Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Pemkab Pasaman Barat Jadikan Pulau Panjang Wisata Handalan


Sabtu, 27 September 2014

Pemkab Pasaman Barat Jadikan Pulau Panjang Wisata Handalan -
duakotopas.com (Simpang Ampek) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat terus menjadikan Pulau Panjang Air Bangis menjadi objek wisata andalan bahari di daerah itu.
"Saat ini sarana prasarananya sudah cukup menampung para wisatawan. Saat ini sudah ada pondok wisata yang bisa dijadikan tempat penginapan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasaman Barat, Afrizal Azhar di Simpang Ampek, Sabtu.

Ia menyebutkan Pulau Panjang seluas 220 hektare itu sesuai dijadikan wisata bahari andalan di Pasaman Barat. Sebab, perairannya yang jernih dan tenang serta ditumbuhi terumbu karang cocok bagi pecinta wisata bawah laut.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengembangkan wisata di Pulau Panjang. Mudah-mudahan kedepannya sarana prasarananya akan semakin lengkap," sebutnya.

Ia mengatakan daya tarik Pulau Panjang selain dari terumbu karang juga cocok bagi yang hobi memancing ikan. Bahkan, aktifitas seperti snorkeling dan diving, atau sekedar berenang sambil merelaksasi otot sudah bisa dilakukan.

"Sambil memancing wisatawan juga bisa menikmati udara malam Pulau Panjang. Penginapan pondok wisata juga telah tersedia," jelasnya.

Ia menyebutkan transportasi menuju Pulau Panjang dapat menggunakan bus antar kota dalam provinsi dari Padang atau Bukittinggi menuju Air Bangis, Kecamatan Sungai Betemas.

Dengan membayar ongkos sekitar Rp25 ribu sampai Rp30 ribu rupiah dengan jarak tempuh sekitar lima atau enam jam perjalanan. Selain itu sekarang juga bisa menggunakan transportasi travel.

Bahkan, saat ini Bandara Pusako Anak Nagari Pasaman Barat juga telah beroperasi dan hanya butuh setengah jam terbang dari Padang ke Simpamg Ampek. Selanjutnya menggunakan bus antar kota dalam provinsi ke Air Bangis dengan waktu tiga jam perjalanan.

Selanjutnya dari dermaga Air Bangis perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu nelayan yang dapat disewa atau bergabung dengan masyarakat Pulau Panjang yang menjadikan perahu sebagai transportasi umum.

"Transportasi menuju Pulau Panjang tidaklah sulit. Saat ini perahu nelayan banyak yang bolak-balik dari dermaga Air Bangis ke Pulau Panjang atau sebaliknya," sebutnya.

Wisatawan juga bisa mengelilingi pulau pulau lain yang ada di sekitar Pulau Panjang. Salah satu pulau yang pantas anda kunjungi adalah Pulau Pigago yang hanya berjarak 20 menit perjalanan dengan menggunakan perahu nelayan.

Di Pulau Pigago itu bisa merasakan pasir putih nan halus dengan perairan yang jernih, landai dan tenang.

Dari segi insratruktur berbagai fasilitas sudah ada. Seperti sekolah SD dan SMP, listrik dan sarana prasarana pendukung lainnya. (*/alt)

Berita Pasaman Barat - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update