Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Wisata Religi Surau Lubuak Bauk Batipuah Padang Panjang Sumbar


Sabtu, 06 September 2014

Wisata Religi Surau Lubuak Bauk Batipuah Padang Panjang Sumbar -
duakotopas.com (Padang Panjang) – Objek wisata bernilai spiritual, tentunya menyimpan sejarah ataupun keunikkan tersendiri, sehingga membuatnya menjadi salah satu cagar budaya yang layak untuk di lestarikkan dan di rawat. Salah satu dari objek wisata spiritual tersebut adalah Surau Lubuak Bauk yang berada di kawasan Batipuah.

Lokasi dan Transportasi
Surau yang sudah cukup berumur dan memiliki konstruksi bangunan unik ini, bisa anda temukan di Desa Lubuk Bauk, sesuai dengan nama surau ini. Desa tersebut termasuk dalam kawasan Kecamatan Batipuh Baruh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Hanya berjarak sekitar 14 kilometer saja jika dari pusat kota Padang Panjang. Untuk mencapai lokasinya pun, anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Sayangnya, untuk kendaraan umum, memang masih tergolong sulit.

Bagi anda yang menggunakkan kendaraan pribadi, rute yang akan anda tempuh, tidak begitu sulit. Anda cukup menuju jalan utama Padang Panjang – Solok. Kemudian, setelah anda memasuki Kecamatan Batipuh Baruh, anda ambil jalan yang akan menuju batu sangkar.

Tak jauh dari jalanan tersebut, anda sudah bisa menemukan lokasi dari Surau Lubuk Bauk yang berada di pinggir jalan. Perjalanan hanya akan memakan waktu sekitar 20 menit saja.

Tetapi, jika anda tidak membawa kendaraan pribadi selama berada di Padang Panjang, anda bisa menyewa kendaraan roda empat. Apalagi, jika anda datang beramai-ramai, karena dengan penyewaan kendaraan, wisata anda akan lebih nyaman dan efisien. Tarif minimal untuk satu hari biasanya sekitar Rp 300.000*) hingga Rp 400.000*) tergantung fasilitas kendaraan yang anda sewa.

Sayangnya, harga tersebut cukup mahal jika anda hanya sendiri atau bersama beberapa orang saja, kecuali jika anda berniat untuk berkeliling-keliling. Untuk angkutan umum, anda bisa menggunakkan bis menuju Solok, kemudian anda berhenti di Batipuh Baruh dan di lanjutkan dengan kendaraan yang bisa anda temukan di sana, baik ojek, bentor ataupun bendi. Anda tinggal katakan tujuan anda.

Karena jarak yang tidak begitu jauh lagi, ongkos yang akan anda keluarkan juga tidak begitu besar.
Wisata

Surau Lubuk Bauk

Surau Lubuk Bauk

Surau Lubuk Bauk
Surau Lubuk Bauk merupakan sebuah surau yang di bangun pada tahun 1896 dan selesai pada tahun 1901. Surau ini, di bangun di atas tanah wakaf milik dari Datuk Bandaro Panjang dan di bangun bersama-sama oleh masyarakat.

Proses pembangunannya, juga di koordinir oleh para ninik mamak. Walaupun sudah berumur cukup tua, surau ini masih berdiri dengan kokoh hingga sekarang walaupun sudah pernah di lakukan pemugaran di surau ini.

Surau Lubuk Bauk, posisinya lebih rendah daripada jalanan di depannya dan di kelilingi oleh pagar besi dimana gerbangnya menghadap timur. Kemudian, untuk memasuki surau, anda akan menaiki 6 buah anak tangga, karena bentuk surau yang memiliki ciri khas Minangkabau dengan rumah panggungnya.

Konstruksi bangunanya, di buat tanpa menggunakkan paku. Berbahan utama kayu surian dan memiliki luas bangunan sekitar 254 meter persegi. Surau Lubuk Bauk ini juga terdiri dari 3 buah tingkatan atau lantai sehingga memiliki ketinggian sekitar 13 meter.

Di lantai pertama, anda akan memasuki ruangan utama dimana lantai ini di gunakkan untuk kegiatan ibadah seperti Sholat dan melakukan ajaran-ajaran yang berkaitan dengan agama Islam. Luas lantai pertama ini sekitar 12×12 meter dan di topang oleh 30 buah tiang-tiang yang berbentuk segi delapan.

Tiang yang berada di tengah, di beri ukiran begitupun dengan bagian luar lantai pertama ini yang juga di hias ukiran-ukiran. Di sini, anda juga akan menemukan mihrab, tetapi tidak ditemukannya mimbar.

Kemudian, di lantai dua, anda hanya akan menemukan 4 buah tiang penyangga yang semuanya di ukir seperti tiang yang berada di tengah-tengah lantai pertama. Ukurannya memang tidak sebesar lantai pertama, karena hanya memiliki ukuran sekitar 10×7,5 meter saja.

Kemudian, ruangan yang akan anda temukan di lantai ke tiga, akan lebih kecil lagi. Ukurannya hanya sekitar 3,5×3,5 meter. Di lantai ini, terdapat satu buah tangga berbentuk melingkar yang akan membawa anda menuju menara yang ada di atas surau. Jika dari luar, lantai ketiga ini memiliki 4 buah gonjong, yang tiap gonjongnya menghadap ke empat arah mata angin.

Setibanya di menara yang berbentuk segi delapan ini, akan ada banyak jendela, sehingga anda bisa melihat keluar dengan leluasa. Ini adalah lantai tertinggi di surau ini. Bagian atasnya, dihiasi dengan kubah-kubah kecil yang tersusun semakin ke atas, semakin mengecil.

Dan pada bagian teratas, tampak seperti gonjong. Walaupun sudah dijadikan sebagai cagar budaya, tetapi surau ini tetap digunakkan sebagai lokasi untuk beribadah, kegiatan belajar mengajar seputar pengetahuan agama, dan lain sebagainya. Sehingga, fungsi utama dari pembangunan surau ini, tetap berjalan dengan baik.

Tips
1. Karena tempat ini tetap digunakkan sebagai tempat beribadah, ada baiknya datang pada saat bukan hari-hari besar Islam jika anda hanya ingin melihat-lihat. Sebaliknya, jika anda ingin melihat kegiatan yang di adakan di surau ini, anda bisa datang pada hari-hari besar Islam dan ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

2. Sekalipun anda datang hanya untuk melihat-lihat, pastikan pakaian anda sopan dan tidak terlalu terbuka. Bagaimanapun juga, tempat ini adalah tempat ibadah di mana kita harus menjaga kesopanan dan etika.

3. Jangan segan untuk bertanya jika ada hal-hal yang ingin anda ketahui seputar Surau Lubuk Bauk ini kepada penjaga surau ataupun masyarakat sekitar.

Indonesia yang memang kaya akan tempat-tempat bersejarah dan cagar budaya seperti ini, memang sepatutnya tetap di lestarikan dan di jaga keasliannya. Lebih bagus lagi jika kita memang berniat menggali pengetahuan baik seputar sejarah ataupun pengetahuan yang bisa kita dapatkan dari kegiatan yang di adakan di sini.

Jadi, jika anda berkesempatan ke Padang Panjang, jangan lewatkan objek wisata yang satu ini. Semoga liburan anda menyenangkan dan selamat bersenang-senang!
Wisata dan Budaya Sumatra barat - jalan2

Postkan Komentar:

Latest Update