Total Pageviews

Diberdayakan oleh Blogger.

Marquee Beri Donasi

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://news.rsspump.com/' title='rsspump'>news</a></div>
Daftar Alamat dan Nomor Telepon Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat PKM) di Kabupaten Pasaman Propinsi Sumbar: 1. Puskesmas Bonjol. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Kp Sianok Nagari Ganggo Hilia,Kec.Bonjol. Jenis (type): Perawatan 2. Puskesmas Ladang Panjang. Alamat: Jl. Lintas Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Perawatan 3. Puskesmas Kumpulan. Alamat: Jl. Lintas Sumatera Nagari Lima Kuto, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 4. Puskesmas Simpati. Alamat: Jl. Padang Sawah Kumpulan, Kec. Bonjol. Jenis (type): Non Perawatan 5. Puskesmas Lubuk Sikaping. Alamat: Jl. Prof. Dr. Hamka, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 6. Puskesmas Sundatar. Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Salibawan, Kec. Lubuk Sikaping. Jenis (type): Non Perawatan 7. Puskesmas Cubadak.Alamat: Jl. Raya Simpang Empat Panti, Kec. II Koto. Jenis (type): Perawatan 8. Puskesmas Simpang Tonang. Alamat: Jl. Simpang Lambau Jrg. Tanjung Mas, Kec. II Koto. Jenis (type): Non Perawatan 9. Puskesmas Tapus Alamat: Jl. Lintas Padang Medan No. 26 Ds. Selamat, Kec. Panti. Jenis (type): Perawatan 10. Puskesmas Pegang Baru.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Jrg Bahagia, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 11. Puskesmas Kuamang.Alamat: Jl. Tapus Lundar Jrg Kuamang, Kec. Panti. Jenis (type): Non Perawatan 12. Puskesmas Rao.Alamat: Jl. Lintas Padang Medan Pasar Rao Nagari Tarung-tarung, Kec. Rao. Jenis (type): Perawatan 13. Puskesmas Pintu Padang.Alamat: Jl. Curanting Muaro Tais Km. 18 Ds. Pintu Padang, Kec. Mapat Tunggul. Jenis (type): Perawatan 14. Puskesmas Silayang.Alamat: Nagari Silayang, Kec. Mapat Tunggul Selatan. Jenis (type): Non Perawatan 15. Puskesmas Lansat Kadap. Alamat: Jl. Tunas Harapan Rambah, Kec. Rao Selatan. Jenis (type): Non Perawatan

Pemkab Pasaman Prioritaskan Penambahan Tenaga Kesehatan


Selasa, 14 Oktober 2014

Pemkab Pasaman Prioritaskan Penambahan Tenaga Kesehatan -
duakotopas.com (Lubuk Sikaping) – Pemerintah Kabupaten Pasaman pada tahun 2015 menargetkan adanya pembenahan dari bidang kesehatan, salah satunya dengan penambahan tenaga kesehatan di daerah itu.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Desrizal di Lubuk Sikaping, Senin, mengatakan pada tahun 2015 pemerintah setempat akan menambah tenaga kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dimana salah satunya adalah untuk tercapainya target MDGs di Indonesia.

"Tahun depan, di Kenagarian Silayang, Kecamatan Mapattungul Selata, sebagai salah satu program yang akan kita jalankan adalah penambahan tenaga kesehatan, salah satunya dengan menambah dokter, yang saat ini masih dinilai kurang, demikian juga dengan perawatnya," katanya.

Ia menambahkan, selain itu, penambahan tenaga kesehatan juga untuk meningkatkan status puskesmas yang ada didaerah tersebut, dari puskesmas rawat jalan, menjadi puskesmas rawat inap pada tahun 2015.

Pembenahan di bidang kesehatan difokuskan ke daerah tersebut, dijelaskan pihak terkait, disebabkan, kendala yang dihadapi masyarakat, dimana setiap pasien yang berobat dan butuh untuk rawat inap harus dikirim ke puskesmas atau rumah sakit yang ada di Lubuk Sikaping, yang jaraknya bisa mencapai tiga jam lebih.

"Ketika adanya pasien yang harus menjalani rawat inap karena penyakit serius yang dialami, meski obat-obatan cukup, namun karena belum bisa dijadikan untuk rawat inap sehingga pasien tetap harus dikirim ke puskesmas lainnya yang terdekat, atau RSUD di Lubuk Sikaping," jelasnya.

Desrizal menambahkan, hal itu tentunya sangat memprihatinkan terutama bagi masyarakat, sebab itu, ini yang ingin kita selesaikan didaerah tersebut, dari bidang kesehatan.

Saat ini, dokter di satu puskesmas yang ada di daerah itu hanya tiga orang, dan pada tahun depan akan ditambah menjadi empat orang, dimana jumlah perawat yang dibutuhkan mencapai delapan sampai 10 orang.

Desrizal menjelaskan, selain adanya satu puskesmas di daerah itu, saat ini juga ada sembilan polindes dan empat postu.

Sehubungan dengan itu, terkait kesehatan masyarakat, dinas terkait juga menghimbau adanya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat.

"Kita berharap masyarakat untuk terus menggalakan pola hidup sehat untuk menghindari penyakit, sebab itu kita juga terus melakukan sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), didaerah ini," jelasnya. (*/eko)

Berita Pasaman - ANTARA Sumbar

Postkan Komentar:

Latest Update