUA.

"Mudah-mudahan keberadaan PP tersebut akan membantu perbaikan sistem kerja di KUA. Lebih berintegritas dan membantu masyarakat di kalangan ekonomi bawah," harapnya. (*/alt)

Berita Pasaman Barat - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update