Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Pemkab Pasaman Barat Tegaskan PT BSS Gunung Tuleh Soal Limbah


Rabu, 01 Oktober 2014

Pemkab Pasaman Barat Tegaskan PT BSS Gunung Tuleh Soal Limbah -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat menyatakan secara prinsip perusahan kelapa sawit PT Berkat Sawit Sejahtera (BSS) telah memiliki sejumlah izin untuk mendirikan pabrik kelapa sawit di Simpang Tigo Alin Kecamatan Gunung Tuleh.
Asisten Pemerintahan Sekretariat Pemkab Pasaman Barat, Sukarni, di Simpang Ampek, Rabu,
mengatakan izin yang telah dikeluarkan Pemkab adalah izin operasional, IMB, IUPP dan UKL/PL.
Penegasan itu terkait adanya dugaan sejumlah kalangan perusahaan itu tidak memiliki izin pendirian pabrik kelapa sawit.

"Sedangkan izin limbah atau pemanfaatan limbah izinnya masih dalam proses. Perusahaan telah mengajukan kepada Badan Lingkungan Hidup," katanya.

Ia menyebutkan pihaknya tidak bisa menutup atau menghentikan aktifitas perusahaan itu karena telah memiliki izin. Namun, jika terkait persoalan limbah bisa dihentikan karena masih dalam proses.

"Dinas Peekebunan dan Badan Lingkungan Hidup sudah turun kelokasi melihat aktifitas perusahaan. Mengenai hasilnya tentu masih menunggu," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Pasaman Barat, Alfitri Noven membenarkan pihaknya telah mengeluarkan izin pendirian pabrik terhadap PT BSS.

"Perusahaanya telah berdiri sejak Januari 2014 di Simpang Tigo Alin Kecamatan Gunung Tuleh. Izin usaha perkebunannya telah diberikan. Namun izin lainnya masih dalam pengurusan pada instansi terkait lainnya seperti Badan Lingkungan Hidup," katanya.

Ia menjelaskan dari izin yang diberikan terhadap pabrik tersebut memiliki kapasitas 45 ton/ jam. Saat ini perusahaan itu telah memulai aktifitasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Pasaman Barat, Asnal membenarkan sejumlah izin termasuk izin limbahnya masih dalam proses pengurusan.

"Perusahaan PT BSS memang telah mengajukan permintaan izin dan saat ini masih dalam proses. Kita sudah turun untuk melakukan survey terkait bidang lingkungan hidup," sebutnya.

Ia menjelaskan sebuah pabrik kelapa sawit untuk memperoleh izin limbah tentunya harus beroperasi terlebih dahulu. Sehingga pihaknya bisa mengambil sample limbah yang ada.

"Jika tidak beroperasi dan berproduksi tentunya tidak akan ada sample yang bisa kami ambil terutama masalah limbahnya," katanya.

Ia menjelaskan nantinya setelah sample diambil maka pihaknya akan melakukan uji labor ke instansi yang berkopeten di Padang. Sebab, Pasaman Barat saat ini belum memiliki alat untuk menguji limbah yang ada.

"Dari hasil uji labor itu nantinya maka akan diketahui adanya pencemaran atau tidak. Saat ini tentu belum bisa kita berkomentar banyak," jelasnya.

Salah seorang warga Pasaman Barat, Jas (56), menyambut baik kehadiran pabrik kelapa sawit di Pasbar. Tentunya kehadiran pabrik akan memberikan kemudahan dalam menampung tandan buah segar (TBS) petani yang ada.

"Kalau persoalan izin tentunya harus melalui prosedur dan aturan yang ada. Jika tidak memiliki izin tentunya perlu dipertanyakan. Kalau sudah memiliki izin tentunya harus didukung," tegasnya. (*/alt)

Berita Pasaman Barat - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update