Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Pemandian Air Panas Sungai Janiah Solok Sumatra Barat


Kamis, 04 September 2014

Pemandian Air Panas Sungai Janiah Solok Sumatra Barat -
duakotopas.com (Solok) – Sebagai daerah yang memiliki banyak gunung. Tak heran kalau Sumatera Barat juga memiliki banyak tempat-tempat pemandian air panas. Sepanjang yang saya ketahui dan yang pernah saya kunjungi, daerah-daerah yang memiliki pemandian air panas adalah di tepi Danau Maninjau, di Batu Sangkar, di Solok Selatan, serta di Kabupaten Solok. Kabupaten Solok memiliki dua tempat pemandian air panas yaitu PEMANDIAN AIR PANAS BUKIK KILI  dan PEMANDIAN AIR PANAS SUNGAI JANIAH.
 
Salah satu tempat pemandian air panas yang cukup berkesan bagi saya adalah pemandian air panas sungai janiah di desa aia angek kabupaten Solok. pemandian ini memiliki dua kolam mandi. Satu dimiliki masyarakat, dan yang satu lagi di kelola oleh pribadi. Pemandian yang dikelola oleh masyarakat menyerupai tempat – tempat pemandian di desa pada umumnya, yaitu pakai pancuran. Selain pancuran, pemandian ini juga sudah di kolamkan. Sedangkan pemandian yang kedua berbentuk kolam renang. Selain itu juga ada tempat mandinya yang dipisah antara laki-laki dan perempuan.

Di pemandian yang memiliki kolam renang, agar tidak terlalu panas, maka airn kolamnya dicampur dengan air dingin. Sehingga kulit tidak terlalu terkejut ketika masuk kolam ini. Untuk yang lebih panasnya oleh pemilik kolam renang disediakan pancuran di tepi kolam.

Untuk mencapai daerah ini, dari Kota Padang sebelum masuk daerah Kota Solok, di desa yang bernama Aro Talang ada Simpang Tiga.  masuk ke simpang tersebut sebelah kanan dan berjalan dengan mobil sejauh sekitar 10 km.  Setibanya di desa aia angek, kita bisa lihat dua tempat pemandian umum.

Masyarakat disana mandi pada malam hari dan pagi hari sebelum subuh. Sebab pada siang hari air akan terasa sangat panas. Sementara kalau malam hari udara yang dingin akan mengurangi rasa panas yang ditimbulkan oleh uap air.

Jadi kalau anda berminat untuk mandi di Pemandian Air Panas ini, sebaiknya pergi sore hari dari Padang. Sesampainya di sana hari sudah malam, dan anda bisa langsung mandi. (firdaus oyon)

Wisata dan Budaya Sumatra Barat - hutantropis

Postkan Komentar:

Latest Update